Pake Busi Iridium,… memaaang bedaaa …!!!
Well,…. setelah mengganti busi standard dengan busi Iridium… makiiin manteeep aza… !!! Tarikannya makin smooth aza… akselerasi lebih cepeeet naiknya… !!! So,… mari kita bahas sedikit tentang busi iridium …!!! Busi Iridium itu dibuat dengan dengan bantuan laser… coz bahan iridium itu sangat keras… !!! Daya tahan terhadap panas memang paling tinggi dibandingkan bahan lain… !!! Titik leleh iridium sekitar 2454 derajat celcius,… bandingkan dengan platinum1769 derajat Celcius, … Nickel 1453 derajat celcius, emas 1063 derajat celcius. So,… busi iridium bisa tahan sampai 45 rebu km… baru mengalami penggantian …!!!
Apalagi jika partz bikez kita telah mengalami penggantian seperti penggunaan CDI racing, koil racing, air filter racing… maka busi iridium seolah menjadi menu wajib… buat yang hobby modifikasi performance …!!! Dari berbagai penelitian,.. terlihat power akan
meningkat sekitar 0.5HP jika menggunakan busi iridium …!!! Memang terlihat banget akselerasi begitu smooth… ketika gw dibejek pada RPM tinggi… dimana jika menggunakan busi standard seolah ada sedikit jeda… sedangkan pada busi iridium… tidak mengalami hal itu …!!!
Mengingat pembakaran semakin sempurna dengan menggunakan busi iridium,… maka konsumsi bahan bakar pun relatif lebih irit… coz nggak ada yang terbuang akibat pembakaran ndak sempurna …!!! Dalam posisi idle,.. juga performance busi iridium juga lebih smooth… coz busi iridium hanya butuh voltage lebih rendah dibandingkan busi biasa… !!! Lha teruz,… dengan segala kelebihannya kira-kira berapa busi iridium ini dibanderol …???
Yaaagh,… setahu gw… busi ini dibanderol sekitar Rp. 90 rebuan… Mungkin relatif lebih mahal… !!! But anyway,… yaagh ada harga ada rupaaa… yaagh mungkin wajar aza dibanderol segitu… iya ndaaak…. ???
Appendix :
- Perbedaan busi standard vs busi iridium
- Type Busi Iridium Denso
Merk Motor | Denso Standard | Iridium Power |
Bajaj Pulsar DTSi 150/180/200 | U27ESR-N | IU27 |
Honda CS1 | U24ESR-N | IU24 |
HondaCBR 150 | U24ESR-N | IU24 |
Honda NSR 150 | W24ES-U | IW24 |
Honda Tiger | X24EP-U9 | IX24B |
Honda Megapro | X24EP-U9 | IX24B |
Honda Supra X125 / PGMFi | U20EPR-9 | IU20 |
Honda Beat | U24EPR9 | IU24 |
Honda Vario | U22FER-9 | IUH24 |
Kawasaki Ninja 150RR | W27ES-U | IW27 |
Kawasaki Ninja 250R | U24ESR-N | IU24 |
Kawasaki ZX 130 / Athlete | U20FS-U | IUF22 |
Suzuki FU-150 | U24ESR-N | IU24 |
Suzuki Skywave | U20FSR-U | IUF22 |
Suzuki Shogun / Arashi | U20FS-U | IUF22 |
Suzuki Thunder 250 | X24ES-U | IX24 |
TVS Apache | U22ESR-N | IU22 |
Yamaha Vixion | U24ESR-N | IU24 |
Yamaha Vega / Jup Z | U22FS-U | IUF22 |
Yamaha Jup MX | U24EPR9 | IU24 |
Yamaha Mio | U22FSR-U | IUF22 |
Yamaha Scorpio | X24ES-U | IX24 |
Komentar
DENSO IRIDIUM U20EPR9
NGK IRIDIUM CPR6EA9
link : http://img243.imageshack.us/img243/5872/kodebusi2.jpg
Dipkai ke vixi,ga ada perubahan apa2,sma sperti pkai busi yg standar jga..