UPGRADE PILOT JET DAN MAIN JET YAMAHA BYSON/FZ-Series

Setelah kemarin ub sukses UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON/FZ-Series dengan HASIL MAKNYOS BERMODAL 10 RIBUan yang bermain disekitar INTAKE, Sekarang UB juga mencoba mengUPGRADE daleman karburator BYSON bermodal tidak lebih dari 50 RIBUan dengan hasil MAKYOS.. tapi alangkah baiknya kita mengetahui fungsi Pilot & Main Jet.. Cekidoott.

Kiri Karburator BYSON Baru 2011 ke atas

FUNGSI PILOT JET DAN MAIN JET

Di dalam karburator, selain ada pelampung dan jarumnya, juga terdapat part yang namanya pilot dan main jet.Secara fungsi, baik main jet maupun pilot jet merupakan part jeroan yang dipakai untuk mendukung tugas utama dari karbu,

Ilustrasi. Kiri Pilot Jet Kanan Main Jet
PILOT JET
Saat mesin mulai distarter dan hidup, suplai bahan bakarnya dialirkan melalui pilot jet. “Sampai putaran mesin menengah, pasokan bahan bakar masih mengandalkan part itu. Boleh dibilang juga, bahwa onderdil ini membantu motor untuk berakselerasi pada putaran mesin bawah sampai menengah,”
Makanya, tak jarang untuk mendapatkan besutan yang galak di putaran mesin bawah, ukuran pilot jet diseting ulang. Tapi bagaimana menentukan bahwa ukuran pilot jetnya sudah pas?

“Gampang. Setelah pilot jet bawaan motor diganti ukurannya dan motor digeber, coba lihat sisa pembakaran di ujung busi. Bila berwarna putih, tandanya suplai bahan bakar terlalu miskin,”


Itu kalau ukurannya kekecilan, nah bila terlalu besar maka akan terlihat saat grip gas dipelintir spontan. Di sini mesin motor tak bisa langsung meraung di putaran rendah sesaat setelah grip gas dibuka.

Namun setelah putaran mesinnya mulai sesuai dengan suplai bahan bakar, maka mesin akan normal kembali. “Itu terjadi karena pada rpm rendah, suplai bahan bakar terlalu banyak,” 




MAIN JET
Juga dipakai sebagai part pendukung karbu untuk mensuplai bahan bakar ke ruang bakar. Walau fungsinya sama, namun main jet akan bekerja mengalirkan bahan bakar saat putaran mesin sudah ada di tengah sampai atas.

Saat mengaplikasi knalpot aftermarket untuk mendongkrak stamina, biasanya mekanik menyarankan untuk ganti ukuran main jet. “Tentu itu untuk bisa mendapat suplai bahan bakar yang pas, saat rpm mulai main di putaran mesin tengah sampai atas,...

Nah untuk mendapatkan ukuran yang pas, perlu perhatikan tanda-tandanya. Bila kelar ganti main jet dan saat motor digeber cepat menjerit, maka dipastikan ukuran main jet kekecilan. “Tentu hal itu membuat motor larinya jadi tak bisa maksimal,
Sebaliknya, bila ukuran main jet terlalu besar maka akibatnya mesin akan brebet di putaran atas. Tentu hal tersebut karena suplai bahan bakar yang terlalu berlebih.


bagaimana masih adakah pertanyaan tentang fungsi dari main jet & pilot Jet..??
simplenya seperti ini... Pilot Jet Hubungannya dengan Udara Sedangkan  Main Jet Hubungannya dengan BBM (bahan bakar), PJ & MJ harus seimbang, jika salah satunya miskin pasti didapat hasil yang tidak memuaskan...

Lingkaran sebelah kiri Udara & kanan BBM
Waktunya praktek..
Bahan..
1. Pilot Jet pakai scorpio ukuran 17,5 (+/- Rp.25.000)

2. Main Jet pakai bawaan suzuki satria FU ukuran 115 (+/- Rp.20.000)
PJ & MJ yang banyak beredar dipasaran merk Veezumi
Setelah membeli 2 componen tersebut PJ & MJ ya tinggal pasang...

