UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAKNYOSS..... Part 2
Senin, Juni 18, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Menyambung artikel sebelumnya UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAKNYOSS..... Part 1... (biasa mumpung ada pinjaman Laptop & modem.. Xixixi  "Akhirnya selesai juga proyek yang menelan anggaran Rp.10.000 ini dan Si kebo siap ditest......Buru-buru ngambil kunci kontak, masukan, lalu putar kekanan lalu tekan elektrik stater... Brum brum brum suara knalpot berbunyi, berhubung ingin tau perbedaannya maka gas dibetot sampai Rpm tinggi (kira2 8000-9000 Rpm) lalu lepas... Weeeekkkkkk kok aneh...")  langkah serupapun diulang berkali-kali tapi tetap suara aneh trus manghinggapi KEBO kesayanganku, keanehan yang timbul ketika UB melepas handle gas setelah dibetot di Rpm tinggi suara nembak-nembak yang teramat dasyat terdengar dengan sangat jelas. Bingung bercampur pusing menghadapi permasalah ini (posisi motor 100% original),, dari pada BT mending ngaso + bikin kopi "santai dot com". sembari ngopi+ngerokok sambil melihat2 kemungkinan apa penyebab siKEBO eror. setelah lama bersantai ide-ide mulai berdatangan salah satunya kucoba bongkar yang kearah saringan udara yang menempel pada pantat karburator trus hidupkan mesin lalu ku buka-tutup pantat karburator menggunakan tangan dan setitik pencerahan mulai tampak, setiap selasai melepas handle gas pantat karburator buru-buuru kututup dengan tangan dan hasilnya suara nembakpun hilang tapi problemnya jika pantat karburator ditutup terus mesin tidak akan bisa hidup... uhhhh tambah sepaneng akhirnya tinggalin dulu ahh. Esok harinya terpaksa pinjem motor adik cewek si PINKY BEAT.. sembari kepikiran trus cara memperbaiki siKebo yang tergeletak tak berdaya...

Gambar 1. Dari kiri kekanan 1-2-3
INTAKE
Dikantor mencari-cari solusi di mbah google tapi hasil tidak memuaskan lalu kuputuskan telepon adikku yang nan jauh disana "BANKA" yang sudah punya bengkel sendiri dan sudah menggeluti bidang otomotif khususnya motor dari bangku STM. setelah bercerita layaknya dalang dalam mementaskan wayang akhirnya dia berusaha memberi solusi kepada UB. singkat cerita dia bilang permasalahan ada pada perangkat AIS (AIR INDUCTION SYSTEM) yang terletak diujung sebelah kanan bawah tangki si KEBO (gambar 1), disana terdapat 3 selang. Selang 1 menuju ke filter udara, selang ke 2 menuju head silinder (membantu gas buang kenalpot) dan yang ke 3 menuju INTAKE.. Sekilas tentang AIS akan UB kupas pada artikel berikutnya..

Gambar 2
Akhirnya setelah bekerja seharian penuh dikantor walau lelah UB sempatkan mampir kebengkel sparepart motor lalu membeli Baut 10 & 12 bisa yg biasa ataupun yang L. sesampainya dirumah istirahat lalu bersantai sejenak dan langsung melakukan apa yang telah adik UB sarankan. langkahnya or solusinya ternyata sangatlah mudah untuk menghilangkan batuk-batuk pada si KEBO yang sudah UB modifikasi itu. langkahnya hanya dengan menutup selang ke 2 dan ke 3 bisa dilihat pada gambar 2, tapi untuk selang yang menuju ke INTAKE UB biarkan apa adanya sedangkan selang yang ke 2 UB masukan kembali ke tempat asalnya lalu di klem lagi biar kuat dan hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini (Gambar 3).

Gambar 3
Oke sekarang saran dari adik UB sudah diterapkan pada AIS si KEBO UB, jika sudah terpasang dengan baik dan benar maka kita kelangkah berikutnya.. sekarang saatnya eksekusi untuk mengetahui hasil dari saran tersebut. Start your engine and Goooooooooooo... suara khas knalpot si KEBO yang rada imut menurut saya (tidak ada gahar-gaharnya pisan..).. kali ini UB coba betot sampai handle gas mentok (sekitar 9.500-10.000 Rpm) lalu lepas dan proses ini UB ulang berulang-ulang kali dan pada akhirnya senyuman lepas dengan hati plong menghinggapi UB... MASALAH BATUKpun HILANG tak berbekas, betotan Rpm pun terasa sangat cepat mengikuti tangan UB yang sedang memengang handle gas ya walaupun masih mentok di Rpm 10.000 "biasa CDI nya masih standar jadi mentoknya cuma segitu.. ke esokan harinya dengan rasa penuh percaya diri UB brangkat kekantor sekaligus ngetest perbadaan dengan sebelum modifikasi dan hasilnya wow MAKNYOS tenan, pokeke bedanya terasa banget. .... 

