Lubang Filter Udara Ketutup . . . Byson Pun Tak Bertenaga

Bro Sekalian, Ahir pekan Yang Lalu saya mendapat Surel dari Bro Haryanto Yang mempertanyakan Yamaha Bysonnya yang tidak bisa digeber sampai rpm diatas 3.000 . . . Padahal ini motor Baru Lho, Nah Langsung Deh saya Keingetan Kasusnya Bro Iwan Banaran Blogger sang pengguna Byson Yang kayaknya pernah mengalami Kejadian serupa. Sebenarnya ini Motor Baru, dan Saya sudah akan menganjurkan agar Bro Haryanto untuk membawanya kembali ke Bengkel Resmi Yamaha. Namun sebagai Sebagai Pertolongan Pertama Pada Kemogokan saya minta beliau cek dulu aja keadaaan Intake Filter Udara yang letaknya di Bawah Jok . . . Berikut Naskah Percakapan saya dengan Bro haryanto :
Bro Haryanto Via SuRel :
Malam Om taufik , gua mau tanya donk, ga tau ini kendala normal atau tidak , gua kan baru turun motor Yamaha Byson , jadi gua pergi isi pertamax ga banyak seh 3 liter-an , Nah kenapa pas saya nge-Gas Motor ane sampai Rpm 5000 tenaga langsung hilang and Gasnya ga bisa lewat 5000 Rpm dan kalo dipaksakan cendrung motornya mati. Soalnya gua ga dapat manual book yamaha. And saya juga awam soal motor. Mohon pencerahannya ya om taufik..
Saya Jawab begini :
Bisa jadi Setingan karburator atau di filter udara bro. Untuk filter udara coba cek fikter udara di bawah jok ada yang nutupin kayak lap atau plastik atau apa pun, udara harus bebas disana gak boleh ada yang nutupin :)
Kalo ok baru lari ke karbu, kalo yang ini mending bawa ke bengkel yamaha karena tentu masih garansi
Selang beberapa puluh menit Lalu Bro Har Menjawab
Thanks om taufik atas informasinya , saya coba langkah pertama dimana saya cek dibawah jok itu ada yg nutupin Benda ga , ternyata memang ada semacam Plastik trs saya angkat dan saya coba kembali ngeGas motor bisa mencapai Rpm 7000.. Thanks ya om :)

 Naturally, Ketika kita betot gas semakin kenceng, maka asupan udara ke filter udara juga akan semakin bertambah . . . dan Bila Lubang Intake Udara di Filter tersebut terhambat, maka Udara Akan Terhambat Pula sehingga rasio Udara-BBM, akan Kaya BBM (walau menggunakan bensin kismin ;) ) . . . So Lesson Learn ya adalah, Apapun motor yang kita gunakan, kita harus mengetahui dimana letak intake Filter udara Motor kita dan Usahakan Jangan ada Yang menghalangi Masuknya Udara di Lubang tersebut . . . demikianlah semoga bermanfaan
SUMBER

Komentar

Unknown mengatakan…
bro kmrin filter gua kemasukan air kemudian setelah di cek" karna rpmnya turun cuma 2000an ini parah banget ternyata repairkitnya di lem sm owner sebelumnya akhirnya suplai udaranya kurang dan gabisa buat banyak dan sementara filter dilepas agar normal lagi tarikannya nah kondisi tanpa filter ini kira2 sampai berapa lama? karna khawatir tbtb makai karbunya rusak
trimaksih bro.

Postingan Populer