Yamaha Byson, Berawal Dari Knalpot

Bagi Dedet Apriansyah, dunia modifikasi mobil lebih dulu digelutinya dibandingkan motor. Karena itu, saat akan modifikasi Yamaha Byson miliknya, efek dan selera modif roda empat tadi sangat kental mempengaruhinya. Itu yang menjadi patokan dalam ubahan keseluruhannya.

Menurut pengakuannya, bagian yang menjadi patokan dalam modifikasi ini bermula dari knalpot. Unik juga nih ceritanya. "Saya sengaja memilih menggunakan knalpot mobil, bahkan dua. Hal ini membuat bagian belakang motor terlihat penuh dan padat," katanya.

Berdasarkan ceritanya, saluran buang berlabelkan HRS ini adalah favoritnya dari dulu. Tapi, itu saat dipakai di mobil. "Terbukti cocok juga di bodi Byson. Tentu saja harus diikuti ubahan lain," tambahnya.

Karena belakang terlihat besar seperti itu, saat membuat bodi kit di bagian depan dia harus bisa mengimbangi sektor belakang. "Kebetulan ada yang jual paket bodi Byson yang seperti ini, bodi kit ini tidak dibuat tapi beli jadi," sebutnya. Alasannya sudah pasti karena membuat wilayah depan harus bisa mengimbangi belakang.


"Ditambah lagi model kondom tangki seperti ini yang benar-benar membuat Byson jadi gambot," ceritanya. Kondom ini terlihat besar karena juga sudah dilengkapi lampu sein di kedua sisinya.

Suspensi depan juga harus dibuat besar. Tidak perlu ganti sok dengan upside down, tapi dia sudah mengcustom menggunakan pipa. Katanya sih, ada dua manfaat dengan jurus ini.

"Pertama akan terlihat kekar karena memang lebih besar. Sedangkan yang kedua bisa dibuatkan dudukan untuk double discnya," tambah warga kawasan Gatsu Timur, Denpasar ini.

Hal lain yang terpengaruh dunia modifikasi roda empat ada pada jok alias alas pantat. Dedet menggunakan jahitan yang tengah mewabah di komunitas mobil Denpasar. "Dibentuk kotak-kotak seperti jok mobil. Hal ini juga yang membuat Byson jadi berkesan lebih mewah," bebernya panjang kali lebar.

Kejeliannya memindahkan virus atau tren mobil ke motor seperti ini, maka bertambah lagi wawasan pemilik Byson yang ingin memodifikasi. Thanks, Bro!


Merah Doff Bikin Unik

Eksperimen berikutnya coba dilakukan dedet dalam pemilihan warna. "Saya yakin di Bali baru warna motor saya yang seperti ini," katanya bangga.

Pria yang punya usaha di bidang plastik untuk wilayah Bali dan Lombok ini menggunakan merah doff. "Biasanya orang tergoda pakai kelir warna mengilap, tapi nekat pilih seperti ini supaya beda," ujarnya.

Membuat warna seperti ini tidaklah sulit. Pertama tetap menggunakan cat metalik. "Pilihan saya adalah merah Ferrari," ungkapnya.

Setelah itu baru dalam pemilihan pernis pakai pernis doff. "Penggunaan warna doff juga akan menimbulkan kesan kokoh dan gagah. Kalau metalik lebih terkesan centil," kilahnya.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : IRC 120/60-17
Ban belakang: Swallow 150/60-17
Kaliper: KTC
Tangki: Kondom
Bodi kit: Custom fiber

Komentar

Postingan Populer