Problem pada karbu Vakum BYSON Part II
Berjumpa lagi kita pada sesi perawatan. jika sebelumnya permasalahan karburator terjadi pada Bloger Niight Rider pada Red Tyson dan solusinya mengganti karet vakum yang terdapat pada karbu KEBO, untuk kalie ini permasalahan serupa menimpa UB tepatnya 3 minggu yang lalu..
Kasusnya sama plek dengan Bloger Night Rider.. bisanya penyakit timbul ketika kilometer menyentuh 5-10 itu jika UB santai, tapi jika dari awal sudah digeber2 yah dibawah 5 Km. penyakit sering terjadi sehabis turunan, brebet, kehilangan tenaga seperti bensin mau habis lalu diakiri mesin tidak dapat melebihi 2000 tapi jika gas dilepas/ konstan +/- 1500 rpm mesin normal.. coba bongkar sendiri lalu cek keadaan, normal semua BroSis tiadak ada yang aneh... jurus coba2 pun UB lakukan dari membersihkan sampai gonta-ganti MJ & PJ + seting ulang karburator, ganti busi, CDI standar dipasang... dan hasil akhirnya tetep tidak ada perubahan
Pusing dan bingung menghinggapi UB... masa harus ganti karet vakum seperti Blog Night Rider lakukan..?? lumayan mahal BroSis Rp.162 rebu walau tidak semahal punya Scorpio. akhirnya UB bawa KEBO kesayangan kebengkel Yamaha & berkeluh kesah kepada montirnya.... akhirnya diservice + kuras tangki. selesai diservice ditest oleh mekanik tersebut, setelah itu lalu dia menyambangi UB dan berkata sudah OK mas. UB tidak mau percaya bgitu saja, lalu UB bertanya jika permasalahan yang sama terjadi gimana.?? mekanik menjawab dengan entengnya yah paling karburatornya yang sudah eror. Gubrak kalu itu sih UB sudah tau..
Setelah diservice KEBO langsung UB bawa pulang dengan posisi ngebut & geber2 habis tuh KEBO dan hasilnya UB bisa tersenyum lagi.... Akhirnya kelar penyakitku tanpa harus ganti karet Vakum.... ke esok hariannya sampai 2 Hari normal abis, eh pas Hari ketiga penyakit itupun kembali kambuh.. baru nikmatin 2 hari eh eror maning... tuk sementara pake karbu PIO aja deh dari pada mogok ditengah2 jalanan buahayaaa tuh... ke enakan pake karbu PIO hampir sampai lupa sama karbu KEBO yang belum UB tangani.. mumpung ada kesempatan ada waktu UB coba luangkan melihat kondisi si KARET KONDOM tersebut dan teringat pesan adik "Kalau belum ada yang sobek atau Bolong (kecil/Besar) KARET VAKUM masih layak dipergunakan." akhirnya UB coba cermati dan amati secara sangat teliti dan tidak ada satupun gejala tersebut pada karet Vakum Kebo UB.. akhirnya UB berekperimen dengan menggunakan Per Scorpio pada karbu Kebo. lalu UB pasang kembali dan hasilnya .WOW permasalahan hilang motor normal kembali, dan sudah lebih dari 1 minggu KEBO UB beraktifitas seperti semula dan gejala bengek pun hilang..
Update Agustus 2013..
sudah sekitar 5 bulan berjalan, UB yakin problem karbu UB terletak pada per karet vakum karburator BYSON..
Note.. PER punya scorpio lebih panjang dari pada punya BYSON jadi untuk tarikan awal sekitar 2000-3000 Rpm jadi berat..
Update November 2013..
sudah sekitar 6 bulan berjalan, UB menggunakan per karet vakum karburator SCORPIO dantidak ditemukan kendala sama sekali.. berhubung UB penasaran dengan Per vakum asli KEBO,, UB coba berexperimen dengan menarik kedua sisi per menggunakan tangan sepanjang2nya dengan tujuan mendapatkann kembali kelenturan, setelah itu pasang kembali dan ternyata KEBO UB tidak ditemukan masalah penyakit pada karbu... sudah UB test selama +/- 1 bulan...
Panjang amat artikelnya.... moga2 pada tidak ngantuk key bacanya.. dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua penunggang KEBO..
semoga bermanfaat..
