Part yang satu ini memang buming di pengendara kebo dan sebenarnya UB sudah lama dapat bisikan bahwa PLAT KOPLING Yamaha Scorpio bisa diaplikasikan ke Yamaha BYSON. tetapi berhubung masih berupa bisikan jadi UB urung untuk memfolow-up ke Blog ini. lebih baik cekidot deh Pro & Kontra part ini..
PRO..
Bentuk dan ukuran sama saja, fungsinya juga sama. Tapi, harga jauh berbeda. Coba saja tanya ke bengkel resmi Yamaha harga kampas kopling
1. Milik Byson 4 buah, "45P-E6321-00. Rp 80 ribu X 2 buah dan 45P-E6331-00. Rp 30 ribu X 2 buah" total = Rp.240.
2. Milik V-ixion 5 buah, "EC1-E6307-00. Rp 42 ribu, EC1-E6331-00. Rp 30 ribu per buahnya dan EC1-E6321-00. Rp 79 ribu X 3" total = Rp.309.
3. Milik Scorpio 6 buah, "5BP-E6321-00. Rp 24 ribu X5 buah, dan 5BP-E6321-00. Rp 30 ribu" total = Rp.150.
1. Milik Byson 4 buah, "45P-E6321-00. Rp 80 ribu X 2 buah dan 45P-E6331-00. Rp 30 ribu X 2 buah" total = Rp.240.
2. Milik V-ixion 5 buah, "EC1-E6307-00. Rp 42 ribu, EC1-E6331-00. Rp 30 ribu per buahnya dan EC1-E6321-00. Rp 79 ribu X 3" total = Rp.309.
3. Milik Scorpio 6 buah, "5BP-E6321-00. Rp 24 ribu X5 buah, dan 5BP-E6321-00. Rp 30 ribu" total = Rp.150.
Ketiga motor tersebut pada dasarnya desain kampas kopling podo. Pembedanya kode part. Yakni, Scorpio berkode 5BP-E6321-00, V-Ixion EC1-E6307-00, dan Byson 45P-E6321-00.
Biasanya,
perbedaan harga ini terjadi lantaran vendor kampas berlainan
perusahaan. Ya, tentu saja perusahaan pembuat kampas yang bekerjasama
dengan produsen Yamaha. Toh, kualitas kontrolnya juga sama dari Yamaha.
Ya, layak pakai, bro.
Jumari yang menjabat chief mekanik Perwira Motor yang beralamat di Cinere, Depok, menjamin tidak ada modifikasi sama sekali dalam subtitusi ini, “Sampai ketebalan daging kampasnya sama. Pasang, tinggal plek. untuk V-ixion menggunakan 4 kampas dan Byson 5 kampas. Itu saja bedanya,” ujar Jumari.
Jumari yakin seyakin-yakinnya tidak aka ada efek samping. Dia sudah berulang kali mengganti kampas Byson dan V-ixion pakai milik Scorpio. Yang ada efek samping ke dompet sang pemilik, tidak banyak berkurang isinya
Tiga motor sport Yamaha yaitu
Scorpio, V-ixion dan Byson punya dimensi kampas kopling sama. Lingkar
dalam, luar serta jumlah kaki yang nggak beda jauh. Makanya dianggap
bisa saling tukar. Eits…, mesti diluruskan. Meski dimensi sama, belum
tentu bisa saling tukar. Semua part memiliki bentuk, desain tapak kampas
dan jumlah kampas berbeda.
“Yang bisa subtitusi cuma kampas kopling Scorpio ke V-Ixion. Meski beda
part number dan jumlah kampas kopling yang dipakai. Apalagi selisih
harganya juga lumayan, bisa lebih dari setengah. Bahkan dilihat detail,
diameter kampas kopling Scorpio punya kelebihan pada bahan yang sedikit
lebih tebal. Pasti lebih lebih kuat karena kapasitas mesin Scorpio lebih
gede,” ucap Zaky dari Cineng Motor di Jl. HOS Cokroaminoto, Batas Kreo,
Ciledug, Tangerang.
Lanjut Zaky, misal kode part kampas V-ixion 3C1-E6321. Satu set dijual 5
lapis dengan harga satuan sekitar Rp 80 ribu. Sedang kampas kopling
Scorpio dengan kode 5BP-E6321, bisa dibeli kepingan (ketengan), satunya
sekitar Rp 30 ribuan. Kalau cuma pakai 5 keping Rp 150 ribu.
Nah, paling beda sekali kampas kopling Yamaha Byson yang berjumlah ada 4
keping. Meski kapasitas silinder sama dengan V-ixion dan memiliki
diameter kampas kopling sama, perbedaan mencolok bentuk tapak kampas
kopling yang punya part number 21C-E6331 itu.
“Waktu dibongkar, tapak kampas kopling Byson lebih kecil sehingga jumlahnya banyak. Serta memiliki celah antar kampas sedikit renggang daripada punya Scorpio atau V-ixion. Dijual seperti V-ixion yang satu set,” timpal A. Ketut Hargunanto, mekanik Pro Tunner di Jl. Mertasari No. 98, Suwung Kagin, Denpasar.
“Waktu dibongkar, tapak kampas kopling Byson lebih kecil sehingga jumlahnya banyak. Serta memiliki celah antar kampas sedikit renggang daripada punya Scorpio atau V-ixion. Dijual seperti V-ixion yang satu set,” timpal A. Ketut Hargunanto, mekanik Pro Tunner di Jl. Mertasari No. 98, Suwung Kagin, Denpasar.
Nah sekarang tinggal BroSis aja bagamana menyikapinya... silahkan dikomentari
Sumber :
Komentar
Ane pake byson ada masalah dengan plat kopling. Bengkel Yamaha Service sech bilang supply oli ke bagian plat kopling byson emang bermasalah dan sedikit sekali jadi gampang aus platnya
Kira2 ada solusi buat masalah ini? Tolong di share dong solusinya
Thanks
Ket: vixion pake kampas 4besar 1kecil, pio pake kampas 5semuanya besar