Sekilas tentang Throttle Position Sensor (TPS) …!!!

Mungkin masih banyak penunggang byson tidak mengerti atau mungkin malah tidak tahu bahwa si kebo sudah dilengkapi dengan TPS... apa sih TPS itu....??? (Tempat Pemungutan Suara atau TemPat Sampah)... uhhh kagak nyambung reeek... yang betul tuh "Throttle Position Sensor" masih kagak ngerti juga.... ya udah kebetulan banyak blog yang membahas tentang TPS... langsung aja ke TKP "Tempat mengKopi dan diPaste" keBLOG ini.

Well,… untuk motor yang masih menggunakan carburator… memang semuanya tampak sederhana …!!! Carburator serba mekanis… semakin throttle dibejek… hisapan makin kenceng… bensin plus udara makin ngucuuur…. !!! Naaagh pengapian dilakukan oleh CDI dengan mendapatkan masukan dari sensor putaran mesin RPM yang dilaporkan dari magneto flywheel …!!! Naagh,… masalahnya keakuratan pengapian agak berkurang… mengingat impact dari bejekan terhadap pengapian setelah ada ‘info’ dari magneto flywheel …!!! Jadi nggak heran… telat pengapian mempengaruhi pengapian sehingga BBM nggak sempurna dibakar… sehingga relatif boroz BBM …!!! Naaagh untuk mengatasi hal itu digunakan throttle position sensor (TPS) …!!! 


TPS merupakan sensor untuk mengukur bukaan throttle yang ditempatkan pada carburator untuk mengukur bukaan valve butterfly …!!! Cara kerjanya sebenernya sederhana saja… seperti potensiometer… lhaaa potentiometer iki opo tho mas 3 … opo sejenis panganan thaaa …??? Potentiometer iku mirip seperti tombol volume kalau di amplifier … ketika diputer ke kanan… volume suaranya khan lebih besar… !!! Lhaaa… mirip seperti itu… dalam artian sebenernya variable resistor.. ingat khan rumus V (voltase) = i (arus) x r (hambatan) …!!! Naaagh bejeknya throttle akan mempengaruhi besarnya output voltase dari TPS tersebut …!!!
Naaagh… keluaran dari TPS tersebut… jika valve tertutup akan mendekati 0 Volts… jika dibuka maksimal akan mengarah mendekati 5 Volts … dan digunakan oleh CDI, sekaligus dengan input dari magneto flywheel menentukan pengapian… !!! Tidak heran motor pabrikan yang menggunakan carburator plus TPS, relatif akselerasinya cukup responsif namun penggunaan bahan bakarnya lebih hemat …!!! 

Komentar

Anonim mengatakan…
Klo TPS ga di pasang ngaruhY ke apa.....?
suale..... sy dh pk karbu CBR
thxz
Unknown mengatakan…
emang di krbu CBR ga TPSnya ya.??
Throttle (buka tutup gas) Position (posisi) Sensor (sensor) jadi jika dilepas maka lampu dispido warna merah akan mnyala & sepertinya tidak berpengaruh sama komponen lain.
yohan mengatakan…
Bos klo mau beli tps dmana
yaa?
Abizar mengatakan…
Kalo ufah ganti karbu rx king sensor tps nya gimana mohon info nya

Postingan Populer