Memasang Relay untuk Lampu BYSON/FZ-Series

Gara-gara berekperimen dimalam hari yah begini jadinya konslet (lampu dekat Kebo UB putus),  Coba chek harga di webside resmi yamaha ternyata bikin tepok jidat... Part 5B9-H4314-00 Merk Philips 35/35 Watt 12V harganya Rp.72 ribu.. Muahal Euy, kalau dibeliin bohlam halogen biasa dapat berapa ya??.. Tapi UB ga habis akal... bongkar lalu copot bohlamnya (bermodal Kunci 10 & Kunci L 5mm). setelah dilihat ternyata bohlam Kebo sama plek dengan bohlam Mobil Avansa or Xenia Berkaki 3 sistem socket (bohlam biasa ada 2 benjolan ribet masangnya, Xixixi kalau yang ini tinggal tancep..).



sepulang kerja UB sempatkan ke toko Part Mobil dan menayakan bohlam Philips H4, pemilik toko bilang ada mas, mau yang berapa Watt..?? UB bilang yang 35/35 Watt 12 Volt.. trus pemilik toko pun bertanya, buat motor BYSON ya mas?? UB menganguk,, kalau yang 35/35 Watt 12 Volt tidak ada, paling kecil yang untuk mobil 60/55 Watt 12 Volt, UB bertanya apakah aman untuk harian..?? ga ada masalah kok mas cuma sedikit lebih redup saja tapi aman untuk harian, "kalau mas mau lebih terang ditambah relay saja".. Akhir kata UB kepincut lalu bertanya harganya berapa..?? yang pasti lebih murah kok mas dari bohlam motor BYSON (Rp.25 rebu).. Wow Sembari koprol (beda jauh sama harga aslinya) Bungkus mas..

yang mana ayo bohlam BYSON.......?? sama persis kan..
Sampai dirumah langsung pasang, dan hasilnya benar apa yang seperti penjual bilang nih.. ga Beda Jauh BroSis skitar 10-11 lah sama lampu Original... eh ada pikiran yang masih menganggu dari omongan sang penjual  part tadi yaitu "kalau mas mau lebih terang ditambah relay saja".. penasaran juga nih.. besok beli relay ahh dan langsung dicoba..




Masih Ingat kan tentang artikel UB pasang klakson kapal menggunakan relay..?? prinsip kerjanya sama.. tapi cekidot dulu key skilas infonya.. Tren penggantian lampu depan menggunakan HID dan halogen yang lebih terang dari lampu standar memang sedang marak. Tapi, harganya yang mahal hanya bisa dijangkau oleh sebagian kalangan saja. Lalu, bagaimana caranya menambah terang lampu dengan biaya yang lebih murah? Gunakan saja relay. Relay yang dipasang pada rangkaian kelistrikan lampu motor akan membuat lampu menjadi lebih terang, karena relay menyingkat arus listrik dari accu/aki dan mengurangi kekurangan arus yang tersedot ke rangkaian kelistrikan kabel body motor.

ternyata Honda CB150 juga menganut lamu PHILIPS 60/55 Watt 12 Volt
Bagaimana aplikasinya? Dibawah ini adalah 2 skema rangkaian relay untuk lampu utama (Jauh-Dekat) terserah BroSis pilih yang mana (mau Hemat ya pilih yang lampu dekat saja, wong yang sering digunakan lampu dekat.)..

skema 1. rangkaian relay untuk lampu

Skema tersebut bisa digunakan untuk motor dengan kelistrikan DC, yang cirinya adalah lampu bisa dinyalakan tanpa menyalakan mesin terlebih dahulu, Lampu jauh dan dekat menggunakan relay yang terpisah, jadi jika ingin menggunakan salah satu lampu saja (misalnya lampu jauh saja untuk mencegah aki tekor) tinggal merangkai relay untuk lampu jauh saja. Relay yang digunakan adalah relay dengan 4 kaki.

skema 2. rangkaian relay untuk lampu
Bukan berarti motor AC ga bisa BroSis, Untuk kelistrikan tipe AC seperti bebek dan matic dengan ciri lampu baru menyala saat mesin hidup, maka rangkaian ini berguna untuk menambah supply listrik dari aki juga, kelebihannya dalam putaran mesin rendah lampu tetap menyala terang, dan untuk tipe bohlam lampu bisa menggunakan yang wattnya lebih besar daripada standarnya. dan Hasil akhirnya lagi2 sang penjual tidak berbohong... Lebih Terang Brosis...


