UPGRADE PILOT JET DAN MAIN JET YAMAHA BYSON/FZ-Series
Setelah kemarin ub sukses UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON/FZ-Series dengan HASIL MAKNYOS BERMODAL 10 RIBUan yang bermain disekitar INTAKE, Sekarang UB juga mencoba mengUPGRADE daleman karburator BYSON bermodal tidak lebih dari 50 RIBUan dengan hasil MAKYOS.. tapi alangkah baiknya kita mengetahui fungsi Pilot & Main Jet.. Cekidoott.
![]() |
Kiri Karburator BYSON Baru 2011 ke atas |
FUNGSI PILOT JET DAN MAIN JET
Di dalam karburator, selain ada pelampung dan jarumnya, juga terdapat part yang namanya pilot dan main jet.Secara fungsi, baik main jet maupun pilot jet merupakan part jeroan yang dipakai untuk mendukung tugas utama dari karbu,![]() |
Ilustrasi. Kiri Pilot Jet Kanan Main Jet |
Saat mesin mulai distarter dan hidup, suplai bahan bakarnya dialirkan melalui pilot jet. “Sampai putaran mesin menengah, pasokan bahan bakar masih mengandalkan part itu. Boleh dibilang juga, bahwa onderdil ini membantu motor untuk berakselerasi pada putaran mesin bawah sampai menengah,”
Makanya, tak jarang untuk mendapatkan besutan yang galak di putaran mesin bawah, ukuran pilot jet diseting ulang. Tapi bagaimana menentukan bahwa ukuran pilot jetnya sudah pas?
“Gampang. Setelah pilot jet bawaan motor diganti ukurannya dan motor digeber, coba lihat sisa pembakaran di ujung busi. Bila berwarna putih, tandanya suplai bahan bakar terlalu miskin,”
Itu kalau ukurannya kekecilan, nah bila terlalu besar maka akan terlihat saat grip gas dipelintir spontan. Di sini mesin motor tak bisa langsung meraung di putaran rendah sesaat setelah grip gas dibuka.
Namun setelah putaran mesinnya mulai sesuai dengan suplai bahan bakar, maka mesin akan normal kembali. “Itu terjadi karena pada rpm rendah, suplai bahan bakar terlalu banyak,”
MAIN JET
Juga dipakai sebagai part pendukung karbu untuk mensuplai bahan bakar ke ruang bakar. Walau fungsinya sama, namun main jet akan bekerja mengalirkan bahan bakar saat putaran mesin sudah ada di tengah sampai atas.
Saat mengaplikasi knalpot aftermarket untuk mendongkrak stamina, biasanya mekanik menyarankan untuk ganti ukuran main jet. “Tentu itu untuk bisa mendapat suplai bahan bakar yang pas, saat rpm mulai main di putaran mesin tengah sampai atas,...
Nah untuk mendapatkan ukuran yang pas, perlu perhatikan tanda-tandanya. Bila kelar ganti main jet dan saat motor digeber cepat menjerit, maka dipastikan ukuran main jet kekecilan. “Tentu hal itu membuat motor larinya jadi tak bisa maksimal,
Sebaliknya, bila ukuran main jet terlalu besar maka akibatnya mesin akan brebet di putaran atas. Tentu hal tersebut karena suplai bahan bakar yang terlalu berlebih.
bagaimana masih adakah pertanyaan tentang fungsi dari main jet & pilot Jet..??
simplenya seperti ini... Pilot Jet Hubungannya dengan Udara Sedangkan Main Jet Hubungannya dengan BBM (bahan bakar), PJ & MJ harus seimbang, jika salah satunya miskin pasti didapat hasil yang tidak memuaskan...
Lingkaran sebelah kiri Udara & kanan BBM |
Bahan..
1.
2.
PJ & MJ yang banyak beredar dipasaran merk Veezumi
Setelah membeli 2 componen tersebut PJ & MJ ya tinggal pasang...
Pada gambar diatas ada "lingkaran merah sebelah kiri Udara & kanan BBM" karena setting karburator ya hanya main di 2 daerah tersebut...
INDIKATOR suksesnya kita mensetting karburator bisa dilihat pada bibir busi tempat memercikan api untuk menghasilkan pembakaran..
Contoh..
Baut angin "kiri" kita putar sampai mentok searah jarum jam lalu kita putar 2 1/2 putaran kearah sebaliknya, untuk baut BBM kita sesuaikan (bisa kekanan atau ke kiri) hingga mendapat putaran mesin langsam (+/- 1500 RPm) lalu diamkan sampai suhu mesin ideal (+/- 5 Menit).. betot handle gas sampai mentok berulang2 (5-10 kali), lalu matikan mesin lepas dan lihatlah bibir busi tersebut, jika pada bibir busi hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin berarti asupan udara perlu ditambah atau asupan bensin perlu dikurangi......
-Jika hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin.
-Jika masih terang/kering berarti konsumsi BBM miskin Udara kaya.
-Jika berwarna merah bata merata pada bibir busi berarti BBM dan udara pas (settingan ideal)
INGAT : Kalo top speed seh gak terlalu ngaruh brosis, soalnya kalau top speed banyak faktor juga yg nentuin, tp kl buat akselerasi itu lebih enteng aja,, top speed pernah di coba juga nyampe 110 KPJ, tp buat nyampe 110 kpj itu gak terlalu ngos2an.. motor pake ban & velg lebar.
