Problem pada karbu Vakum BYSON Part II

Berjumpa lagi kita pada sesi perawatan. jika sebelumnya permasalahan karburator terjadi pada Bloger Niight Rider pada Red Tyson dan solusinya mengganti karet vakum yang terdapat pada karbu KEBO, untuk kalie ini permasalahan serupa menimpa UB tepatnya 3 minggu yang lalu..



Kasusnya sama plek dengan Bloger Night Rider.. bisanya penyakit timbul ketika kilometer menyentuh 5-10 itu jika UB santai, tapi jika dari awal sudah digeber2 yah dibawah 5 Km. penyakit sering terjadi sehabis turunan, brebet, kehilangan tenaga seperti bensin mau habis lalu diakiri mesin tidak dapat melebihi 2000 tapi jika gas dilepas/ konstan +/- 1500 rpm mesin normal.. coba bongkar sendiri lalu cek keadaan, normal semua BroSis tiadak ada yang aneh... jurus coba2 pun UB lakukan dari membersihkan sampai gonta-ganti MJ & PJ + seting ulang karburator, ganti busi, CDI standar dipasang... dan hasil akhirnya tetep tidak ada perubahan


Pusing dan bingung menghinggapi UB... masa harus ganti karet vakum seperti Blog Night Rider lakukan..?? lumayan mahal BroSis Rp.162 rebu walau tidak semahal punya Scorpio. akhirnya UB bawa KEBO kesayangan kebengkel Yamaha & berkeluh kesah kepada montirnya.... akhirnya diservice + kuras tangki. selesai diservice ditest oleh mekanik tersebut, setelah itu lalu dia menyambangi UB dan berkata sudah OK mas. UB tidak mau percaya bgitu saja, lalu UB bertanya jika permasalahan yang sama terjadi gimana.?? mekanik menjawab dengan entengnya yah paling karburatornya yang sudah eror. Gubrak kalu itu sih UB sudah tau..


Setelah diservice KEBO langsung UB bawa pulang dengan posisi ngebut & geber2 habis tuh KEBO dan hasilnya UB bisa tersenyum lagi.... Akhirnya kelar penyakitku tanpa harus ganti karet Vakum.... ke esok hariannya sampai 2 Hari normal abis, eh pas Hari ketiga penyakit itupun kembali kambuh.. baru nikmatin 2 hari eh eror maning... tuk sementara pake karbu PIO aja deh dari pada mogok ditengah2 jalanan buahayaaa tuh... ke enakan pake karbu PIO hampir sampai lupa sama karbu KEBO yang belum UB tangani.. mumpung ada kesempatan ada waktu UB coba luangkan melihat kondisi si KARET KONDOM tersebut dan teringat pesan adik "Kalau belum ada yang sobek atau Bolong (kecil/Besar) KARET VAKUM masih layak dipergunakan." akhirnya UB coba cermati dan amati secara sangat teliti dan tidak ada satupun gejala tersebut pada karet Vakum Kebo UB.. akhirnya UB berekperimen dengan menggunakan Per Scorpio pada karbu Kebo. lalu UB pasang kembali dan hasilnya .WOW permasalahan hilang motor normal kembali, dan sudah lebih dari 1 minggu KEBO UB beraktifitas seperti semula dan gejala bengek pun hilang..

Update Agustus 2013..
sudah sekitar 5 bulan berjalan, UB yakin  problem karbu UB terletak pada per karet vakum karburator BYSON..
Note.. PER punya scorpio lebih panjang dari pada punya BYSON jadi untuk tarikan awal sekitar 2000-3000 Rpm jadi berat..

Update November 2013..
sudah sekitar 6 bulan berjalan, UB menggunakan per karet vakum karburator SCORPIO dantidak ditemukan kendala sama sekali.. berhubung UB penasaran dengan Per vakum asli KEBO,, UB coba berexperimen dengan menarik kedua sisi per menggunakan tangan sepanjang2nya dengan tujuan mendapatkann kembali kelenturan, setelah itu pasang kembali dan ternyata KEBO UB tidak ditemukan masalah penyakit pada karbu... sudah UB test selama +/- 1 bulan...
Panjang amat artikelnya.... moga2 pada tidak ngantuk key bacanya.. dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua penunggang KEBO..

semoga bermanfaat..
Salam Seruduk B3796TEE Toe toet....

Komentar

day walker mengatakan…
Akhirnya posting lagi bro UB, kangen nehh sama postingan ilmunya..
Hampir tiap hari buka blog ini ngecek update...

