YAMAHA BYSON VS YAMAHA FZ16, FZS. SERUPA TAPI TAK SAMA...
Pada saat awal soft launcingnya Yamaha BYSON yang diawali dengan program Indent Online saat itu baru diadakan di Jakarta dan Medan. Untuk Jakarta diadakan selama periode 13 ? 19 Agustus 2010 sedangkan untuk daerah Medan diadakan selama periode 16 Agustus ? 20 September 2010. Adapun proses Indent Online ini dilakukan secara terintegrasi di seluruh channel online Yamaha mulai dari www.yamaha-motor.co.id, www.yamaholigan.com dan facebook Yamaha Moto Indonesia.
Kehadiran Byson di Indonesia kembali membuktikan bahwa Yamaha konsiten pada kebutuhan masyarakat terhadap roda dua. Kini Byson dengan teknologi SOHC dan ditambah kekuatan 153cc menjadi alternatif utama bagi lelaki yang menyukai touring ataupun membutuhkan kendaraan untuk perjalanan jauh. Itu semua karena Byson diciptakan dengan kemampuan terbaik yang sesuai bagi bikers di Indonesia.
Setelah penantian yang cukup panjang dan desas desus yang menyatakan tidak jadinya BYSON keluar di INDONESIA sekarang akhirnya para biker bisa bernafas lega dengan kehadiran byson, ya walaupun sudah terlebih dahulu kompetitornya mengeluarkan produk sekelas dengan mengusung slogan yang hampir sama yaitu REAL STREET FIGHTER tapi para pecinta yamaha tetap setia dengan menunggu LORD OF THE STREET (BYSON) terbukti dengan launching indent Online saja yang memesan sudah membludak.
Pada awal BYSON keluar banyak para BLOGER yang meriview langsung kedua motor tersebut dan menyimpulkan bahwa NMP akselerasinya sedikit lebih baik ketimbang BYSON walaupun diatas kertas seharusnya BYSON bisa mengungguli NMP. Akhir banyak para bloger menganalisa apa penyebab yYmaha BYSON kalah dalam hal akselerasi.. dan mereka rata-rata sepakat ada 2 faktor yang mempengaruhi performa Yamaha BYSON, 1. Knalpot dituding penyebab utama lemotnya si kebo lalu yang ke 2 Pelek dan ukuran ban BYSON jauh lebih besar ketimbang NMP. Saya yakin jika ke 2 komponen itu diganti dengan yang sama pasti BYSON dapat mengungguli NMP..
Sudah cukup saya meriview/flash back tentang Yamaha BYSON, sekarang yang saya mau angkat kenapa Yamaha FZ16 (India) performanya lebih baik dari BYSON..????
Sesuai dengan judul artikel diatas yaitu
YAMAHA BYSON VS YAMAHA FZ16.. SERUPA TAPI TAK SAMA..
Pasti banyak para agan-agan yang bertanya dengan judul tersebut.... Kenapa bisa begitu???.... Bukanya BYSON Klonan dari FZ16???... oke sekarang kita coba lihat telaah kenyataan yang ada ..Standar Yamaha Indonesia dan india berbeda, Standar Indonesia Lebih Tinggi ketimbang India makanya Yamaha Indonesia melakukan riset yang cukup lama sebelum meluncurkan produk BYSON perbedaannya hampir 2 tahun, kalau di india FZ16 2008 sudah keluar sedangkan di Indonesia baru setelah lebaran 2010 baru meluncur, kalau di India 2010 sudah melakukan Upgrade FZ16 ke FZS dan yang terakhir FAZER. nah kalau dilihat dari kenyataan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa di India pada 2010 sudah memperbaiki beberapa sektor kalau di Indonesia masih sibuk ngurusin produksi untuk memenuhi permintaan konsumen akan BYSON jadi secara orang awampun bisa menyimpulkan FZ16 lebih baik dari segi performa...
Yuk kita lihat data yang ada dari kedua Produk Yamaha tersebut..
YAMAHA BYSON VS YAMAHA FZ16
SPEC | BYSON | FZ16 |
Tipe Mesin: | 4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara | Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve |
Volume Silinder: | 153 cm3 | 153.0cc |
Diameter x Langkah: | 58.0 x 57.9 mm | 58.0 × 57.9mm |
Perbandingan Kompresi: | 9.50 : 1 | 9.5:1 |
Daya Maksimum: | 13,73 PS / 7.500 rpm | 14PS / 7500 rpm |
Torsi Maksimum: | 13,6 Nm / 6.000 rpm | 14 N.m / 6000 rpm |
Sistem Starter: | Electric Starter dan Kick Starter | Electric start/Kick start (optional) |
Sistem Pengapian: | DC C.D.I | C.D.I. with 3 dimension digital |
Jarak Sumbu Roda: | 1.334 mm | 1,335mm |
Ban Belakang | Tubeless 120/70-17M/C 58P | 140/60-R17 Tubeless |
P x L x T: | 2.075mm x 780mm x 1.045mm | 1,970mm × 770mm × 1,045mm |
Berat Isi: | 137 kg | 135 kg |
Dari data diatas terlihat bahwa dari segi Performa (Daya dan Torsi Maksimum) terlihat bahwa FZ16 lebih baik dari BYSON, Lalu dari segi tampang FZ16 pun lebih gagah walaupun hampir tidak terlihat perbedaanya yaitu lebar ban belakang FZ16 lebih lebar dari BYSON, dan mungkin banyak lagi perbedaan jika langsung ditest secara bersamaan...
Jika ada artikel atau kalimat saya yang kurang layak mohon kritik dan saran agan-agan semua.
SUMBER
http://www.yamaha-motor.co.id/byson/specification
http://www.yamaha-motor-india.com/product/fz16/specs.html
Komentar
di india FZ dipasarkan Rupee 80.000 atau sekitar 15juta an sementara Byson 20jt.. wah yamaha gak konsisten memberikan yg terbaik nehh buat konsumennya di indonesia :(
makasih bwt pencerahannya yak!!