Pilot Jet pakai scorpio ukuran 17,5 (standar 15) , sedangkan Main Jet pakai bawaan suzuki satria FU ukuran 115 (standar 112,5). untuk menyesuaikan ubahan di spuyer, hasilnya tenaga naik dari standar, tapi bensin agak sedikit boros.. jangan lupa stel ulang karburator nya setelah part di atas di ganti. 

Tips mensetting Karburator..
Pada gambar diatas ada "lingkaran merah sebelah kiri Udara & kanan BBM" karena setting karburator ya hanya main di 2 daerah tersebut...
INDIKATOR suksesnya kita mensetting karburator bisa dilihat pada bibir busi tempat memercikan api untuk menghasilkan pembakaran..

Contoh..
Baut angin "kiri" kita putar sampai mentok searah jarum jam lalu kita putar 2 1/2 putaran kearah sebaliknya, untuk baut BBM kita sesuaikan (bisa kekanan atau ke kiri) hingga mendapat putaran mesin langsam (+/- 1500 RPm) lalu diamkan sampai suhu mesin ideal (+/- 5 Menit).. betot handle gas sampai mentok berulang2 (5-10 kali), lalu matikan mesin lepas dan lihatlah bibir busi tersebut, jika pada bibir busi hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin berarti asupan udara perlu ditambah atau asupan bensin perlu dikurangi......

-Jika hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin.
-Jika masih terang/kering berarti konsumsi BBM miskin Udara kaya.
-Jika berwarna merah bata merata pada bibir busi berarti BBM dan udara pas (settingan ideal)

INGAT : Kalo top speed seh gak terlalu ngaruh brosis, soalnya kalau top speed banyak faktor juga yg nentuin, tp kl buat akselerasi itu lebih enteng aja,, top speed pernah di coba juga nyampe 110 KPJ, tp buat nyampe 110 kpj itu gak terlalu ngos2an.. motor pake ban & velg lebar.

Pengalam praktek lebih berharga daripada KEBO sering dibawa kebengkel hanya untuk setting karburator.. Jika dalam artikel ini banyak kesalahan or kekeliruan UB sangat welcome kritikan & saran.. Silahkan dikomentari...

Sumber
1. http://yozgie89.blogspot.com/2011/04/sekilas-tentang-pilot-jet-dan-main-jet.html
2. http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=307243775995037&id=262206457165436

Komentar

Unknown mengatakan…
bro, kebo ana kalo d pake nanjak ngeden'a kerasa bgt bro aplg bwa boncengan. Nah. Yg mau ana tanyain kalo pas nanjak trus ngeden blum d oper gi2. D mesin ada suara. "kolotrok kolotrok kolotrok" ky mobil angkot yg g kuat nanjak. Knapa tu bro?
Unknown mengatakan…
Bunyi "kolotrok kolotrok kolotrok" dari dareah mana?? Mesin atas/ or bawah ?? apa dari daerah rantai + gir??
Unknown mengatakan…
yg pasti mesin bro, ky'a atas dh. It knapa bro. Kalo rantai aman bro.
Unknown mengatakan…
Jika bro restu yakin mesin bagian atas.. ada kemungkinan : Rocker Arm (noken As), Rantai keteng kendur, Intake IN/out Valve. tp bisa juga bearingnya. lebih baik di bawa ke BARES aja biar lebih pasti..
Anonim mengatakan…
Ana selalu baca artikel yg mas bro postingin and ana mw praktekin tp sblm ana praktekin ada yg mw ana tnyi upgrade minimalis kl dh pk knalpot racikan hasilY gmn trus klep hrs di setel lagi gag?
trimakasi mohon di jawab.....
andryzh
Unknown mengatakan…
Untuk Upgrade minimalis hasil yg terbaik UB dpt menggunakan knalpot racikan ketimbang knalpot nobi. Nobi menurut UB masih nahan ga plong, tp masih mending knimbang knalpot standar yg super nahan... untuk hasil + part Gir dpn ganti jd mata 13,, 100 Km/jam mudah didapat..
Trima kasih atas kunjungannya..
Anonim mengatakan…
minta info untuk dptin main jetY di mana?
thxz
Unknown mengatakan…
Di jkt tmr ada di otista or jln baru malaka juga ada... bro tinggalnya dmn??
Anonim mengatakan…
ane tinggal di bekasi bro.....
klo di daerah bekasi ada ga?
Anonim mengatakan…
Bro, kalo ini gimana, waktu kebo ane turun dari dealer/baru pasti semuanya normal ya, setelah jangka waktu/KM udah waktunya, ane bawa ke BERES buat servic pertama kali, abis keluar dari sana ane lgs jalan, tapi kok aneh ya, kalo ngoper gigi dari 1-3 ngeden dikit ada yg sprti bunyi geter "creeekk creekk", stlh ane balikin ke beresnya mekaniknya bilang gk apa2..mmg gk apa2 sih, cuman wktu sblm servic normal gk ada bunyi2 apa2...ane juga cek bodi,platnopol,gear, gk ada masalah...nah tau bro kok gtu yah?
Unknown mengatakan…
kebo UB sih smp skarang ga ada bunyi sperti itu Bro. sblm service tdk bunyi & stelah service ada "creeekk creekk" ya ga normal lah.. gini aja tunggu sampai service berikutnya "kalau bisa cari bares lain" trus tandai mekanik yg pegang kebo ente jadi kalau terjadi apa bisa langsung komplain untuk dinormalin lg..
Anonim mengatakan…
punyaku juga habis service pertama bunyi crek crek... rantai keteng kendur bro
Unknown mengatakan…
Ikut komplain ahhh.. sebelum service pertama kebo UB inreyent dibawa keserang banten Rpm mentok 5000 udh oper gigi dan konsumsi BBM premium bisa tembus 55Km/liter, tp setelah service ga pernah bisa tembus 40Km/liter, nah klw begini komplainnya kemana ya???
pandhu mengatakan…
byson ane tembus 128kpj
Firdhaus mengatakan…
Ganti pilot jet scorpio dan main jet satria f itu plug and play ngg gan??
Anonim mengatakan…
PENTING!

