Cara Mudah Menambal Ban Tubeless
Banyak penunggang sepeda motor berpendapat kalau menambal ban tubles itu susah + Tukang tabal juga susah ditemukan + tidak semua orang bisa.. Kalau di daerah terpencil + kondisi malam hari itu baru susah, tapi kalau dikota besar banyak kok BroSis.. tidak usah kuatir. tapi setelah pertama UB mengalami pengalaman ban tubles bocor & pernah juga sampai sobek "2010", UB pribadi dibikin geleng2 melihat cara tukang tambal ban tubles menambalnya, gimana UB tidak geleng2 wong cuma bocor halus eh malah diperlakukan yang aneh menurut UB saat itu. ditusuk-tusuk, lubangnya dibesarin dulu tujuannya untuk memasukan karet khusus buat menambal kebocoran.
Ilustrasi |
Memang waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat ketimbang ban biasa, tapi tetap UB tidak suka cara menambalnya. Sejak ban belakang KEBO UB terpaksa pensiun paksa (sobek sekitar 2-3cm) dan menganti dengan ban baru UB coba cari2 dimbah google tentang cara menambal ban tubles dan ternyata banyak artikel cara menambal ban tubles dengan menggunakan lem serba guna atau power/super glue. hari,bulan dan tahun terus berlalu dan akhirnya minggu kemarin tepatnya hari Minggu kesempatan UB untuk praktik datang juga..
Posisi Ban tertusuk paku |
Berawal pas UB berhenti dilampu merah daerah rawamangun, tiba-tiba ada pengendara motor menghampiri yang tadinya berhenti dibelakang UB, dia lalu berkata "mas ban belakangnya ada paku". Bingung dan + tidak percaya UB coba untuk mengenjot-genjot ban belakang tapi UB tidak melihat dan merasakan ban belakang UB kempis lalu UB ucapkan trima kasih kepada pengendara motor tadi.. berhubung masih lampu merah UB belum bisa cek ban belakang tersebut, UB coba paksa dan sesekali melihat, mengenjot-genjot ban belakang. sesampainya dirumah UB lihat keadaan ban tersebut dan ternyata memang benar adanya bahwa ada paku yang lumayan besar, tapi anehnya gejala ban kempis tidak terjadi.
UB biarkan kondisi paku masih tertancap di ban. esok pagi UB lihat dan cek kondisi ban sudah dalam keadaan kempis (tersisa +/- 20%). Waktunya praktik..
1. Pertama-tama cabut paku dengan perlahan-lahan dan jangan digoyang-goyang tangnya.
2. Setelah paku berhasil mencabut paku lalu teteskan lem serba guna sekitar 2-3 tetes.
3. Kempiskan ban melalui pentil ban sembari meneteskan 1-2 tetes lem serbaguna.
4. Tunggu sekitar 5-10 menit lalu isi dengan angin sesuai ketentuan ban tersebut.
5. Ban siap digunakan kembali.
1. Pertama-tama cabut paku dengan perlahan-lahan dan jangan digoyang-goyang tangnya.
2. Setelah paku berhasil mencabut paku lalu teteskan lem serba guna sekitar 2-3 tetes.
3. Kempiskan ban melalui pentil ban sembari meneteskan 1-2 tetes lem serbaguna.
4. Tunggu sekitar 5-10 menit lalu isi dengan angin sesuai ketentuan ban tersebut.
5. Ban siap digunakan kembali.
Tepat seminggu sudah berlalu ban belakang UB yang bocor sudah kembali normal kembali tanpa ada bekas tambalan, bandingkan dengan hasil jika kita nambal di tukang tambal ban dijamin bekas tambalan mudah terlihat..
Kesimpulan..
1. Ban tubles tidak langsung kempis disaat terkena ranjau paku.
2. Biaya tambal sangat murah (1 botol kecil Power Glue +/- Rp.1500) bisa buat nambal berkali-kali.
3. Ban tidak menjadi benjol or geal-geol, (mulus tanpa Cacat yang tampak).
Semoga berguna dan bermanfaat.. BroSis ada yang mengalami hal yang serupa dengan UB..??
Kesimpulan..
1. Ban tubles tidak langsung kempis disaat terkena ranjau paku.
2. Biaya tambal sangat murah (1 botol kecil Power Glue +/- Rp.1500) bisa buat nambal berkali-kali.
3. Ban tidak menjadi benjol or geal-geol, (mulus tanpa Cacat yang tampak).
Semoga berguna dan bermanfaat.. BroSis ada yang mengalami hal yang serupa dengan UB..??
Komentar
bro, ttg stlh paku dicabut dan ditetes 2-3 tetes power glue, trus ban dikempesin lg y buat netes 1-2 tetes lg? apakah dikempesin habis atau ngmn y? repot klo hrs dikempesin habis, mesti dorong kebo buat isi angin :D tq
http://ikyrizki.student.ipb.ac.id/
@ bro ariel.. UB sudah ganti menggunakan ban MICHELIN PILOT SPORTY 130/70-17