Berapa Banyak Olie Shock Breaker BYSON & FZ Series
Minggu, Mei 12, 2013 | Author: Sabudhi Alviannur
Seiring berjalannya waktu tidak terasa umur KEBO UB sudah 2,5 tahun lebih dan ada beberapa komponen menurun kinerjanya, berawal seminggu yang lalu KEBO UB sudah kurang enak handlingnya (sering ngebuang) UB coba pake jurus mekanik ahli eh amatir, motor distandar 2 lalu cek keadaan pelek depan & belakang ternyata masih oke, lalu pengecekan berlanjut ke Bearing as roda depan & belakang ternyata masih oke, Cek lengan ayun + Bearing As Roda belakang juga ok, Lanjut kebagian depan segitiga + komstrir juga dicek dan ternyata masih ok. semua sudah dicek dan ok jadi bingung nih mekanik amatirnya.. akhirnya selama 1 minggu UB biarin sembari nyari wangsit dimana kerusakannya terjadi, dan akhirnya ketemu juga problemnya, ayoo apa.... Yup Brosis benar semua.., problemnya ternyata didaerah shockbreaker (Bisa Olienya or Shockbreakernya). ya berhubung Shockbreaker depan KEBO mahal ya UB coba ganti Olie Shock depannya saja & pertanyaan kembali datang shock depan KEBO paling besar di kelasnya bahkan kawasaki ninja 250 saja kalah besarnya (37mm) sedang punya kebo 41mm. coba browsing dimbah google & baca beberapa blog hasilnya tidak sama, dari pada pusing dan takut salah mending tanya cotumer care yamaha saja dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Nah dari keterangan diatas jelas sudah untuk 1 Shock depan butuh 459cc = 3 botol Oli Shock yamaha 150cc + 9cc, yang 9cc pake jarum suntik nambahinya. untuk 1 oli shock yamaha harganya Rp.12.000 x 7 untuk 2 shock (Kiri-Kanan). tapi kalau mau pake merek lain ya disesuaikan saja cc nya oke BroSis


Mari kita dengarkan ceramah tentang shockBreaker dibawah ini..

Fungsi utama dari Shock Absorber dan penopangnya adalah untuk menjaga kestabilan ban berinteraksi
dengan jalan, sehinga Anda dapat mengendalikan kendaraan dengan baik-
Shock breaker bekerja dengan cara merubah energi kinetik akibat kejutan jalan yang tidak rata pada pegas atau per menjadi energi panas pada fluida di dalam shockbreaker...Sebenarnya kerja shockbreaker mirip dengan pompa oli..jadi ketika terjadi ayunan pada kendaraan shock breaker bekerja , batang shock yang di kaitkan pada chasis kendaraan akan bekerja sebagai pompa..sedangkan bagian shock yang lainya menjadi tabung...........oli yang dipompa ini di kendalikan kecepatan dan volumenya dengan mekanisme valve atau orifis yang terdapat di atas dan di bawah shock breaker..sehingga ayunan tadi dapat diredam kecepatan dan besarnya......

Anda akan berada dalam keadaan bahaya, kehilangan kendali dijalan jika shock absorber dap penopangnya tidak lulus test berikut ini:

1. Apakah kendaraan Anda sulit dikendalikan?
Apakah Anda merasakan kemudi kendaraan anda seringkali membuang secara tidak terkendali ? bayangkan anda membawa kendaraan yang tidak rigid..hmmm..pasti sudah mengendalikannya..seperti mendorong agar2 kalau shock mati.....kalau shock masih bagus sepeti mendorong potongan besi.....itu contoh extremenya.....he..he..kalau anda merasakan handling motor anda begitu susah itu berarti bahwa shock absorber. anda sudah tidak berfungsi segeralah ganti !!!

2. Periksalah ban kendaraan Anda
Jika ban kendaraan Anda aus secara tidak merata (ada yang kemakan ada yang tidak....atau bahasa germannya macul-macul gitu), itu berarti shock absorber kendaraan anda sudah tidak berfungsi dengan baik. Sebab shock yang tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan grip kendaraan ke aspal tidak menjadi sempurna dan tidak merata..sehingga ban akan terkikis secara tidak merata.... Silahkan ganti!!!

3 Periksa Shock absorber kendaraan Anda, Apakah Anda menemukan oil keluar dari tabungnya?
Kalau iya berarti seal shockbreaker anda sudah bocor...memang ada beberapa jenis kendaraan yang bisa diganti sealnya saja tapi ini tidak direkomendasikan sebab apabila seal sudah bocor dan oli kurang biasanya as shock breaker itu sendiri sudah termakan..maka meskipun sudah diganti sealnya akan cepat bocor kembali......sebaiknya ganti unit shock breaker anda.....

4. Apakah kendaraan Anda sudah mentok atau kandas?
Apabila kendaraan Anda mentok atau kandas
sewaktu melewati jalan rusak, berlubang, rel kereta api, atau rintangan lain, maka shock breaker anda sudah tidak sesuai dengan namanya lagi..yaitu dia tidak dapat meredam kejutan......hal ini dapat di akibatkan oleh oli shock yang habis atau pun klep shock yang sudah tidak berfungsi lagi........sehingga ketika terjadi kejutan tidak dapat diredam..hanya Per saja yang menahan..sehingga terkadang terdengar suara..jdugg......atau shock mentok..........Jika terjadi demikian sebaiknya shock anda di ganti...

5.Bagaimana ayunan kendaraan Anda?
Tekan dan ayun beberapa kali, kemudian
lepaskan. Bila ayunan tidak segera berhenti, itu
absorber Anda perlu segera diganti. Lagi-lagi karena tidak sesuai dengan namanya ...sebagai peredam..

Semoga berguna kalau tidak ya dibuang saja.. Xixuxixu

Sumber : yamaha Indonesia

This entry was posted on Minggu, Mei 12, 2013 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 comments:

On 3 Juni 2013 14.45 , day walker mengatakan...

Dear UB,

Sedikit bertanya tentang shock depan kebo..
Kalo shock depan di turunin beberapa cm (1cm-2cm) apakah harus ditambah olie shock supaya rebound agak keras dan plat nomor tidak mentok di spakbor depan, kalo iya harus di tambah brapa cc penambahannya...
Coz dah coba turunin sekitar 2cm kalo hardbrake plat nomor pasti mentok di spakbor (notes:plat nomor sudah pindah di bawah HL)

Thx sebelumnya...

 
On 5 Juni 2013 14.32 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Kondisi standar saja tanpa menurunkan shock, plat nomer yg sudah dipindah ke bawah masih sering mentok ketika melakukan pengerman ekstreem. jika memang ingin menurunkan shock Sekitar bro DW bisa menambahkan 50-100 ml jgn lebih dari itu coz bisa menggangu keseimbangan kebo anda..