Keluhan Seputar Yamaha Byson Dan Solusinya



Soal tampilan tak banyak dipungkiri Yamaha Byson punya segudang kelebihan. Tampang macho jelas jadi pilihan utama rider yang tak sekadar mencari alat transportasi, tapi juga gaya. Namun segala keunggulan tadi, ternyata tak sedikit pembesutnya mengeluhkan beberapa masalah. Meski tak begitu besar. Berikut hasil investigasinya.


Byson lansiran awal merupakan hasil produksi India. Beda dengan keluaran sekarang yang sudah murni diproduksi di Tanah Air. Walau beda negara pembuat, tapi bukan berarti beda kualitas, lo. Hanya memang ada beberapa problem yang masih bisa diklaim ke dealer.


"Paling awal ada beberapa anak klub yang mengalami patah per kopling, letaknya ngumpet di sisi kiri mesin (Gbr.1). Namun ganti part seharga Rp 20.500, ini juga masih digaransi dealer," terang Hendrianto Prabowo, salah satu pemilik yang doyan ngulik. Penyebab utamanya belum ketahuan, bisa jadi sumber utama per kopling patah akibat pemakaian yang kurang tepat, atau kualitas per yang kurang.
Penyakit lain juga perlu penelusuran lebih lanjut. "Ada pemiliknya yang kurang puas dengan setelan klep. Terlalu longgar yang bikin tarikan kurang bertenaga (Gbr.2)," papar Ari Tristianto, pemilik bengkel Dinamika Motor Sport di Jl. Jatikramat No.53H, Bekasi. Bisa jadi akibat produksi yang melewati angka ribuan, walau untuk mengatasinya kini sudah banyak bengkel yang bisa mengerjakan alias tak perlu ke dealer resmi.

Hasil penelusuran juga mendapatkan rembesan oli yang mengalir dari tutup bak oli (Gbr.3). "Mengatasinya mudah, tinggal ganti O-ring yang harganya di kisaran Rp 2 ribuan," ucap Helmi Wijaya, pemilik Byson lansiran 2010 warna biru. Sumber kebocoran biasanya setelah dipakai perjalanan dalam jangka waktu lama.


Tak hanya rembesan di tutup bak oli yang mudah mengatasinya, pada sokbreker bagian depan juga tak jarang kerap terdapat rembesan oli. "Asalnya dari sil sokbreker depan yang harus diganti di dealer," sambung Hendrik, panggilan akrab Hendrianto yang baru saja lulus kuliah.


 Sekarang giliran rasa berkendara yang terpengaruh. Sumber utamanya per monosok belakang yang dirasa terlalu keras (Gbr.4). Terasa kurang nyaman aja ketika ketemu jalan keriting atau bergelombang.
"Tapi lagi-lagi harganya enggak ketahuan karena bisa langsung ganti di dealer," sambung Hendrik, warga Cililitan, Jaktim. Spesifikasi per keluaran lama dengan yang baru punya perbedaan tingkat kekerasan. Yang jelas per sok keluaran terbaru lebih empuk.

Enaknya, beragam masalah yang ditemui tak membuat pemiliknya kapok ataupun enggak percaya diri. "Tenang karena tinggal bawa ke bengkel resmi, semuanya masih bisa klaim garansi," yakin pria yang doyan turing ini.

Komentar

firman mengatakan…
tadi pagi mw brangkat kerja seperti biasa manasin si kebo dulu,,trus iseng aja narik gas sampai mentok,,tiba2 keluar asap putih, ap itu normal mas??
Dial mengatakan…
Asap putihnya terus2an ga?? tp di usahain kalau manasin si kebo di diamkan +/-3-5 menit biar olie naik dan merata melumasi semuanya setelah itu terserah mau dibetot terus gasnya jg ga apa2. kebo ane dulu waktu masih baru jg seperti itu, tp hanya pagi aja n skarang ma ga lg...
Unknown mengatakan…
Betul kata bro dial tapi jika asapnya keluar terus selama 3 samapai 4 hari mending di cek ke bengkel resmi yamaha coz ditakutkan oli mesin bocor keruang pembakaran yg berakibat oli habis trus jebol kebo sampean...
Firman mengatakan…
oh gtu yah..maaf bget sy baru kenal sama ni motor..hee.. ok deh nanti sy tanya sm beres ny.. thanks udh meluangkan waktuny..
Unknown mengatakan…
misi gan mau numpang nanya klo bison lagi jalan ada suara nga nyaman sperti rante kenceng padahal nga masalah itu knapa ya ?????
Unknown mengatakan…
Bro yuant.. kalau pas berhenti suaranya masih ada tidak??.. coba standar tengah lalu masukin gigi 2 Rpm mesin dinaikin sedikit biar mesin tidak mati, lalu cek daerah gir/ban belakang dimana tempat itu berasal...
Unknown mengatakan…
Maaf gan mau tanya, story dulu ni gan awalnya knalpot keluar asap putih banyak trs ane bawa ke bengkel singkat di gantilah ring piston dan skir klep, tanpa over size, selesai saya pakai ternyata masih ngebul dan oli banyak berkurang ane complain bengkel menjawab karena keborosan karbu, karna ane pakai karbu pe 28, tp ane penasaran, di bongkarlah kembali si kebo dan terlihat banyak kerak di atas head pyston dan klep kita bersihkan niatnya mau oversize tp ruang cylinder masih mulus gak ada goresan jadi kita hanya ganti ring dan skir kembali, setalah di pakai ternyata masih ngebul putih lg gan kira2 penyakitnya apa ya gan..???
Unknown mengatakan…
Maaf gan mau tanya, story dulu ni gan awalnya knalpot keluar asap putih banyak trs ane bawa ke bengkel singkat di gantilah ring piston dan skir klep, tanpa over size, selesai saya pakai ternyata masih ngebul dan oli banyak berkurang ane complain bengkel menjawab karena keborosan karbu, karna ane pakai karbu pe 28, tp ane penasaran, di bongkarlah kembali si kebo dan terlihat banyak kerak di atas head pyston dan klep kita bersihkan niatnya mau oversize tp ruang cylinder masih mulus gak ada goresan jadi kita hanya ganti ring dan skir kembali, setalah di pakai ternyata masih ngebul putih lg gan kira2 penyakitnya apa ya gan..???
evashop mengatakan…
Punten kang agan mo tanya, ga ada api di busi masalahnya apa ya kang agan?
sdh di cek dari spul ada api, CDI & kiprok ga masalah (sdh di cek pake kebo laen)
tararengkyu kang agan
Unknown mengatakan…
mau nnyak bos, motor byson saya punya kendala saat dipakai ngebut dia ada bunyi ngerik di bagian depan, dan saya cobak pakai dongkrak dobel dan saya masukan gigi lalu gas tapi suara itu gak ada. suara itu muncul jika motor dipakai jalan dengan kecepatan di atas 50km, kira2 apanya ya bos yang bermaslah.
Unknown mengatakan…
Byson ane hbis lemer gnti pston msi ngasep mlahan kluar oli dri knalpot .pnybab nya ap mas
Muhammad rudy pratama mengatakan…
Saya mau nanya Kebo saya kalo di gas brebet lalu gak bisa di gas, kalo di gas mati dan keluar asap dari knalpot. Kendalanya itu apa ya?

Postingan Populer