Pengalam praktek lebih berharga daripada KEBO sering dibawa kebengkel hanya untuk setting karburator.. Jika dalam artikel ini banyak kesalahan or kekeliruan UB sangat welcome kritikan & saran.. Silahkan dikomentari...
Sumber
1. http://yozgie89.blogspot.com/2011/04/sekilas-tentang-pilot-jet-dan-main-jet.html
2. http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=307243775995037&id=262206457165436
Komentar
trimakasi mohon di jawab.....
andryzh
Trima kasih atas kunjungannya..
thxz
klo di daerah bekasi ada ga?
RALAT:: pada gambar lingkaran kiri namanya 'MIXTURE SCREW' yang kanan 'IDLE SREW'.
jadi yang kiri untuk mengatur campuran bbm dengan udara (bukan hanya salah satunya) pada carburator type vacum!! dan yang kanan untuk mengatur idle, dengan cara mengatur celah pembukaan dari katup kupu2 (buterfly valve).
lha... ada lagi 'PILOT AIR JET' (tempat masuk udara yang nantinya akan bercampur dengan bbm yg lewat melalui pilot jet) pada carburator byson (tipe vacum) 'dia' terdapat di moncong depan pada bagian bawah dan ukuranya FIX (tidak basa di ubah).
jadi.. sebenarnya.. pada motor yang sudah dilakukan penggantian knalpot tipe racing (freeflow type) tidak perlu dilakukan penggantian spuyer (jetting)!! KECUALI.. sudah dilakukan ubahan pada bagian mesin! karena kebutuhan canpuran gas di dalam cylinder tidak terlalu jauh berbeda.
perlu diketahui.. penggantian knalpot pada mesin 4langkah tidak memiliki pengaruh sebanyak enggantian pada mesin 2langkah!
Maret 2013 21.48 , Anonim thanks masukan tuk kita semua. untuk kasus knalpot kebo pengaruhnya lumayan tp tetap tidak se efektif pergantian knalpot pada motor 2tak
Bro Chesar... buat harian Cukup setting ulang aja karbunya, tdk usah ganti MJ n PJnya.
mesin masih standar belum ane apa"in bro
1. Kabel gas. Kabel gas ori sepertinya kurang panjang. Kira2 ad caranya buat setting kabelnya? Ato kira2 ad kabel yg bs d rekomendasi? & gmn cara settingnya?
2. Apabila bru d nyalain setelah agak lama d matikan, mesin spt terbatuk2 apbl d gas, spt ad angin berlebih, trus khilangan tenaga. Lalu mati. Slanjutnya susah d start lg Tp klo dah lari rada mending, cuma kadang2 suka mati sndiri jg. Ap ad yg salah ato kurang seting nya? Ad pengaruh k PJ & MJ nya? Ato ad yg kurang & perlu d tambahin ato d ganti lg?
Maaf y Brow klo bnyak pertanyaan & thanks a lot.
Sekedar tambahan, sy dah ganti CDI BRT Dual Band & Koil Kawahara.
Mohon info gan... motor byson saya baru setahun umurnya...
Mohon info gan... motor byson saya baru setahun umurnya...
Dari pengalaman sendiri jetting karbu vakum byson & pe28 tdr menurut ane sih itu kegedean, pj20 minta di turunin.
Karena untuk pasokan udara ke pilot jet (air pilot jet) udah paten gak bisa di setel, ,
Misalkan klo di logika udara sdah paten anggap ja nilai nya 1(aslinya belum tau)
Pilot jet standar 15 berati perbandingan udara+bbm 1:15 jadi mau di puter mentok/kendor perbandingan udara+bbm tetap sama 1:15
Begitu jg pj 20 perbandingan 1:20 mau di puter mentok/kendor pun tetep sama perbandinganya, jadi klo brebet brarti campuran udara+bbm minta di kurusin.
solusinya klo nembak" ya naikin/klo brebet turunin ukuran pj sesuai kbutuhan.
Karena screw srbelah kiri yang di lingkari pada gambar berfungsi untuk mengatur volume besar/kecil udara+bbm yang sudah tercampur bukan mengatur perbandingan udara+bbm seperti karbu pe,CMIIW
Ane baru ganti karbu pake PE 28, tp setelah di pasang kok brebet di putaran bawah (2000-4000an), trus sering nembak waktu lepas gas mau over gigi. Sdh ane coba berbagai cara masih gitu2 aja. Angin ane tutup, soalnya kl dibuka sedikit aja nembaknya makin parah.
Part yg ane pake CDI BRT Dual Band, Coil Bluethunder, knalpot R9, Blok/silinder ane pake paketan TDR 66mm. Mohon pencerahannya mastah. Tks
Klu UB....ganti dgn ..karbu ninja RR...bisa ngk bro
Tolong masukannya suhu
Cuma klo abis keujanan koplingnya aga berat,
Alhamdulilah blm pernah ganti apa2,service juga gapernah.🤣
Tp msh tokcer. Cuma untuk tarikan 2012 lebih mantap.
Ada rencana si mw service besar. Biar enteng lg.