experiment kecil-kecilan terhadap rasio gear bison
Banyak para pengguna YAMAHA BYSON kecewa ketika mereka menggunakan si KEBO untuk pertama kalinya, ada yang berkomentar tarikan ngempos, dengan tetangga sebelah kalah, body macho tenaga loyo, sama bebek kalah dan bahkan ada yang compare dengan matik mio kalah akselerasinya n mungkin masih banyak lagi komentar yang lainnya. Yah itu semua sih sah-sah saja mereka berkomentar seperti itu, saya pribadi sudah nyemplak nih motor dari september 2010 dan mulai kesemsem sama nih motor dari tahun 2008 ketika melihat pertama kali penampakan di dunia maya FZ series. saya tidak terlalu kaget pas pertama kalie menunggangi si KEBO karena sudah ada dibayangan bahwa dengan CC 150 dikasih BODY besar, ban besar otomatis akselerasi akan berkurang wong tiger dengan ban standar VS tiger ban besar akselerasinya juga ngedrop.. Upsss kok jadi curhat... BACK to the TOPIK... tidak usah kuatir untuk para SPEED LOVER yang sudah memboyong BYSON ke garasinya dikarenakan spare part pendongkrak performace sudah banyak dijual mau yang untuk harian atau mau yang Exstrem skalian semua terserah anda... kalau untuk harian sih saya menyarankan ganti knalpot, CDI, Busi & gear deh...
Beberapa bulan yang lalu saya lagi iseng-iseng browsing ke kaskus dan melihat di perkumpulan KEBO di kaskus yang sudah berexperimen tentang GEAR si KEBO,, BRO imamiscool sudah mencoba mengkombinasikan beberapa GEAR ke motor kesangannya so cekidot apa yang telah dia coba pada motornya..
1. 14-40
Ukuran standard gear byson, ato secara rasio 40/14 = 2.85, rasanya? smua pasti tau lah.. tarikannya merata, bawah, tengah ama atasnya lumayan...
Kalo pake box (kyk gw: bodi + box = 80 kg), ternyata kerasa berat, apalagi kalo bawa mahluk halus di bonceng (pacar), kerasa banget ngedennya..
jadi kudu ganti dengan rasio gear yg lebih besar.
2. 14-44
Gear belakang diganti sama punya si scorpio, PnP kok, 6 titik bautan, plek plek plek deh. Rasio gear jadi 44/14 = 3.14, rasanya? akselerasi manteb, kata orang sunda mah "ngajol".. (loncat2).. padahal motor dikasih box (10kg) + mahluk halus + gw = 10 + 70 + 50 = 130 kg, motor kerasa enteng seperti ngga bawa boncengan + box dengan rasio gear standard.
Tapi... napas kerasa pendek banget.. baru ngegas stengah dah pol, kudu oper gigi terus.. jadi malah capek kalo motor pas buat sendirian..
3. 14-42
Gear belakang pake punya vixion, sama jg: plek plek plek..
Rasio gear jadi 42/14=3 pas. Akselerasi ngga segalak 14-44, tapi napas jadi lebih panjang, walaupun masih lebih pendek dibandingkan dengan rasio standard...
Buat boncengan + box lumayan enak, ngga ngeden tapi ngga terlalu cepet habis jg nafasnya.. INI RASIO GEAR YANG PALING PAS BUAT BONCENGAN + BOX, menurut gw lho..
4. 15-42
Sekarang ganti gear depan jadi 15, pake punya mx ato pake merek TK ato yg laen, PnP kok, karena punya bison lubang bautnya cuman ada 1 (spt MX)..
Rasio jadi 42/15=2.8 pas, ini rasionya lebih kecil dari standard, bisa ketebak dengan mudah, ngedennnnn abiss.. bahkan dalam kondisi motor sndiri + box doang dah kerasa ngeden.. NOT RECOMMENDED lah..
5. 15-44
Gear lama scorpio gw pasang lagi, jadi rasionya jadi 44/15=2.933333333,
Buat sendirian + box = TOP MARKOTOB deh.. tenaganya jadi enteng di semua RPM, mulussss.... trus napas ngga cepet habis seperti gear rasio 3.0 (14-42)...