Keep Posting UB....
Unknown mengatakan…
maklum nih lg ngurusin bayi jd gak sempat ngeblog... btw makasih udh mw mantengin nih blog ecek-ecek..
Samba mengatakan…
Coba perhatikan byson berdiri tanpa standar tengah. posisi karbu, tegak apa miring? Dari pabriknya sono pemasangan karbu disinyalir miring condong kedpn,dipastikan ini membuat skep dan dinding karbu bergesekan ga normal, dampaknya skep pasti baret.trs solusinya skep gosok aj pake otosol.dinding karbu diamplas halus secara merata, n’ utk pemasangan karbu kembali usahakan tegak,patokannya tutup karet vakum..tegak/rata..#dijamin penyakit karbu sembuh! (asal pemasangan karet vakum benar)..ths
Andi Productions mengatakan…
Jadi intinya hanya ganti Per skep pada karbu Vakum si Kebo ya Bos????? sudah 5 Bengkel ane sambangi.... bengkel terakhir nyerah..........

Ane Coba deh Mas Brow ...... Thanks yaw .... garansi 100% gak ni Trik Nya Gan???? xixixixixixi
Sevensoft mengatakan…
mau nanya,
kenapa ya kalo byson yang tahun sekarang , yg baru tahun 2013, mesinnya ada suara nging nging... gitu ,
saya coba dengerin mesin byson yg saya yaitu tahun 2010 kok ga ada suara nging nya ya,,
ada yang tau kenapa bsa beda gitu ya ?

Thx
Unknown mengatakan…
Suara nging dari dari mesin daerah mana? Kebo UB 2010 jg ada suara nging dari daerah filter oli (blog mesin sebelah kanan) kalau itu normal bro..
Unknown mengatakan…
Salam bro..
Byson ane kok ada suara juga ketika di tahan gigi 2 ada sura "krekk" dan apa bila getarannya kuat makin nyaring bro bunyinya,tp pas pelan bunyinya hilang..
Mohon pencerahannya bro..
Unknown mengatakan…
suara timbul pada Rpm tinggi (semua gigi) apa hanya di gigi 2 saja? jika hanya pada gigi 2 sajaberarti mesin bro rahmat bermasalah (bawa segera kebengkel yamaha)
Unknown mengatakan…
Pada semua gigi sihh mas bro,apa bila getaran mesin sangat terasa, bunyinya makin nyaring..
Tp kamaren di cek di sorum resmi katanya gpp..
Tp bunyinya ganggu truss mas bro..
Unknown mengatakan…
Sudah 3 hari nie,...kebo ane ditinggal dirumah & dah 3 bngkel di sambangi tapi motor ane masih z begitu. penyakitnya jika habis di geber trus sntai motor seperti hbs bensin langsung mati. kbetulan motor ane hrus kick starter gra2 lampu dpan yg nyala trus. susah utk nyala,.....gimana gan solusinya pa hrus langsung ganti per karbu kebo gnti pke scorpio ???
Unknown mengatakan…
bro Ramdhani... 3 bengkel resmi apa pinggir jalan ?
Coba cek cara teliti karet vakumnya ada lubang tidak ? sekecil apapun tetap akan bikin eror karbu..
coba baca update terakhir key.. selamat mencoba dan semoga cepat sembuh KEBOnya...
Anonim mengatakan…
Mo nanya ni.. emang semua byson penyakitnya sama ya....????
Unknown mengatakan…
cara biar byson gak ngempos mah gampang... jangan dibawa ngebut (standar 60-80km/jam), narik gasnya alon-alon... bawa santay dan selamat sampai tujuan, ane jamin gak bakal ngempos..pos..pos.... kalo ente mau ngebut beli abangnya si kebo ato R6 sekalian... ente geber ampe badan rontok juga gak bakal ngempos.... :D , kidding y gan... safety riding aja.
Unknown mengatakan…
Ya tidak semua kebo punya penyakit ini.. tuk kasus ini UB kena dampak dari penyakit tersebut... penyakit ini sama ngempos beda Bro Rendi.. kalau sudah kena penyakit ini mau alon2 or langsung full trothel narik gas sami mawon pasti mati kalau di atas rpm 2000, so jadi boro2 bisa 60-80 kmh wong 5-10 kmh juga mati mesinnya seperti kehabisan bensin.. untuk safety ridding wajib hukumnya untuk semua biker gak cuma pengguna kebo aja.. wong UB aja sekarang mentok paling ya 70-80.. santai ae sing penting selamat tul gak bro Rendi.. :)
Unknown mengatakan…
karbu byson biar diapain tetep aja bikin motor ngempos gan...bikin malu di jalan aja, motor gandeng malah suka mati mendadak..biar aman dan motor tetep standar gunain aja kabu new mx di jamin motor ngacir gax ngempos lagi..ane udah 1 th makek karbu new mx gax ada problem.
Unknown mengatakan…
Wah nice info nih bro Giri Arsa.
berarti selain karbu Scorpio punya MX bisa diaplikasikan ke BYSON.. thank sudah mau berkunjung ke blog ini.
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
c33b mengatakan…
wah punya ane jg ngalamin gitu gan,tahun 2010 jg.ane langsung pikir gara-gara karetnya akhirnya beli karbu PE KW hehe
ntar cek lagi ah karetnya...thanx infonya gan
Unknown mengatakan…
Banyak kendaraan yang menggunakan sistem vakum yang bermasalah..seperti datangnya penyakit yang tiba2 mberebet,mati total,ngempos saat jalan,...apa yang kita bayangkan bila kita saat berkendara di jalan tiba-tiba mati total / berebet2 di jalan...sesuatu bisa mengancam kita dan membahayakan pengguna jalan yang lain Di sini saya membuka untuk perbaikan karbu vakum..... Sistem perbaikan press karbu vakum untuk membuka akses2 komponen supaya bekerja teratur di dalam karburator Servis PRESS KARBU VAKUM bukan servis ringan seperti di bengkel 2 PRESS KARBU VAKUM adalah metode servis yang saya ciptakan sendiri menggunakan alat pressisi vakum BISA HUBUNGI SAYA DI :087888028668 Hanya hari SABTU saya buka untuk PRESS KARBU yang menggunakan sistem karburator vakum............ Untuk wilayah di luar kota bisa di paketkan karburatornya lewat jasa pengiriman paket.. Buktikan hasilnya setelah di press...penyakit/virus pada karburator hilang PERBAIKAN UNTUK PRESS KARBURATOR VAKUM TIDAK ADA SPARPART YANG DI GANTI 100% KENDARAAN ANDA BEBAS DARI PENYAKITNYA — Alamat Villa bintaro indah jln.sulawesi blok B4 No 10A
Unknown mengatakan…
baru ane temukan nih gan masalah bijinian bulan feb, kemarin,2 x masuk bengkel hasilnya tetep sama, dan akhirnya cari di Google.. eh ada tulisan agan UB, lalu sesuai eksperimen agan UB, yasudah.. ane buka karbu dan periksa karet dan per'a.. tarik sepanjang"a.. (ga trlalu panjang si)