Part yang dibutuhkan
Rincian biaya.
1. Lampu halogen Philips H4 12V 65/55 Watt Rp.25 ribu
2. Relay MX SPORTlich 12V 40A Rp.25 ribu X 2 "jauh Dekat" Rp.50 ribu
3. Adaptor Relay Rp.7 ribu X 2 "jauh Dekat" Rp.14 ribu
4. Skering 15A bersama rumahnya Rp.7 ribu
Total  Rp.96 Ribu..
Kok jadi lebih mahal UB..?? Eits sabar dulu...
untuk relay range harga kisaran Rp.10-25 Ribu UB pilih yang paling mahal dan bisa dipake untuk +/- 4-5X pergantian bohlam (1 Bohlam tanpa menggunakan relay umurnya kisaran 1-2 tahun). 1 Bohlam dengan menggunakan relay kira2 umurnya 2-3 Tahun. Masih dibilang mahal???

2 Relay yg sudah disembunyikan dekat AIS
Nih ilustrasinya..
Tampa relay Bohlam Ori bisa bertahan 1-2 tahun. untuk 10 tahun berarti butuh 4-5 bohlam X Rp.72 Ribu
= Rp.360 Ribu
Dengan relay Bohlam Ori bisa bertahan 2-3 tahun. untuk 10 tahun berarti butuh 3-4 bohlam X Rp.25 Ribu
= Rp.100 Ribu + 2 Relay Rp.50 = Rp.150 ribu.
Masih dibilang mahal...??? mending bohlamnya dicopot alias ga pake lampu.. wuh dijamin gratis dalam penggunaan bohlam tapi tidak gratis di depan polisi.. "brapa kali kena tilang yah Xixixi...

MORE INFO :
Sebelum anda mengganti Bohlam Asli "HS1 12V-35W/35W" dengan "H4 12V-60W/55W" lebih baik BroSis Cek Situs Motor Plus dibawah ini
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/11/29/336471/208/27/Bohlam-H4-dan-HS1-Jangan-Saling-Tukar
Memang UB rasakan Lebis Panas Bohlam PHILIPS  "H4 12V-60W/55W" ketimbang "HS1 12V-35W/35W" tapi so far UB belum menemui kendala meleleh atau yang lainnya.. now all is your Choice

silahkan dikomentari or dikritik..

Komentar

c33b mengatakan…
buat nyambung ke soket kabel bodinya pake apa bro?
Unknown mengatakan…
Ada Jack laki satuan yang dijual ditoko alat2 listrik. tp klw tidak mau ribet, kabel sebelum socket lampu dipotong trus langsung disambung seperti rangkaian diatas..
Anonim mengatakan…
bro itu ada detail spare-part byson dapet dari bengkel atau ada webnya kayak kawasaki? kalo ada alamatnya minta dong bro. thx
Unknown mengatakan…
Dari Websitenya, jadi kalau ada dealer nakal main naikin harga yg tidak sesuai ya tinggal laporin aja ke yamaha costumer care.. biar langsung dilabrak. ngelantur Xixixi
nih bro alamatnya
http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts/ygp/part-catalogue/
LoadUP mengatakan…
ente beli nya dimana bro.. , alamatnya

thx
Unknown mengatakan…
Beli bohlam apa relaynya nih???
Bohlam di lampiri kalimalang..
Relay di jalan baru malaka prumnas klender
day walker mengatakan…
MasBro

