UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAKNYOSS..... Part 2
Menyambung artikel sebelumnya UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAKNYOSS..... Part 1... (biasa mumpung ada pinjaman Laptop & modem.. Xixixi "Akhirnya selesai juga proyek yang menelan anggaran Rp.10.000 ini dan Si kebo siap ditest......Buru-buru ngambil kunci kontak, masukan, lalu putar kekanan lalu tekan elektrik stater... Brum brum brum suara knalpot berbunyi, berhubung ingin tau perbedaannya maka gas dibetot sampai Rpm tinggi (kira2 8000-9000 Rpm) lalu lepas... Weeeekkkkkk kok aneh...") langkah serupapun diulang berkali-kali tapi tetap suara aneh trus manghinggapi KEBO kesayanganku, keanehan yang timbul ketika UB melepas handle gas setelah dibetot di Rpm tinggi suara nembak-nembak yang teramat dasyat terdengar dengan sangat jelas. Bingung bercampur pusing menghadapi permasalah ini (posisi motor 100% original),, dari pada BT mending ngaso + bikin kopi "santai dot com". sembari ngopi+ngerokok sambil melihat2 kemungkinan apa penyebab siKEBO eror. setelah lama bersantai ide-ide mulai berdatangan salah satunya kucoba bongkar yang kearah saringan udara yang menempel pada pantat karburator trus hidupkan mesin lalu ku buka-tutup pantat karburator menggunakan tangan dan setitik pencerahan mulai tampak, setiap selasai melepas handle gas pantat karburator buru-buuru kututup dengan tangan dan hasilnya suara nembakpun hilang tapi problemnya jika pantat karburator ditutup terus mesin tidak akan bisa hidup... uhhhh tambah sepaneng akhirnya tinggalin dulu ahh. Esok harinya terpaksa pinjem motor adik cewek si PINKY BEAT.. sembari kepikiran trus cara memperbaiki siKebo yang tergeletak tak berdaya...
Gambar 1. Dari kiri kekanan 1-2-3 |
INTAKE |
Dikantor mencari-cari solusi di mbah google tapi hasil tidak memuaskan lalu kuputuskan telepon adikku yang nan jauh disana "BANKA" yang sudah punya bengkel sendiri dan sudah menggeluti bidang otomotif khususnya motor dari bangku STM. setelah bercerita layaknya dalang dalam mementaskan wayang akhirnya dia berusaha memberi solusi kepada UB. singkat cerita dia bilang permasalahan ada pada perangkat AIS (AIR INDUCTION SYSTEM) yang terletak diujung sebelah kanan bawah tangki si KEBO (gambar 1), disana terdapat 3 selang. Selang 1 menuju ke filter udara, selang ke 2 menuju head silinder (membantu gas buang kenalpot) dan yang ke 3 menuju INTAKE.. Sekilas tentang AIS akan UB kupas pada artikel berikutnya..
Gambar 2 |
Akhirnya setelah bekerja seharian penuh dikantor walau lelah UB sempatkan mampir kebengkel sparepart motor lalu membeli Baut 10 & 12 bisa yg biasa ataupun yang L. sesampainya dirumah istirahat lalu bersantai sejenak dan langsung melakukan apa yang telah adik UB sarankan. langkahnya or solusinya ternyata sangatlah mudah untuk menghilangkan batuk-batuk pada si KEBO yang sudah UB modifikasi itu. langkahnya hanya dengan menutup selang ke 2 dan ke 3 bisa dilihat pada gambar 2, tapi untuk selang yang menuju ke INTAKE UB biarkan apa adanya sedangkan selang yang ke 2 UB masukan kembali ke tempat asalnya lalu di klem lagi biar kuat dan hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini (Gambar 3).
Gambar 3 |
Oke sekarang saran dari adik UB sudah diterapkan pada AIS si KEBO UB, jika sudah terpasang dengan baik dan benar maka kita kelangkah berikutnya.. sekarang saatnya eksekusi untuk mengetahui hasil dari saran tersebut. Start your engine and Goooooooooooo... suara khas knalpot si KEBO yang rada imut menurut saya (tidak ada gahar-gaharnya pisan..).. kali ini UB coba betot sampai handle gas mentok (sekitar 9.500-10.000 Rpm) lalu lepas dan proses ini UB ulang berulang-ulang kali dan pada akhirnya senyuman lepas dengan hati plong menghinggapi UB... MASALAH BATUKpun HILANG tak berbekas, betotan Rpm pun terasa sangat cepat mengikuti tangan UB yang sedang memengang handle gas ya walaupun masih mentok di Rpm 10.000 "biasa CDI nya masih standar jadi mentoknya cuma segitu.. ke esokan harinya dengan rasa penuh percaya diri UB brangkat kekantor sekaligus ngetest perbadaan dengan sebelum modifikasi dan hasilnya wow MAKNYOS tenan, pokeke bedanya terasa banget. ....