Tapi pas buat boncengan, hmm.. agak ngeden.. not recomended kalo buat boncengan... tapi kalo boncengan ente ngga berat2 amat.. coba deh rasio ini.. manteb...
6. 13-40
kalau ini saya sendiri yang berexperimen..
Gear asli depan BYSON saya copot diganti gear RK-K + pasang spi dikarenakan punya byson pakai baut untuk peganagn gear biar tidak copot dan gaear+spi harganya ga bikin kantong bolong kok kisaran 20rb. kenapa saya menggunakan gear depan 13 ??? ketimbang gear asli 14. teman pernah bilang ke saya bila ingin tarikan awal byson oke ganti aja pakai 13 karena gear depan turun satu mata itu juga = naikin gear belakan 5 mata dan kebanyang dong gimana akselerasi awalnya, mau dikasih beban segede gajah juga ga ngaruh, nah kalau dihitung2 jadi rasionya jadi 40/13 =3.076
Buat sendirian + box = kurang enak napas kerasa pendek .. baru ngegas stengah dah pol ya walaupun masih mau main di RPM 8500.
Tapi pas buat boncengan + tanjakan, hmm.. Muantap tenan.. recomended dah kalo buat boncengan... t
EDIT:
Kondisi pemakaian ban:
Gear: 14-40,14-44,14-42: ban standard IRC
Gear: 14-42, 15-42, 15-44: ban corsa 150/60 dan 120/70,
Gear: 13-40, : ban corsa 150/60 dan 120/70,
Setelah ganti ban ternyata efeknya ngga kerasa (menurut gw),
yang jelas ada "efek" tambahan yg dihasilkan dengan ban tipe lebar.. nantikan di share gw yg laen ya..
Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8870863
Komentar
tapi daerah ana banyak tanjakan yang lumayan terjal. masukan dong broo ana harus pake gear belakang apa gear depan apa biar g ngeden broo
reff yah thanx sebelumnya
daerah pegunungan or berbukit2 cucok pakai gir besar.. coba yg nomer 2 or kombinasi depan 13 blakang 44.
emang untuk daerah penuh tanjakan n bawa mahluk halus yg cukup berat enaknya pakai 13-42.. tapi ga rekoment untuk jalur pantura yg super panjang n datar coz nafas cepat habisnya??
gir 13 skitar Rp.20-25 sedangkan gir pikson aspira ukran 42 skitar Rp.45-50. selamat mencoba.
salam seruduk B3796TEE...
Tapi pengen'a d tanjakan mantap. Nafas pun maknyos. Gmana tu bro? Pake apa?
salah satu gir nya aja diganti (boleh depan or blakang) + ganti knalpot sama yg AHRS punya.. semoga dpt membantu..
Hahaha. Knalpot racing daerah ana tanpa kompromi, tilang or gergaji brad. Thanx and serudug bro.
Terus Untuk bantu akselerasi ganti PJ & MJ nya 1 step bisa ga????
@ Ian... lihat nomer 4
Intinya dari permainan GIR, Semakin cepat Akselerasi awal Semakin Turun Top Speed, dan sebaliknya. jadi klw kasus 15-42 memang ngos2an diawal akselerasi tapi Top Speed lebih tinggi dgn catatan butuh trek yg lebih panjang..
Saya gnti ban gede belakang aja ukrn 160/60 gan tp jarang buat boncengan lbh cocok yg mana?
Thanks :)
bisa juga wat masukan gw yang pake vixie napas pendek.....
lagi nyari info soal slot sproket antara vixie ma kebo pas apa gak...
matur tengkyu....
Tpi ane takut tenaga dan nafasnya sikebo ngos2an,tlg ksh pencerahan bro.........
untuk pengganti rantai ori yg cukup mahal, mendingan pake merk indopart atau npr?
ane sih doyan rasio kecil. ga papa ngeden tp nafas panjang, drpd nafas abis. terlalu cpt ganti gigi jdnya.
Bro Iseng... mata rantai byson tuh yg paling panjang diantara motor yg pernah keluar di indonesia. UB belum tahu kalau Indopart or NPR sdh ngeluarin versi KEBO.. saran ane mending pake yg ori aja... awet asal perawatannya teratur... KEBO UB dari beli 2010 smp skarang msh oke.. klw UB suruh milih yg merek Indopart aja, lebih mudah nyarinya.. semoga membantu..
.