Salam Seruduk B3796TEE Toe toet....
Komentar
Hampir tiap hari buka blog ini ngecek update...
Keep Posting UB....
Ane Coba deh Mas Brow ...... Thanks yaw .... garansi 100% gak ni Trik Nya Gan???? xixixixixixi
kenapa ya kalo byson yang tahun sekarang , yg baru tahun 2013, mesinnya ada suara nging nging... gitu ,
saya coba dengerin mesin byson yg saya yaitu tahun 2010 kok ga ada suara nging nya ya,,
ada yang tau kenapa bsa beda gitu ya ?
Thx
Byson ane kok ada suara juga ketika di tahan gigi 2 ada sura "krekk" dan apa bila getarannya kuat makin nyaring bro bunyinya,tp pas pelan bunyinya hilang..
Mohon pencerahannya bro..
Tp kamaren di cek di sorum resmi katanya gpp..
Tp bunyinya ganggu truss mas bro..
Coba cek cara teliti karet vakumnya ada lubang tidak ? sekecil apapun tetap akan bikin eror karbu..
coba baca update terakhir key.. selamat mencoba dan semoga cepat sembuh KEBOnya...
berarti selain karbu Scorpio punya MX bisa diaplikasikan ke BYSON.. thank sudah mau berkunjung ke blog ini.
ntar cek lagi ah karetnya...thanx infonya gan
baru sehari ini sih.. tapi tadi pas nunggangin si kebo ke kantor.. lancar jaya... moga ga kambuh lagi dah tu penyakitnya....
infonya mantab agan UB...
makasih...
"sifat pegas skep pada karbu vakum, berfungsi ganda. Menahan tekanan negatif yang dihasilkan dari ruang membran dan mengembalikan posisi skep saat kevakuman menurun"
monggo dijawab
"sifat pegas skep pada karbu vakum, berfungsi ganda. Menahan tekanan negatif yang dihasilkan dari ruang membran dan mengembalikan posisi skep saat kevakuman menurun"
monggo dijawab
thankz..namanya jg usaha..hee
ane sempet bingung terus ane coba lagi mainin mj+pj nya. trus ganti jangan pake bensin subsidi. sampe sekarang ga ada masalah kaya diatas lagi bro
enak si kita disini saling share untuk kebo bukan malah mencari keuntungan sendiri dengan pelit info.
salam sruduk.. hehe :D
1. Tarik per vakum.
asumsi radikal ane adalah dengan per vakum yang panjang kemungkinan penyakit kecekek akan hilang karna kelenturan akan lebih baik. Hasilnya : Malah karet vakumnya yang tertindas, naik turun skep akhirnya ga sempurna dan lari kebo cuma tembus 80 Kpj walaupun tali gas udah di tarik sampe mentok. Sial susulan adalah skepnya jadi baret-baret karna naik turunnya miring. Solusi skep baret ya ane ganti pake karet vakum dan skep satria FU satu set termasuk jarumnya keluaran indomobil harganya 65 ribu. Karbu kebo normal lagi sampe sekarang.
2.Potong per vakum.
ini yang paling realistis dan mendekati keinginan, bukaan gas jadi lebih padat (tapi berat di putaran bawah) dan tutupan gas jadi lebih cepet. Kekurangannya : ga ada satuan yang pasti dan prosedur baku seberapa panjang per di tarik sebelum per dipotong, kemudian pada alur mana yang akan di tarik kemudian di potong, lalu seberapa panjang sisa potongan yang yang akan dipakai untuk per vakum. pada akhirnya ini sama sekali tidak layak di coba kecuali kita sudah punya per original cadangan jika percobaan ini gagal. Kebetulan aja ane bisa ngepas melarin dan motong per-nya.
3. Ganti karet vakum.
ini yang selalu ane takutin karna harga partnya horor banget. hasil browsing sana sini, kebo pak karbu mikuni bs 26, begitu juga thunder125 dan satria FU walaupun dengan varian yang beda (thunder mikuni bs 26 ss dan satria bs 26-187) tapi ternyata ane udah buktiin karet vakumnya bisa saling substitusi. harganya juga lebih adem ga bikin jantung olahraga.