...................................................................................................................................................................
INGAT modifikasi ini tidak disarankan karena akan menghilangkan garansi motor dan dampak kedepan belum diketahui.. UB baru memakai hasil modifikasi ini sekitar 2 minggu pulang-pergi kantor dan tidak tampak ada masalah apapun.. tapi mungkin sebelum puasa UB akan touring ke Serang di ikuti lebaran pulang kampung ke PURWOREJO (INTAKE ORI beli dulu Rp.36.000) buat jaga-jaga aja.... apakah mampu modifikasi ini bertahan.... hanya waktu yang akan menjawabnya.... SILAHKAN DIKOMENTARI..
pada artikel berikutnya .. UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAKNYOSS. Part 3... UB mendapat pinjaman CDI BRT POWER-MAX HYPERBAND + 2 kanlpot racing 1 NOB1 yang ke 2 kanalpot rakitan + busi racing DENSO IRIDIUM + 9 POWER dan tentunya berapa banyak sih si KEBO minum bensin dengan keadan standart & dengan prangkat racing setelah intake dipotong.... Seeeeeeeeeeeee Uuuuuuuuuuuuuu
Komentar
oya,perbedaanya kerasa ga bro?
nunggu postingan selanjutnya,klo menarik nyontek ah.....:)
Kebo ane udh gnti knlpot nob1,cdi brt hyperband,dah tu2p slang Ais. .tp dsaat gas dbtot amp rpm 10.000 ampe pntok kok msh ngempos ya. . .apa ne solusinya??
sudah 22nya belum selang AIS ditutup??
karakter karburator Vakum harus rapat, coba cek lg pada jalur intake & karburator..
Nob1 kurang bagus coz yg saya test gas buang masih tertahan ga lepas..untuk betot2an bagus rakitan..
MJ pke standar stria Fu
PJ Pke standar Fizr
Enak dptran bwah,tp atas msh ngempos. .trus busi mlah htam pkat,
Msh pnsaran td gnti
Mj stndar scorpio
PJ standar byson. .busi mrah bta,pda rmp 10.000 raungan msin msh ad tnaga. . .tp gas blm pentok,klo dbetot lgy ngempos kyak bnsin tlat. . .
Mgkin bro dial ad solusi,mhon sranya,
Slammm seruduuuk. . .
Trus kmrn blm ak gnti part. .msh stndar dr pabrik plus stingan dealer. . .mlah tnaga drpm 9000 udah ngempos. . .
Bsk mw cba gnti karbu king. .
Kra2 bang ub ad solusi gak. . .mhon bntuanya. . .mturnuwun.
Td smpet cba trikanya mantap jauh dr stndar kmrn. .td amp gi2 3 sdah 95 kpj itpun blm pntok krna jlanya bkan aspal,cm cor2an. .hahaha
Maklum org desa,wkwk
Bsok msh mw trusin operasi ktiganya. .slam sruduk.
Jka ad msukan,mhon srannya. .
Fb ku
Whyusya roll bysonic
Cuma yg jd kepikiran ma ane saat ini,,stelah intake di potong,karbunya jd goyang pas slow,klo gas di genjot Sich nggak,,
Udah di ganti slang raditor mobil ,tp masih goyang,ane takut gak aman aja,,mohon sarannya mas broo,,thanks B4,
Karbu goyang karena intake sdh jd pendek...
kemarin INTAKE dipotong sendiri apa ke tukang bubut.?? kalau sendiri biasanya pegangan karet intake ga ada (lost grip) antara INTAKE & karetnya.. coba dilihat & teliti kembali daerah tersebut..
Salam aja dech dari saya di padang (desmon) n yang lag mampir di block ini.langsung aja dech.
Saya nyoba masang intake yg udah di potong ama part yg udah di ganti mas bro ;
karbu keihin PE 28,Pj 42,Mj 120, busi NGK iridium, n knalpot free flow DBS.
Itu aja part yg udah di ganti.
Skarang saya naikin lg intake standartnya,coz ngerasa gak aman goyang2 gt karbunya n wkt itu masih batuk2,
Klo intakenya saya potong sendiri.hahhaha,,
Apa solusi terbaiknya mas bro biar gak goyang2 karbunya..??