Brosis salah satu pengguna Yamaha Byson keluaran awal "2010" seperti UB yang merasakan
tenaganya kurang ‘menggigit’? Bisa jadi karena kampas kopling (KK) sudah
menipis, jadi tenaga mesin enggak tersalur sempurna. Apalagi usia motor
sudah setahun lebih dan dipakai setiap hari buat beraktivitas.
Daripada ganti kampas kopling standar, mending sekalian di-upgrade. “Pakai KK racing merek MaxTreme untuk Byson yang satu set berisi 5 lembar,” ucap Ian dari Arya Wom'S.
Daripada ganti kampas kopling standar, mending sekalian di-upgrade. “Pakai KK racing merek MaxTreme untuk Byson yang satu set berisi 5 lembar,” ucap Ian dari Arya Wom'S.
Masih menurutnya, “Aslinya pakai 4 lembar, tapi rumah kopling Byson
muat dijejali 5 KK (gbr.1). Tenaga mesin tersalur sempurna, per kopling
tetap pakai standar, jadi handel enggak keras saat ditarik,” promo pria
pemegang label MaxTreme.
Harga KK MaxTreme untuk Yamaha Byson dijual Rp 180 ribu. Tapi kalau
ogah repot, siapkan dana Rp 200 ribu sudah termasuk KK racing Byson,
pelat kopling tambahan dan ongkos pasang. “Itu khusus pengerjaan di
bengkel sini, kalau order dan pasang di tempat lain kena harga normal Rp
250 ribu hehehe...,” terang Ian, sapaannya. Wah, bisa saja ente bro!
Berikut proses pasangnya. Pertama lepas semua baut pengikat bak kopling
pakai kunci T-8. “Jangan lupa kuras oli yang masih ada di dalam mesin,
baiknya sih sekalian ganti oli,” ucap Ian. Dilanjutkan melepas 4 buah
baut pengikat mangkok kopling pakai T-10.
Nah,
sebelum aplikasi 5 lembar KK racing, Anda harus menambahkan 1 pelat
kopling milik Yamaha V-Ixion (gbr.2). Nah, lanjut deh pasang KK ke rumah
koplingnya, urutan pasangnya KK-pelat-KK-pelat begitu seterusnya. Baru
diakhiri dengan mangkok kopling dan per kopling (gbr.3).
Tapi sebelum mengencangkan baut pengikat rumah kopling dan per
koplingnya, baut harus diganjal ring sebanyak 3 buah tiap bautnya. “Ini
supaya per kopling enggak terlalu ngepres, jadi saat handel ditarik,
mekanisme gerak mangkok kopling tetap lancar,” urai Ivan di Jl. Kalisari
II No.178, Lapan, Kalisari, Ps. Rebo, Jakarta Timur
Terakhir tinggal setel deh jarak main stut kopling pakai kunci ring 10
dan obeng plus (gbr.4). Pastikan mangkok kopling terangkat sempurna saat
handel kopling ditarik. Beres, tinggal pasang blok kopling dan tuang
oli baru. Ehh bener, lebih menggigit!
Komentar
ane biasa servis ke Serang Banten wkt msi di banten dibengkel langganan tp skrg dh ga kuat jarak jauh PP,cri bengkel di bekasi bnyk di bohongin n di curangin....
sblmY tengkiyu......
salam srudug.....