TIPS MERAWAT KARBURATOR SI KEBO...
Selasa, Mei 29, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Karburator dapat diartikan sebuah jantung bagi sepeda motor BroSis. Karena, tanpa piranti penyuplai bahan bakar ini, mesin motor tak akan berfungsi. Untuk itulah perlu adanya perhatian khusus terhadap part ini. Adanya kendala yang menghambat aliran bahan bakar pada karburator, dapat membawa masalah pada tunggangan kesayangan BroSis. Perawatan maupun setting karburator bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, karena adanya bagian- bagian penting yang ada di dalam karburator ini, apabila BroSis masih kurang yakin untuk mencobanya sendiri, lebih baik menyerahkan kepada yang ahli. Karburator Standar BYSON berjenis vakum alias CV (Constant Velocity). Teknologinya sudah mengikuti teknologi karburator mobil, pertimbangannya pasti soal konsumsi bahan bakar yang irit plus buka-tutup gas yang halus.
Kinerja karburator vakum bisa terganggu jika salah dalam perawatan. Lalu bagaimana cara agar karbu vakum tetep bisa yahuud... Sangat tidak disarankan buka boks filter udara. Memang awalnya tarikan terasa lebih cepat, tapi kelamaan debu bisa menghambat gerakan skep. Karena Skep di karburator vakum bahannya dari resin dilapis teflon. Lain dengan skep karbu Konvensional yang berbahan logam berlapis krom. Gara-gara kena debu, skep jadi macet dan lama kelamaan lapisan teflon tergores, hasilnya motor susah langsam/nggak stabil. 


Karet karburator vakum. Posisinya ada di atas karbu dan ditutup lempengan besi. Waktu servis nggak perlu dibuka karena kalau sampai salah rakit sehingga karet terjepit maka dapat mengakibatkan kebocoran sehingga putaran mesin jadi ngaco. Karet vakum juga nggak boleh kena bensin. Bisa melar, getas, bolong atau paling parah tidak bisa digunakan lagi. Harganya mahal BroSis so jangan sembarangan key, diwebsite yamaha karet tersebut bisa ditebus Rp.162 ribu.


Buat yang biasa korek karburator konvensional dengan memperbesar diameter venturi. Hal ini jangan dilakukan pada karburator vakum, resikonya skep bisa oblak yang bisa berakibat mesin susah hidup.
Karburator vakum bekerja dengan tekanan udara dari crankcase dan intake. Jadi perhatikan kondisi selang vakum yang menuju karbu. Seumpama retak atau sobek, langsung ganti baru karena mesin bakal susah hidup. Kondisi karet pemegang karbu dan intake manifold tidak boleh ada kebocoran karena berimbas skep bakal susah naik. Termasuk klep masuk yang tak lagi rapat pun bisa bikin daya isap ke karbu vakum jadi memble...
Jadi, hati-hati brow.., Jangan sampai salah perawatan, niatnya mau merewat jadinya malah rusak.....

Next Artikel berikutnya modifikasi intake karburator yang berdampak pada performa BYSON yang jadi josssssssssssssss...


Sumber
|
This entry was posted on Selasa, Mei 29, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 comments:

On 30 Mei 2012 14.40 , Anonim mengatakan...

skalian donk om..review cara bersihin filter nya.. :D

 
On 9 Juni 2012 19.28 , All Via Nurse mengatakan...

Oke nanti saya cari waktu tuk membuat or mengkopi artikel cara membersihkan FILTER udara si KEBO..

 
On 8 Januari 2013 16.22 , Samba mengatakan...

Karbu kebo...rawan membleeee,

 
On 8 Januari 2013 19.27 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Bro Samba,, Rawan memble apanya nih?? Semua karbu Vakum rawan rusak terutama daerah karet vakum diagrafnya. makanya harus extra hati2 jika ingin membersihkannya..