...................................................................................................................................................................
INGAT modifikasi ini tidak disarankan karena akan menghilangkan garansi motor dan dampak kedepan belum diketahui.. UB baru memakai hasil modifikasi ini sekitar 2 minggu pulang-pergi kantor dan tidak tampak ada masalah apapun.. tapi mungkin sebelum puasa UB akan touring ke Serang di ikuti lebaran pulang kampung ke PURWOREJO (INTAKE ORI beli dulu Rp.36.000) buat jaga-jaga aja.... apakah mampu modifikasi ini bertahan.... hanya waktu yang akan menjawabnya.... SILAHKAN DIKOMENTARI..


pada artikel berikutnya .. UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAKNYOSS. Part 3... UB mendapat pinjaman CDI BRT POWER-MAX HYPERBAND + 2 kanlpot racing 1 NOB1 yang ke 2 kanalpot rakitan + busi racing DENSO IRIDIUM + 9 POWER dan tentunya berapa banyak sih si KEBO minum bensin dengan keadan standart & dengan prangkat racing setelah intake dipotong.... Seeeeeeeeeeeee Uuuuuuuuuuuuuu
This entry was posted on Senin, Juni 18, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

21 comments:

On 21 Juni 2012 03.18 , c33b mengatakan...

mantap bro....tapi mesin apa ga nyeples2 klo digas mendadak dikit?punyaku dah ditutup AISnya tp ya ky gitu,kadang waktu mo putar balik,buka gas dikit mesin malah nyeples trus mati.
oya,perbedaanya kerasa ga bro?

 
On 22 Juni 2012 11.49 , dial mengatakan...

AISnya udh ditutup, tapi intakenya udah dipotong belum seperti yg blog ini posting??? coz kemarin sy udh ikut mempraktekannya tp klw sy INTAKE yg beli yg sy potong. lumayan terasa perbedaannya...

 
On 23 Juni 2012 22.50 , c33b mengatakan...

belum bro,dulu disaranin ma mekanik temenku,akhirnya yg dibagian kop silinder ditutup plat,yg lain dibiarin.hasilnya ky yg diatas tp tenaga dikit nambah.trus sekarang filter udara dilepas pake filter racing,selang dr AIS ditutup,yg di mesin plat dilepas masih nyeples2 tp mesin ga sampe mati.
nunggu postingan selanjutnya,klo menarik nyontek ah.....:)

 
On 24 Juni 2012 17.32 , Dial mengatakan...

dari artikel ini sih logikanya mudah.... akselerasi bertambah coz bensin lebih cepat masuk keruang pembakaran krena INTAKEnya dipotong.. tp sepertinya rada boros bensinya sekarang, belum ngukur sih...

 
On 7 Juli 2012 20.11 , Anonim mengatakan...

Saya coba tutup slang AIS dari kop silindernya saja,sedang yg dari intakenya saya biarkan saja spt semula,hasilnya mantep juga gak nembak2 lagi kebo saya.

 
On 8 Juli 2012 18.35 , wahyu rusyadi mengatakan...

Ass.bang UB. . .mw tny kie,
Kebo ane udh gnti knlpot nob1,cdi brt hyperband,dah tu2p slang Ais. .tp dsaat gas dbtot amp rpm 10.000 ampe pntok kok msh ngempos ya. . .apa ne solusinya??

 
On 8 Juli 2012 20.05 , Dial Alvian mengatakan...

Bro Wahyu Rusyadi.. Pilot jet & main Jet udh diganti blm?? Coz pada artikel Bro UB part 3 jg ngedrop tenaga di RPM 9000...

 
On 8 Juli 2012 20.12 , All Via Nurse mengatakan...

Mas Wahyu...
sudah 22nya belum selang AIS ditutup??
karakter karburator Vakum harus rapat, coba cek lg pada jalur intake & karburator..
Nob1 kurang bagus coz yg saya test gas buang masih tertahan ga lepas..untuk betot2an bagus rakitan..

 
On 9 Juli 2012 18.18 , wahyu rusyadi mengatakan...

Brow dial,udah ak gnti bro,
MJ pke standar stria Fu
PJ Pke standar Fizr
Enak dptran bwah,tp atas msh ngempos. .trus busi mlah htam pkat,
Msh pnsaran td gnti
Mj stndar scorpio
PJ standar byson. .busi mrah bta,pda rmp 10.000 raungan msin msh ad tnaga. . .tp gas blm pentok,klo dbetot lgy ngempos kyak bnsin tlat. . .
Mgkin bro dial ad solusi,mhon sranya,
Slammm seruduuuk. . .

 
On 9 Juli 2012 18.35 , wahyu rusyadi mengatakan...

Udah bang,2.2nya mlah ak klem tp gk tw klo msh bcor. . .tp slangnya enggak ak pndekin,msh pnjang gtu.
Trus kmrn blm ak gnti part. .msh stndar dr pabrik plus stingan dealer. . .mlah tnaga drpm 9000 udah ngempos. . .
Bsk mw cba gnti karbu king. .
Kra2 bang ub ad solusi gak. . .mhon bntuanya. . .mturnuwun.

