ISI SENDIRI OLI SHOCKBREAKER DEPAN BYSON OR FZ-Series

Pada artikel sebelumnya UB membahas isi volume oli shockbreaker depan BYSON, sekarang cara menganti oli shock depan. walaupun termasuk kategori tidak susah tapi perlu ketelitian dalam membongkar/pasang dan tentunya volume isi oli, jangan sampai lebih/kurang karena akan berdampak tidak stabilnya tunggangan Brosis..



Banyak Oli shock beredar dipasaran dari merek showa, Jumbo, bahkan Yamaha juga jual, so semua terserah BroSis aja dalam memilih oli shock.Niat Awal UB hanya menambahkan beberapa cc saja OLI Jumbo pada ke dua shock depan KEBO, so sepulang kerja  UB sempatkan mampir untuk beli Oli Jumbo Rp.6000 dan oli mesin Shell AX-7 Rp.45,000, coz KEBO UB sudah lebih dari 2200 km oli dan Oli booster belum diganti (walau kondisi OLI Shell yang sudah terkontaminasi Oli Booster masih OK). 



Proses penambahan oli shock tidak susah yang penting berdoa, keberanian, kopi + rokok, dan alat-alat yang, kebetulan mobil adik lagi parkir bisa dipinjam deh peralatannya "ngirit dot com". langkahnya sebagai berikut.. 1. motor harus pada kondisi standar 2/tengah, 2. lepas 4 baut stang (biar mudah ke proses berikutnya) lalu letakan stang pada posisi dekat kunci kontak, 3. lepas 2 baut penutup shockbreaker, 4. tambahkan oli sesuai ketentuan, selesai deh.. mudah kan.... hehehehe


Tetapi di saat UB ingin menambahkan OLI jumbo pertanyaan pun bermunculan.. 1. Berapa cc yang harus UB tambahkan pada tiap shock ???, 2 sisa oli yang terdapat pada tiap tabung tinggal berapa ya???, 3. Bagus tidak jika oli shock lama di campur/ditambah oli baru ???, dan solusinya seperti biasa UB tinggal masak mie instan siapa tau aja dapat ide instan he3x, dan betul saja setelah ditinggal +/- 2 jam akhirnya UB mendapat keputusan untuk mengganti keseluruhan dari oli tersebut dengan oli MESIN SHELL AX-7, kok pake oli mesin ??? coz UB malez BroSis keluar untuk membeli oli jumbo ya sekalian test gimana kestabilan motor setelah pake oli mesin. 


langkah-langkah menganti oli pun menjadi lebih panjang dengan harapan bisa seperti baru lagi.
langkah 1-3 masih seperti yang diatas dari nomer 4 dst berubah... cekidot
4. Lepaskan ban depan (Baut, Mur ARM dan kabel spedometer)
5. Lepaskan baut L yang tersembunyi didalam tabung shockbreaker bagian bawah dan persiapkan wadah untuk oli bekas persis dibawah baut L tersebut.
6. Biarkan oli keluar dengan sendirinya dan tentunya sampai tetes terakhir.
7a. Bersihkan sisa oli, PER shock, tabung penyangga bagian dalam dengan cara mengeluarkan terlebih dahulu lalu bersihkan menggunakan bensin lalu keringkan.
7b. Untuk membersihkan bagian dalam tabung utama bisa menggunakan bensin atau cukup ditiup-tiup sukur-sukur disemprot pake kompresor kalau ada..
8. Setelah semua urusan bersih-bersih selesai pasang kembali sesuai urutan 5 dan 4.
9. Masukan oli sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan. klik disini 
10. Berhubung UB menggunakan OLI MESIN SHELL AX-7 1 Liter proses pengisian jadi sedikit ribet (tidak boleh asal tuang saja... bisa kekerasan or ke empukan nantinya). enak sih pake gelas ukur dijamin cepat selesai tapi apa boleh buat wong tidak punya yah pake suntikan printer saja deh "takut salah taker kalau pake metode lain. Suntikan UB kapasitasnya cuma 20cc, wah dijamin ribet nih kalau sampai ngisi 23X isi suntikan untuk 1 tabung kalau 2 tabung 46X.. apesss tapi ora popo tuk motor kesayangan mah..
11. setelah oli terisi dengan benar pasang kembali semua sesuai urutan dari 3 sampai 1 dan selesai..

Setalah ditest 1 minggu beraktifitas dan hasilnya WOW cukup memuaskan untuk kategori Montir AHLI eh amatiran sekelas UB, sebelum ganti KEBO UB sering limbung/ tidak setabil trus plat nomer sering mentok. kalau sekarang mah wis oche tidak mudah mentok & stabil... makin cinta aja sama nih motor walau kata orang motor lemot..

Kok artikelnya jadi panjang banget, semoga berguna dan bermanfaat tapi kalau gak yah dicuekin saja.. salam Toet-toet dan selamat menjalankan IBADAH PUASA bagi BroSis yang menjalankannya..


Komentar

pudja mengatakan…
mas bro,. bantuin duoonnkkk,.
kebo ane abis nge'gilas lubang ampe jdokkk,. selang pemakaina beberapa hari kok rasanya gak enak klo ngelewati jalan gak rata,. di daerah karet seal cuma karat tapi gak ada minyak,. jadi bingung saya bro, apa ada yang salah,. bantuin cari solusinya,. trima kasi sebelumnya mas bro,.
Unknown mengatakan…
Bro Pudja..
Analiza UB sih pelek Bro Pudja speleng alias sudah tidak center lg, coba di pres tp di bengkel khusus pake alat hidroulik jangan yg pake sistem dipanasin dulu trus diketok2jelak hasilnya. jika masih eror jg coba ganti ring klahar roda ganti.. semoga dapat membantu jawaban UB..
Unknown mengatakan…
sokbreker byson byson saya waktu say buka dari bawah kok ga lepas2 murnya, muter terus gmana nich?
Unknown mengatakan…
mas kalo tromol belakang buat byson apa ?
Viximon Ride's mengatakan…
Pakai scorpio aja mas
Unknown mengatakan…
Mas bro.. Mohon pencerahannya ne. Kebo. Ane.. Abis gnti seal shock.. Kok jalan nya gk stabil.. Kurang olinya? Apngmna ne mas bro.. Mohon bantuananya..??? Terima kasih
Unknown mengatakan…
Gan kl campur antara oli shockbreaker ori dengan biasa efeknya apa. . thanks
Unknown mengatakan…
Gan kl campur antara oli shockbreaker ori dengan biasa efeknya apa. . thanks
Unknown mengatakan…
Bro... Sy baru habis ganti oli tapi kok tdk main bagus... Moohon bantuannya...
Unknown mengatakan…
Ganti Oli dimana? Merek apa? takeran sudah pas belum?
Unknown mengatakan…
Saya juga pake oli mesin , tapi yamalube yang satu liter... Hhhh sisanya dikit banget, tapi shok enak banget stabil banget.

Postingan Populer