baru sehari ini sih.. tapi tadi pas nunggangin si kebo ke kantor.. lancar jaya... moga ga kambuh lagi dah tu penyakitnya....

infonya mantab agan UB...
makasih...
Anonim mengatakan…
wah sy jg harus coba nih besok, kebo ane (2012) jg gitu bro,,bikin gedek bgt sementara kmarin-kmairn ane tarik tuh tuas cuk nya biar klw mati dijalan bisa idup dan mw jalan, moga aja trik nya bisa diaplikasi di kebo ane nih tq y, slm dr cikeas F 3218
Anonim mengatakan…
Assalamualaikum brooowww, kebo putih ane sama dgn permasalahan kangmas semua, untung ane buka mbah google gak tau dah kok nyasar kesini, jd sangat bermanfaat sekali buat saya aplikasi maupun solusi2 yg kangmas sampaikan. Makasih akan ane coba buat kebo putih saya......
kadek buleleng mengatakan…
Permasalahan karbu si kebo memang agak runyam.. setelah di telisik ternyata pada saat si kebo endut endutan.. i cba lepas tu karbu punya si kebo ternyata skep nyantol di atas tidak mau turun.. dan cek skepnya ternyata ada baret.. masalahnya bagai mana nglangin baretnya di skep karena pengalaman ane pake autosol hanya bertahan seminggu.. dengan jarak tempu 50 km/hr
Unknown mengatakan…
Waduuuuhhh bison parah...semua sm pnykitnya.ktnya carbu bison 2014 udh buatn lokal.bner ga gn UB??bison sy gtu jg.pdhal bru beli.tp second.mo di jual belon lunas lgi..
dolen-dolen comunity mengatakan…
nice share ub bisa di tiru gaya lo buat kebo ane hehehehe
Unknown mengatakan…
Ganti pke per vakumnya fu d jamin g bakaln masalh lagi gan,,,,,slamat mencoba,
Unknown mengatakan…
Mau berbagi pengalaman nih gan tentang si kebo. Saya punya kebo generasi awal, nah masalah terjadi pertama kali ketika pulang naik gunung, ketika itu jam 8 malam, baru jalan dr kaki gunung sekitar 5 km, si kebo langsung ngulah, gas nya kosong seperti abis bensing, berhenti dan ga bisa idup dengan berbagai cara, ketika itu panik karna jujur saya tidak begitu tau mesin, temen2 yg lain bantu cariin bengkel, agan tau sendiri kaki gunung cari bengkel paling jago juga bengkel tempel ban, tapi stlh lama dicari, temen2 akhirnya dpt bengkel yg mau nampung si kebo. Kata empunya bengkel sih, si kebo kemasukan pasir, yah karna udh malam, saya sih angguk2 aja. Setelah bongkar sana sini, akhirnya si kebo mau idup, dan jalan pelan2 ke kota saya yg biasanya makan waktu 2 jam, ini di tempuh 4 jam. Esok nya sikebo di bawa ke bengkel resmi, dan bongkar karbu tanki, ini itu, si kebo pun sehat kembali.2 bulan setalh itu, si kebo ngulah lagi dengan keadaan yg sama, gas kosong dan ga mau idup lg ketika ditengah jalan mau ke kampus, kesel nya ga ketulungan, dan si kebo ditarik becak ke bengkel resmi, kata montirnya, pelampung yg di kaburatornya udh cacat, dan saya tanya perlu di ganti atau ngga, dia jawab, 'ngga perlu mas, masih bisa,' saya pun lega. Dan setelah service biasa tersebut, si kebo sehat kembali. Sebulan setelah nya, saya service rutin dan ganti oli, tapi masalah terjadi setelah seminggu sehabis service rutin itu (yaitu kemaren malam), si kebo ga mau idup dngn berbagai cara, dan bensin nya bocor. Untungnnya kejadiannya di depan rumah, besok nya saya bawa ke bengkel, dan saya ternyata montirnya kemarem kurang pandai menamgani jenis kebo, nah sekarang sih si kebo udh bisa, moga2 ga ada masalah lagi deh. Udh terlanjur cinta soalnya sama si kebo... hehehe, udh niat ngikutin saran mas bro mimin sih buat ngeganti karetnya dengn punya si pio atau mx, tp berhubung kata montir nya aman, ya ga ush d ganti dulu, moga2 amaaaaaaan