Nah ane sempet bingung juga sih kalo agan bisa pake karbunya scorpio tanpa penyesuaian dan mesin kebo bisa normal, karna yang ane tau scorpio pake mikuni bs 30 dengan ukuran pilot jet lebih besar yaitu 17,5. Karna Kebo ane pake ukuran pilot jet segitu saat knalpot udah ganti after market.
Dan satu hal lagi gan berdasar pengalaman dan masih ada hubungannya dengan karbu, jangan pernah gunakan busi iridium ketika spesifikasi mesin kebo standart. Ane pernah di buat gila nyetting karbu disebabkan busi iridium, karna memang ga akan dapet setting sempurna dari panas dan kompresi mesin standart untuk busi berbahan iridium (silahkan cek tabel panas minimum iridium).
sama nih byson ane juga ngalamin masalah serupa, udah berbagai macam bengkel, udah berbagai macam cara, tapi tetep aja hasilnya ga ada yang maksimal, setelah awal service mungkin tu masalah bisa ilang tapi selepas (minimal) satu hari ngemposnya dateng lagi.
buat om dan agan-agan yang punya solusi mohon pencerahannya
Langsung aja cekibrot yaw... klo kurang paham bs call me di 082158598088 ato invite aja bbm di 7EC79937 konsultasi gratis brow...insya allah saya bisa bantu kok sekalian bagi pengetahuan trus dapet rezeki...hahaha ngarep...
http://iwanbanaran.com/2014/09/24/ingin-membuat-tarikan-yamaha-byson-lebih-responsif-intip-tips-and-triks-berikut-ini/
mohon bantuannya brooo..:)
By: Andri hulinggi di gorontalo
Karbu saya sering banjir trus...
Bosen service karbu mulu.
Ngucur dari selang pembuangan nya.
Ada yg pernah ngalamin ga?
Bagi info & solusi nya bro...
ada rencana mu setel uland j.mj nya
ganti pake pj scorpio.dan mj pake satria fu
awal pndritaan sya sma si kebo, lmpu2 sya mti smua kmdian indikator pdalm total, ngidupnya pun pake acara diengkol bru mau nyala. sya antr k bgkel (bukan resmi), kata abg bgkel akinya brmslah, llu sya gnti aki alhmdlilah nyala juga si kebo tpi indikator gk nyala2.
bkn hnya itu, karburator sya juga sma yg d rsakan tmn2, udah dua x sya gnti vakum (bukan ori) spa tau bsa nologin, tau2nya sma aja. blm smpt jlan, ngetesnya d jalan tiba2 mati tu mesin. stlah dicek ke pngapian businya cma sdikit apinya itupun wrna merah pke busi barupn sama juga. ksmpulnnya adalah apabila mesin panas susah hidup, klo msin mlai dingin idupnya gampang. dari 3 prmsalahan mtor sya di atas itu ada hbungannya apa tidak broo ?
mhon solusinya broo...
udah kpgen bnr ne mau jln2 sma si kebo...
Katanya karbu byson ori yg baru katanya udah disempurnakan jadi gak bakal kejadian lagi...
Menurut penunggang gmna nih??
Soalx dari ganti karet vakum juga cma bertahan 3 bulan
Thanks perhatiannya
sy anak bayi nih yg baru pegang kebo besi alias motor byson ..
sy beli second , tp kok buat jalan mbrebet2 yaak gan .
buat jalan nggak enak sama sekali , sy rasa karburator sama gear set nya bermasalah ..
bagaimana solusinya ya gan ?
maaf kalo ada tutur kata sy ada yg kurang sopan , terima kasih atas semuanya ..
Heran ane dimana standart quality control yamaha ???????
Kagak pernah di test drive apa itu motor, asal jual aja, kalo ketemu petinggi yamaha saya pgn beliin dia motor byson biar tau rasanya gimana produk ente yg 1 ini
Press karburator siap buat memperbaiki kendala karbu vakum..atau konvensional..atau segala jenis karbu lainya..
Solusi nya dong��
Masalahnya, ketika pakai gigi berat rpm tengah (Contoh: gigi 4 kecepatan 50kmh aka santai). Lalu saat mau menambah kecepatan, buka gas pelan2 itu gejalanya seperti tertahan kehabisan bensin. Tapi kalau dari awal jalan sudah geber, aman-aman saja. kenapa ya?