Tanya neh, kan bohlamnya dibesarin watt nya, untuk pemakaian jangka panjang dan pemakaian lama ex:pas touring lampu nyala trus apakah reflektor aman, takutnya meleleh..
Unknown mengatakan…
Bro Day Walker... trima kasih atas kunjungannya.. jika Reflektor masih pake yang original sepertinya tidak akan ada masalah alias aman materialnya masih oke punya..
day walker mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
day walker mengatakan…
saya buat 2 relay, Jauh dan Dekat, untuk pengaman saya gunakan 2 sekering 15A dari relay 30 ke positif aki.
pitting lampu saya ganti, dengan pitting bahan keramik coz takut ga kuat bahan aslinya byson (plastiknya tipis)
semua penyambungan kabel menggunakan solder (aman dan kuat) plus bungkus dengan heatshrink (solasi bakar)
saya sudah coba aplikasikan di motor saya bener2 makyusss terangnya..
thx a lot buat sharing knowledgenya mas....
day walker mengatakan…
owh iya, tambahan buat info, saya beli bohlam philips 60/55W, yang menjadi kendala ternyata kutub positif lampu dekat dan jauh terbalik dengan yang orisinil karna pemasangan sudah sangat rapi semua sudah saya tutup dengan heatshrink+solasi jadi saya coba pindahkan soket dari pitting lampunya.
Apakah UB mengalami hal yg sama dengan saya atau mulus2 saja..??
Unknown mengatakan…
Wah trima kasih atas tambahannya.. UB malah lupa masukin bahasan lampu jauh & dekatnya terbalik... trima kasih masukan + mengingatkan UB... jd ingat lirik lagu.. "UB juga manusia".
skarang sy yg bertanya sama Bro Day walker.. apakah reflektor yg anda tanyakan ada gejala gosong or meleleh?? coz UB sendiri udh 2 Bln pake blm menunjukan gejala tersebut..
skalie lg trima kasih... salam toet toet
day walker mengatakan…
So Far So Good seh reflektornya..
skrg lagi mau coba tips http://universalbyson.blogspot.com/2011/04/upgrade-pengapian-yamaha-byson.html
pengen coba sendiri tapi susah cari kabel yg 4mm
day walker mengatakan…
Tambahan info, setelah ane R n'D lebih bagus (baca:irit listrik) pake skema yg kedua.
Knapa lebih bagus....???
* Skema 1 pada saat kita low beam kemudian kita Nge'Dim (lampu jauh) otomatis ada dua lampu yg akan nyala low+high beam, berarti listrik yg dibutuhkan sebesar 115watt.
*Skema 2 pada saat kita low beam kemudian kita Nge'Dim (lampu jauh) otomatis low beam akan mati hanya satu lampu yg akan nyala high beam, berarti listrik yg dibutuhkan sebesar 60watt.

CMIIW ini semua pengalaman ane kalo UB sendiri pake yg skema 1 atau 2 buat kebo kesayangannya..
Unknown mengatakan…
Thanks atas tambahan infona Bro DW... UB sendiri pake yg ke dua..
awan biru mengatakan…
mo nanya ni bro klo aplikasi ke byson 2012 atau yg sudah aho gimana hehhehe
maap agak bingung nih...
Unknown mengatakan…
ane pake 130/100w baik2 aja reflektornya... jauh lebih terang tapi gulung ulang spul biar ga tekor....
Unknown mengatakan…
Wah brarti klo motor yg pakai 2 bohlam, relaynya 4 dunk mas bro?
Anonim mengatakan…
boss klo distributor lampu halogen philip hella,osram,.,.h1,2,3,4,5,6,7 dmn yah???mohon infonyaa
singgih mengatakan…
Gan, kalau lampunya tetap pakai standart yang 35 Watt apakah nyalanya menjadi terang dengan menggunakan rangkaian relay tersebut?

Atau apakah harus menggunakan lampu 65 watt agar menjadi terang dengan rangkaian relay tersebut?



Terima kasih :-)
dna_fitra mengatakan…
mau tanya gan,klw untuk byson yang sudah aho skema relaynya bagaimana ya skema relay untuk no 85 yang low dan high nya dikemana kan??
Unknown mengatakan…
Broo mau nanya nih. Motor byson kelistrikanya ac apa dc ya?
Unknown mengatakan…
mau tanya om, itu skema yg ke 2 rileynya ada yg 5 kaki yah? tp klo pake yg 4 kaki gimana,? soalnya sy pake skema yg ke 2 tp pake riley yg 4 kaki dan jg sy buat jalur sendiri tanpa menggangu jalur orinya? kira2 tak mengapakah?
Unknown mengatakan…
Udah ikut skema diatas... Tapi lampu tidak hidup... Hanya relay yg bunyi cetek2... Gimana dong

Postingan Populer