Cara Mudah Menambal Ban Tubeless
Minggu, September 15, 2013 | Author: Sabudhi Alviannur
Banyak penunggang sepeda motor berpendapat kalau menambal ban tubles itu susah + Tukang tabal juga susah ditemukan + tidak semua orang bisa.. Kalau di daerah terpencil + kondisi malam hari  itu baru susah, tapi kalau dikota besar banyak kok BroSis.. tidak usah kuatir. tapi setelah pertama UB mengalami pengalaman ban tubles bocor & pernah juga sampai sobek "2010", UB pribadi dibikin geleng2 melihat cara tukang tambal ban tubles menambalnya, gimana UB tidak geleng2 wong cuma bocor halus eh malah diperlakukan yang aneh menurut UB saat itu. ditusuk-tusuk, lubangnya dibesarin dulu tujuannya untuk memasukan karet khusus buat menambal kebocoran.

Ilustrasi

Memang waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat ketimbang ban biasa, tapi tetap UB tidak suka cara menambalnya. Sejak ban belakang KEBO UB terpaksa pensiun paksa (sobek sekitar 2-3cm) dan menganti dengan ban baru UB coba cari2 dimbah google tentang cara menambal ban tubles dan ternyata banyak artikel cara menambal ban tubles dengan menggunakan lem serba guna atau power/super glue. hari,bulan dan tahun terus berlalu dan akhirnya minggu kemarin tepatnya hari Minggu kesempatan UB untuk praktik datang juga..

Posisi Ban tertusuk paku
Berawal pas UB berhenti dilampu merah daerah rawamangun, tiba-tiba ada pengendara motor menghampiri yang tadinya berhenti dibelakang UB, dia lalu berkata "mas ban belakangnya ada paku". Bingung dan + tidak percaya UB coba untuk mengenjot-genjot ban belakang tapi UB tidak melihat dan merasakan ban belakang UB kempis lalu UB ucapkan trima kasih kepada pengendara motor tadi.. berhubung masih lampu merah UB belum bisa cek ban belakang tersebut, UB coba paksa dan sesekali melihat, mengenjot-genjot ban belakang. sesampainya dirumah UB lihat keadaan ban tersebut dan ternyata memang benar adanya bahwa ada paku yang lumayan besar, tapi anehnya gejala ban kempis tidak terjadi.

Mencabut paku dengan perlahan-lahan

UB biarkan kondisi paku masih tertancap di ban. esok pagi UB lihat dan cek kondisi ban sudah dalam keadaan kempis (tersisa +/- 20%). Waktunya praktik..
1. Pertama-tama cabut paku dengan perlahan-lahan dan jangan digoyang-goyang tangnya.
2. Setelah paku berhasil mencabut paku lalu teteskan lem serba guna sekitar 2-3 tetes.
3. Kempiskan ban melalui pentil ban sembari meneteskan 1-2 tetes lem serbaguna.
4. Tunggu sekitar 5-10 menit lalu isi  dengan angin sesuai ketentuan ban tersebut.
5. Ban siap digunakan kembali.

Tepat seminggu sudah berlalu ban belakang UB yang bocor sudah kembali normal kembali tanpa ada bekas tambalan, bandingkan dengan hasil jika kita nambal di tukang tambal ban dijamin bekas tambalan mudah terlihat..

Kesimpulan..
1. Ban tubles tidak langsung kempis disaat terkena ranjau paku.
2. Biaya tambal sangat murah (1 botol kecil Power Glue +/- Rp.1500) bisa buat nambal berkali-kali.
3. Ban tidak menjadi benjol or geal-geol, (mulus tanpa Cacat yang tampak).

Semoga berguna dan bermanfaat.. BroSis ada yang mengalami hal yang serupa dengan UB..??
This entry was posted on Minggu, September 15, 2013 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

11 comments:

On 26 September 2013 22.04 , Anonim mengatakan...

tips yg sangat berguna.. kmrn byson kena paku jg dan ditambal spt gbr di atas,kelihatan banget bekas tambalannya.. (td sore cek ban, ad 2 paku halus, blm berani cabut. kebetulan ad artikel ini, waktunya praktekin jg haha)

bro, ttg stlh paku dicabut dan ditetes 2-3 tetes power glue, trus ban dikempesin lg y buat netes 1-2 tetes lg? apakah dikempesin habis atau ngmn y? repot klo hrs dikempesin habis, mesti dorong kebo buat isi angin :D tq

 
On 29 September 2013 12.06 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Tujuan angin dikurangin agar lem bisa terhisap kedalam ban jadi tidak perlu sampai habis (secukupnya saja). kalau UB memang sudah tinggal +/- 20% anginnya..

 
On 23 November 2013 22.20 , Rizki KURNIAWAN HADI mengatakan...

wah nice info nih gan soalnya kalo nambel di tukang tambel ban tubles yg pake karet cacing jadi jelek bannya


http://ikyrizki.student.ipb.ac.id/

 
On 25 Desember 2013 10.22 , Anonim mengatakan...

Wah aman ga nih?soalnya kalo ada masalah sewaktu waktu d jalsn,nyawa taruhannya...

 
On 13 Januari 2014 11.48 , Aril mengatakan...

Bannya pake merk&ukrn apa om kok kayaknya ga pke irc lagi hehe

 
On 15 Januari 2014 23.57 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

UB sudah 3 bulan berjalan tidak menemukan kendala dari hasil tambal menggunakan lem powerglue, so simpulkan sendiri aman atau tidaknya ya..
@ bro ariel.. UB sudah ganti menggunakan ban MICHELIN PILOT SPORTY 130/70-17

 
On 23 Juni 2014 22.29 , awen wijaya mengatakan...

beli dimana gan lem power gluenya? mohon pencerahan gan

 
On 5 Maret 2015 14.14 , Sam Takdare mengatakan...

kalau banx sobek krn pipa besi ap bs pakai lem soalx ukuran sobekx smpai 3cm broo

 
On 6 September 2015 08.59 , Saiful Fauzi mengatakan...

beli di warteg sebelah gan..

 
On 6 September 2015 08.59 , Saiful Fauzi mengatakan...

beli di warteg sebelah gan..

 
On 4 April 2016 10.37 , Anonim mengatakan...

bisa dicoba ini ilmunya, thanks gan :)