Semua masalah kalian saya alami 2 tahun silam. Bolak balik bengkel baikin karbu kemuan kambuh lagi penyakitnya. Akhirnya saya pelajari sendiri karbu byson. Sekarang penyakitnya tidak pernah muncul lagi. Berikut saya akan kasih tips nya. Semoga membantu permasalah teman2 byaon semua.
1. Bongkar karbu bersihkan. Rendam dengan bensin. Kecuali bagian Skep dan karet vakum jangan sampai terkena bensin. Rendam 1 malam. Besoknya bersihkan lubang2 yang ada didalam karbu. Keringkan.
2. Beli repair kit karbu baru untuk byson merek yang lain (rp.40rb), beli juga karet vakum SGP untuk thunder 125 (lebih kuat n awet rp.95rb)
3. Cuci tabung skep sama sunlight. Awas jangan dikasih oli atau pelumas.
4. Ganti 2 spuyer (pilot n main jet) yang nempel di karbu dengan spuyer baru yang tadi ada dalam repair kit. Pasang hnya hati2 jangan sampai ada baret/penyok. Harus mulus. Ganti juga jarum skep dengan yg baru (ada di repair kit karbu byson, biasanya warnanya emas bukan silver) jarum bawaan byson itu lembek kadang bisa nempel di lubang jadi susah naik saat vakum. gas motor saat awal ngempos.
5.pasang karet vakum baru. SGP Suzuki thunder. Hati2 pasangnya perhatikan clam plastik karet vacum jangan sampai terbalik.
6. Pasang kembali semuanya. Perhatikan baik2 gelang penahan pada pangkal jarung skep posisi standar aja jangan dipindah2 ntr boros bbm. Perhatikan juga jarum pelampung jangan sampai salah pasang. Kalau salah pasang bensin bocor. Keluar alias banjir.
7. Pasang kembali seperti semula Dimotor. Setelan angin standarnya dikarbunya 2,5 putaran, atau 2 1/2 putaran. Caranya putar tutup habis kearah kanan. Terus buka hitung 2 stengah putaran. (Saya pakai buka 2 putaran saja)
8. Putar baut throtle gas sampai mencapai RPM standar di speedometer. Jangan sampai kurang. Lebih 1 garis di RPM speedometer lebih bagus.
9. Ganti saringan udara, kalau saya kawat jaring saringan udara yang ada dibawah kertas saringan itu saya potong biar plong udaranya masuk. Sisakan sedikit untuk menahan kertas saringan. Ingat saringan udara itu kalau lembab (saat hujan) bisa menyebabkan byson ngempos.
10. Ini saran oli mesin yg bagus buat byson itu castrol activ. Atau castrol go. Tapi saya suka castrol activ. Lebih halus suara mesin.
11. Ganti busi kalau udah jelek.
Sekian semoga pengalaman saya membantu teman2 byson semua. Salam byson.
Tips cepat kilat. Kalau motor kalian ngempos pada start awal n belum sempat baikin coba saja naikin baut bukaan gas di karbu sampai RPM ny naik agak tinggi. Coba aja masukan gigi satu n gas pasti gak ngempos... hehehe tapi jangan keenankan kyak gitu ntr di kira orang lagi marah naik motor. Oiya kalau manasin byson saat pagi langsung engkol aja bro, langsung nyalakan n pertahankan rpm di 3000. pertahankan setengah menit. Biar oli mesin naik n motor lebih awet.
Byson ane punya kan yg 2013..udah pake knalpot nobi,tapi ga seting apa2 cuman ganti CDI BRT yg dualband aja,ane rasain selama 3 tahun alhamdulilah ga ada kendala apapun selama ini,cuman dari segi tarikan sama aja kaya dahulu pas beli masih knalpot standaran dan suarapun kalau di gas suka ada ngempos2 gitu kenapa ya??..nah sekarang ada rencana mau pake knalpot leovince nih..pertanyaanya,apakah ane harus setting karbu apa tidak??
...
udh brp x experiment potong manipolt,lubang AIS d tutp hasil ttp sma...smp skrg blm nemu solusi yg pas...udh kya ilmuan berexperiment trus...hehehe
mw bli karet vakum harga'x lmyan kuras dompet....
skrg mw cb solusi dr kang UB...hehehe contek dkit bleh kang...heueheueehh