Unknown mengatakan…
saya minta tanggapan agan" smua tentang per skep yg tarik mulur
"sifat pegas skep pada karbu vakum, berfungsi ganda. Menahan tekanan negatif yang dihasilkan dari ruang membran dan mengembalikan posisi skep saat kevakuman menurun"
monggo dijawab
Unknown mengatakan…
saya minta tanggapan agan" smua tentang per skep yg tarik mulur
"sifat pegas skep pada karbu vakum, berfungsi ganda. Menahan tekanan negatif yang dihasilkan dari ruang membran dan mengembalikan posisi skep saat kevakuman menurun"
monggo dijawab
Unknown mengatakan…
bro ganti per karet vakum nya punya scorpio yang tahun berapa ya ?
Unknown mengatakan…
Bro saya sudah beli per scorpio namun pas pngn dipasang kok gak bisa ya. Diameternya lebih kecil dibanding per byson sehingga gak bisa nyangkut pada tutupnya. Tolong reply. Thanks
Aryanto wibowo mengatakan…
Om Makasih infonya dan Om Sony Kenuwen ane juga dapet info suruh kebengkel ente tpi belom sempet ane ksananya pasti ksana breng anak Legion nanti.
Unknown mengatakan…
Ah pusing mikir bison .pas kebaran si kebo rewel mau servis lom ada bengkel buka .ahhh jadi kacau deh semua acara .tolong dong agan2 master .kasih solusinya
Unknown mengatakan…
Halo bro, ngmong2 ttg byson ngempos, brebet, tb2 mati total susah stater smua ini sama persis di motor njmx sy bro. Sriusan aneh rasanya mx new bs gini pdhal baru taun 2012 tp sering kluar kota+turing2an sii.. hehe ampe bolak balik bgkel resmi ampe kebingungan musti gmn trs saran mekanik suruh servis besar eett deh ap harus sgitunya ya? Trs sy cb ke bgkel pinggiran eehh sama dia di lem karet vakumnya ya permulaan sii normal ga lama penyakitnya muncul lg. Lalu sy cb ganti karet vakumnya pake punya satria f kbetulan karetnya lbh murah di banding punya mx tp hasil sama aj ga ilang2 pnyakitnya. sampe piston skepnya sy cb polesin pake oli yg sae nya rendah pertama emg mantap tarikan enteng banget ga krasa brebet lg tp ga lama muncul lg biar cm bntar trs normal lg jd srasa ilang tb2 gasnya. Ya udh mau ga mau di gber2 di jalanan udh kyk mau ngajakin balap jdnya di liatin orang2. Haddeehhh nahh ampe skrg nih mx sy masi gitu, cm sy mau cb ikutin saran masbro ini ganti per vakumnya. Nti sy mau cb bli pnya satria aj lah kyknya lbh murah. Hehee thx bro infonya smoga bs membantu nih. oh ya hanya skedar share aj bro pengalaman sy ini.. hehe
Unknown mengatakan…
motor saya juga sering mati2 gtu gan. apa harus ganti karbu? mohon info nya
Ryo VirGo mengatakan…
KARBU BYSON emang bkin pusing tp skrg saya sudah tenang karena sudah dpt solusi penyembuhan nya,untuk info lebih lanjut (766c2511)pin bb ane gan.
thankz..namanya jg usaha..hee
ihwal-blogs mengatakan…
kalo kata temen ane coba stel klepnya lagi aja bro (tapi ane ga langsung stel walaupun kebo ane udah 4 tahun.
ane sempet bingung terus ane coba lagi mainin mj+pj nya. trus ganti jangan pake bensin subsidi. sampe sekarang ga ada masalah kaya diatas lagi bro