RALAT:: pada gambar lingkaran kiri namanya 'MIXTURE SCREW' yang kanan 'IDLE SREW'.
jadi yang kiri untuk mengatur campuran bbm dengan udara (bukan hanya salah satunya) pada carburator type vacum!! dan yang kanan untuk mengatur idle, dengan cara mengatur celah pembukaan dari katup kupu2 (buterfly valve).
lha... ada lagi 'PILOT AIR JET' (tempat masuk udara yang nantinya akan bercampur dengan bbm yg lewat melalui pilot jet) pada carburator byson (tipe vacum) 'dia' terdapat di moncong depan pada bagian bawah dan ukuranya FIX (tidak basa di ubah).

jadi.. sebenarnya.. pada motor yang sudah dilakukan penggantian knalpot tipe racing (freeflow type) tidak perlu dilakukan penggantian spuyer (jetting)!! KECUALI.. sudah dilakukan ubahan pada bagian mesin! karena kebutuhan canpuran gas di dalam cylinder tidak terlalu jauh berbeda.

perlu diketahui.. penggantian knalpot pada mesin 4langkah tidak memiliki pengaruh sebanyak enggantian pada mesin 2langkah!
Unknown mengatakan…
bro , sory mau nanya , ane pake KNALPOT RACING , busi iridium , tapi Pilot jet & Main Jet nya blom di ganti masih standart bawaan motor (byson) , menurut ente gimana...harus gimana..? mohon pencera
Unknown mengatakan…
Bro Dausz... plug n play.
Maret 2013 21.48 , Anonim thanks masukan tuk kita semua. untuk kasus knalpot kebo pengaruhnya lumayan tp tetap tidak se efektif pergantian knalpot pada motor 2tak
Bro Chesar... buat harian Cukup setting ulang aja karbunya, tdk usah ganti MJ n PJnya.
Teddy Nofriyanto mengatakan…
Kebo Ane tembus 130kpj
mesin masih standar belum ane apa"in bro
Anonim mengatakan…
Bro. Ane mau nanya, Ane bru ganti karbu PE 28. Tp Ane jd ad beberapa kendala.
1. Kabel gas. Kabel gas ori sepertinya kurang panjang. Kira2 ad caranya buat setting kabelnya? Ato kira2 ad kabel yg bs d rekomendasi? & gmn cara settingnya?
2. Apabila bru d nyalain setelah agak lama d matikan, mesin spt terbatuk2 apbl d gas, spt ad angin berlebih, trus khilangan tenaga. Lalu mati. Slanjutnya susah d start lg Tp klo dah lari rada mending, cuma kadang2 suka mati sndiri jg. Ap ad yg salah ato kurang seting nya? Ad pengaruh k PJ & MJ nya? Ato ad yg kurang & perlu d tambahin ato d ganti lg?
Maaf y Brow klo bnyak pertanyaan & thanks a lot.
Sekedar tambahan, sy dah ganti CDI BRT Dual Band & Koil Kawahara.
Unknown mengatakan…
Untuk pergantian karbu fakum ke karbu konvesional memang gampang2 susah2, tiap sambungan harus diperhatikan atas adanya kebocoran atau tidak lalu setingan MJ + PJ harus pas jika tidak ingin ada gejala batuk2.
Unknown mengatakan…
Misi agan2, kebo ane 'ngempos' stelah ganti ke pe 28, ukuran PJ / MJ yang pas brp ya?
Unknown mengatakan…
Bro, mau nanya nih... Byson ane udah ganti knalpot racing sama pilot jet 20, kok bwahnya brebet ya? Blum d ganti sih main jetnya... Apa pngaruh main jet standarnya? Atau kebesran pilot jetnya?
Andre mengatakan…
Gan... mohon bantuannya... motor byson saya keluhannya pada putaran tengah.. rpm4000-5000 oper gigi 3-4... selalu terasa ndut-ndutan seperti lurang bensin... pdahal putaran mesin bawah normal... trus kalau di gas pool diatas rpm5000 oper gigi 4-5 semua normal...

Mohon info gan... motor byson saya baru setahun umurnya...
Andre mengatakan…
Gan... mohon bantuannya... motor byson saya keluhannya pada putaran tengah.. rpm4000-5000 oper gigi 3-4... selalu terasa ndut-ndutan seperti lurang bensin... pdahal putaran mesin bawah normal... trus kalau di gas pool diatas rpm5000 oper gigi 4-5 semua normal...