 
On 9 Juli 2012 22.18 , wahyu rusyadi mengatakan...

Eh bang Ub,ap pngaruh saringan filter ak lepas ya. .coz dlu msh pke sringan filter gas pntok gk ngempos cm brebet krna lmiter cdi ori. . .krna ak lpas biar trikannya agk enteng. . .ap kelebihan stok udara ya??

 
On 10 Juli 2012 18.18 , wahyu rusyadi mengatakan...

Mlam agan2. . .cm infrmasi aj. . .td operasi ktiga kebo ane brjlan trnyta dgnti karbu king,mantapp gan. . .gas ampe pentok pun gk ad ngemposnya. .tggl setting Mj ma Pj dkecilin . .dr wrna bsinya msh bros.
Td smpet cba trikanya mantap jauh dr stndar kmrn. .td amp gi2 3 sdah 95 kpj itpun blm pntok krna jlanya bkan aspal,cm cor2an. .hahaha
Maklum org desa,wkwk
Bsok msh mw trusin operasi ktiganya. .slam sruduk.
Jka ad msukan,mhon srannya. .

 
On 10 Juli 2012 21.55 , All Via Nurse mengatakan...

Maaf mas wahyu melkukan operasi ini sendiri apa ada unsur teman or bengkel ??... btw FBnya apa ya???

 
On 10 Juli 2012 22.02 , wahyu rusyadi mengatakan...

Jauh dr bngkel bang,jd ya operasi sndri. . .hehe
Fb ku
Whyusya roll bysonic

 
On 25 November 2012 01.52 , Anonim mengatakan...

Thanks mas bro,,artikelnya membatu bgt,bsa di coba ni,udah lama ane nyari solusi ngilangin batuk2 ma si kebo,,tp masih lom ktemu,mudah2an dengan petunjuk yg ada d artikel ni bsa slesai masalah,,
Cuma yg jd kepikiran ma ane saat ini,,stelah intake di potong,karbunya jd goyang pas slow,klo gas di genjot Sich nggak,,
Udah di ganti slang raditor mobil ,tp masih goyang,ane takut gak aman aja,,mohon sarannya mas broo,,thanks B4,

 
On 25 November 2012 13.34 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Keadaan standar batuk apa sdh ada part yg diganti???

Karbu goyang karena intake sdh jd pendek...
kemarin INTAKE dipotong sendiri apa ke tukang bubut.?? kalau sendiri biasanya pegangan karet intake ga ada (lost grip) antara INTAKE & karetnya.. coba dilihat & teliti kembali daerah tersebut..

 
On 30 November 2012 01.40 , Anonim mengatakan...

Makasih mas bro buat tanggapannya,:D
Salam aja dech dari saya di padang (desmon) n yang lag mampir di block ini.langsung aja dech.
Saya nyoba masang intake yg udah di potong ama part yg udah di ganti mas bro ;
karbu keihin PE 28,Pj 42,Mj 120, busi NGK iridium, n knalpot free flow DBS.
Itu aja part yg udah di ganti.
Skarang saya naikin lg intake standartnya,coz ngerasa gak aman goyang2 gt karbunya n wkt itu masih batuk2,
Klo intakenya saya potong sendiri.hahhaha,,
Apa solusi terbaiknya mas bro biar gak goyang2 karbunya..??

 
On 2 Desember 2012 00.44 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

... Intake yang sdh dipotong (sendiri) dibikin alur seperti intake aslinya yg bertujuan agar karet intake bisa merekat kuat, coz sy yakin intake yg anda potong pasti polos ga ada alur gripnya, trus jgn lupa baut L terdapat O Ring... O Ringnya dilepas agar lebih kencang.. oh ya karet joint karbu jgn pake selang radiator.. pakai yg aslinya saja.. semoga dpt dimengarti penjelasan sy...

 
On 8 Februari 2014 01.09 , baihaqi haqi mengatakan...

Ketemu jg obat batuk bysonya mpe merem melek liatin hp ngoprek info dpt jg....btw daerah jaktim area cimanggis ada yg tau bengkel rekomendasi yg bgs ?? Salam kenal kebo putih cimanggis..

 
On 15 Desember 2015 21.23 , rayhan sugiono mengatakan...

Byson saya ganti karbu PE26 (KW) dg harga 135rb merk N*g*ya, alhamdulillah cm ganti karbu aja tarikan responsif atas n bawah, rpm tinggi kg ndak batuk. Smw dalam kondisi Ori cm ganti karbu saja...., test Drive bisa tembus 130 kpj bs melibas NVL....wkwkwkwk

 
On 15 Desember 2015 21.39 , rayhan sugiono mengatakan...

Byson saya ganti karbu PE26 (KW) dg harga 135rb merk N*g*ya, alhamdulillah cm ganti karbu aja tarikan responsif atas n bawah, rpm tinggi kg ndak batuk. Smw dalam kondisi Ori cm ganti karbu saja...., test Drive bisa tembus 130 kpj bs melibas NVL....wkwkwkwk