1 Year Anniversary MY BYSON GREY


Tepat hari ini 29 September 2011 satu tahun sikebo menemani saya lalu lalang menembus padatnya lalu lintas Jakarta dan juga sering diajak main kekampung istri diserang banten. Ibarat pengantin…masing-masing sudah sangat tahu kelemahan dan kelebihan yang ada pada pasangannya. 
saya menerima STNK & TNKB sikebo tepat pada tanggal 29 Oktober 2010, kalau motornyanya sih 13 September 2010 . Dalam jangka waktu tersebut sudah 1 kali ganti ban belakang dikarenakan sobek sekitar 2 Cm. Untuk bahan bakar Byson masih lumayan irit belum ada tanda-tanda perubahan komsumsi yakni direntang 1 : 36km itu dikarenakan saya masih pakai premium. Angka diatas hanya sebagai patokan…bakal terjadi penyimpangan jika kita melaju kencang atau santai. Mesin???…tidak ada keluhan sama sekali. Begitu pula suhu. Entah kenapa Byson termasuk adem jika dibandingkan motor lawas saya yang terdahulu. Bisa jadi akibat oli yang saya pakai ( Sheel advance AX-7 kalau dulu sih namanya VSX) trus juga teknologi YRCS (Yamaha Ram Cooling System). Cara sederhana mengatur air flow menuju silinder atas…hasilnya tidak butuh lama engine sikebo cepet dingin….


Yamaha memang menggaris bawahi bahwa Byson merupakan produk yang diperuntukkan buat biker yang mengedepankan desain. Makanya jangan berharap lebih soal top speed ataupun kebringasan mesin. Engine FZ16 lembut, halus minim vibrasi…cocok buat pemakaian turing harian atau jarak jauh. Efeknya tidak ada stres otot atau capek berlebih. Posisi duduk juga santai tidak pegal. Kekuatiran stang baplang menyulitkan manuver ternyata tidak terbukti sama sekali. Apalagi didukung torsi besar 13nm@6000rpm. Dijamin sampeyan nggak perlu sering oper gigi untuk berjalan stop dan go. Suspensi monoshocknya juga terbilang mumpuni. karakter memang agak keras dibanding pabrikan sebelah. Kelemahannya…jadi kurang nyaman melibas jalanan beton. Namun kelebihannya, motor anteng dibuat rebah ekstrim serta nihil ambles walau bonceng bobot berat terbukti dengan bobot raider 76 + pembonceng dibelakan skitar 85 si kebotidak ambles sperti saudaranya scorpio. tetapi dari pengalaman teman-teman yang sudah menggunakan BYSONada beberapa keluhan diantaranya SPEDOMETER ngembun, Suspensi depan sealnya bocor.
Yup…memang tidak ada produk yang sempurna. Khusus untuk Byson, beberapa keluhan masih dalam tahap normal tidak mengkuatirkan. Jadi jika ditanya impresi 11 bulan nunggang Byson, dengan tegas saya dan bloger IWB (pengguna BYSON) akan jawab….cukup puas diluar segala masalah yang disebutkan tadi.

Serang November 2010
He3x numpang narsis ya.. oh ya pengalaman saya selama 1 tahun bersama si kebo sebenarnya masih banyak lg tetapi berhubung waktu sudah jam 7 ya waktunya siap-siap kekantor.... bersambung key di lain waktu saya akan coba tumpahkan pada artikel berikutnya.. oh iya banyak kalimat yang saya copy dari IWB (http://iwanbanaran.wordpress.com) dikarenakan pengalamnanya hampir serupa walau tak sama.

See you....

Komentar

Postingan Populer