Mohon info gan... motor byson saya baru setahun umurnya...
Unknown mengatakan…
jd setelan pj dan mj yang pas bila yamaha byson pake knalpot racing brp kang budi,,byionic tgerang.d tggu jwbanny
Unknown mengatakan…
brp kang...
Unknown mengatakan…
Bro kalau byson gue sering banjir harus ganti jarumnya yha atau karburatornya lansung?
Unknown mengatakan…
Pke stelan standar pj mj ny
Unknown mengatakan…
Mas bro tlong d jwab kendala ane y,kebo ane kan abis ganti vakum nah ganti karet carbu yg kaya kondomnya tuh,eh pas udah d ganti mtr klw d bwa pelan brebet nah v klw d gas kencang"an v ko gx,knpa ea....?????
Unknown mengatakan…
Bro tian, Pengaturan jarum spuyer harus sesuai dngn pilot jet dan main jet, agar racikan d ruang bakar pas dan buka tutup nya lebih kontan,
Unknown mengatakan…
Bro andreas, patokan nya, klo d rpm 2 -4 ribu itu kendala d pilot jet, 4-6 ribu itu d jarum sepuyer, 6 ribu ke atas itu d main jet,,, berarti punya bro andreas pilot jet nya kegedean, ada suara nembak gk.?
Anonim mengatakan…
Newbie bantu jawab bro jika salah silahkan d koreksi.
Dari pengalaman sendiri jetting karbu vakum byson & pe28 tdr menurut ane sih itu kegedean, pj20 minta di turunin.
Karena untuk pasokan udara ke pilot jet (air pilot jet) udah paten gak bisa di setel, ,
Misalkan klo di logika udara sdah paten anggap ja nilai nya 1(aslinya belum tau)
Pilot jet standar 15 berati perbandingan udara+bbm 1:15 jadi mau di puter mentok/kendor perbandingan udara+bbm tetap sama 1:15
Begitu jg pj 20 perbandingan 1:20 mau di puter mentok/kendor pun tetep sama perbandinganya, jadi klo brebet brarti campuran udara+bbm minta di kurusin.
solusinya klo nembak" ya naikin/klo brebet turunin ukuran pj sesuai kbutuhan.
Karena screw srbelah kiri yang di lingkari pada gambar berfungsi untuk mengatur volume besar/kecil udara+bbm yang sudah tercampur bukan mengatur perbandingan udara+bbm seperti karbu pe,CMIIW
Frans Ardi mengatakan…
Saya juga baru ganti karet vakum untuk mengatasi karbu banjir. Sama masalahnya rpm bawah brebet. Knalpot cld ga nembak. Skarang pj 20 bawaan scorpio. Bagusnya di turunin ya bro? Mohon pencerahan. Salam sruduk
Unknown mengatakan…
Coba pakai 17,5 bro...,
Frans Ardi mengatakan…
Mj perlu diturunin juga ga? Thanks bro pencerahannya
Unknown mengatakan…
Bro pakai Mj pakai yg brp ?
Frans Ardi mengatakan…
Saya pake mj standar fu 115 bro
Unknown mengatakan…
Seperti yg d post sama bro sabudi, MJ nya udah pas, tinggal PJ aja, pakek 17,5 , 👍👍
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
Kalo yg di ganti cuman pilot jet nya aja pake uk 20 bisa ga om
Andre mengatakan…
Misi agan, mohon bantuannya nih, ane ada kendala.
Ane baru ganti karbu pake PE 28, tp setelah di pasang kok brebet di putaran bawah (2000-4000an), trus sering nembak waktu lepas gas mau over gigi. Sdh ane coba berbagai cara masih gitu2 aja. Angin ane tutup, soalnya kl dibuka sedikit aja nembaknya makin parah.
Part yg ane pake CDI BRT Dual Band, Coil Bluethunder, knalpot R9, Blok/silinder ane pake paketan TDR 66mm. Mohon pencerahannya mastah. Tks
YeRex153 mengatakan…
Gan punya ane masih blom ketemu setelannya kebo ane pake pe 28 pj 35 mj 130 putaran atasnya kaya kebanyakan anginnya ,kebo ane pake knalpot bobokan dan oversize 100
YeRex153 mengatakan…
Gan punya ane masih blom ketemu setelannya kebo ane pake pe 28 pj 35 mj 130 putaran atasnya kaya kebanyakan anginnya ,kebo ane pake knalpot bobokan dan oversize 100
Unknown mengatakan…
Saya bang di kampung 2cikunir Deket kelurahan Jakasampurna
Unknown mengatakan…
Saya bang di kampung 2cikunir Deket kelurahan Jakasampurna
Anonim mengatakan…
Salam, @bro Dewan Adriliano,sekedar bantu jawab, saran ane coba jetting ganti Pj jadi 38 dan MJ nya 120, ane udh coba di Kebo ane, alhamdulillah atas-bawah dapet smua. Monggo dicoba,
Unknown mengatakan…
Bro
Klu UB....ganti dgn ..karbu ninja RR...bisa ngk bro
Unknown mengatakan…
Kalau kendala sering mati tu kenapa ya bro...mohon bantuannya...vacum udah saya ganti thunder 125 dah enak n per udah saya tarik..tapi masih mati suri nih...udah terlalu cinta jadi gak tega kalau sakit2an nih si kebo
Anonim mengatakan…
Saya di daerah cikini, saya ingin merapat kesana, sekiranya sore nanti untuk ganti pilot z motor byson, tolong tinggalkan nomor telponnya om. Tks
Unknown mengatakan…
ukuran pilot z byson untuk kenalpot yoshimura??

Tolong masukannya suhu
Unknown mengatakan…
BARES itu di daerah mna bang??
Unknown mengatakan…
Banteng ane 2014 standar, tiap hari jln 100km. Ane pke oli prima xp 1L. Pke aga kental karna jarak jauh.
Cuma klo abis keujanan koplingnya aga berat,
Alhamdulilah blm pernah ganti apa2,service juga gapernah.🤣
Tp msh tokcer. Cuma untuk tarikan 2012 lebih mantap.
Ada rencana si mw service besar. Biar enteng lg.
Unknown mengatakan…
Ban setahun 2, kanvas depan sebulan sekali ganti.

Postingan Populer