enak si kita disini saling share untuk kebo bukan malah mencari keuntungan sendiri dengan pelit info.
salam sruduk.. hehe :D
Anonim mengatakan…
Sudah banyak cara dicoba, sudah banyak bengkel dimampirin hasilnya sama, tetap ngempos (sudah takdir byson, pabriknya saja lepas tangan). masalah ada di desain saringan udara yg ditempat sempit dibawah jok lalu dipaksa menghirup udara berdebu dari ban belakang. Untuk byson yang masih sehat, coba main di jalan gravel yang berdebu, dijamin kita pasti senasib xixixi. Solusinya ganti karburator King atau Keihin PE 28 yang SARINGAN UDARAnya diluar dekat karbu (seperti bebek). atau seperti saya tiap bulan servis di bengkel tetangga dekat rumah sekedar bersihkan karbu sampe saringan udara dari debu . maap banyak curhat xixixi
Unknown mengatakan…
Ikut berbagi pengalaman penyakit karbunya kebo ane nih, kalo masalah karbu tiba-tiba kaya kecekek terus mati sih ane ga pernah, tapi kalo lagi jalan tiba-tiba kaya kecekek itu sering kaya skep yang gagal ngangkat. ganti-ganti per vakum juga pernah, sampai per vakum ditarik dan di potong pun pernah.

1. Tarik per vakum.
asumsi radikal ane adalah dengan per vakum yang panjang kemungkinan penyakit kecekek akan hilang karna kelenturan akan lebih baik. Hasilnya : Malah karet vakumnya yang tertindas, naik turun skep akhirnya ga sempurna dan lari kebo cuma tembus 80 Kpj walaupun tali gas udah di tarik sampe mentok. Sial susulan adalah skepnya jadi baret-baret karna naik turunnya miring. Solusi skep baret ya ane ganti pake karet vakum dan skep satria FU satu set termasuk jarumnya keluaran indomobil harganya 65 ribu. Karbu kebo normal lagi sampe sekarang.

2.Potong per vakum.
ini yang paling realistis dan mendekati keinginan, bukaan gas jadi lebih padat (tapi berat di putaran bawah) dan tutupan gas jadi lebih cepet. Kekurangannya : ga ada satuan yang pasti dan prosedur baku seberapa panjang per di tarik sebelum per dipotong, kemudian pada alur mana yang akan di tarik kemudian di potong, lalu seberapa panjang sisa potongan yang yang akan dipakai untuk per vakum. pada akhirnya ini sama sekali tidak layak di coba kecuali kita sudah punya per original cadangan jika percobaan ini gagal. Kebetulan aja ane bisa ngepas melarin dan motong per-nya.

3. Ganti karet vakum.
ini yang selalu ane takutin karna harga partnya horor banget. hasil browsing sana sini, kebo pak karbu mikuni bs 26, begitu juga thunder125 dan satria FU walaupun dengan varian yang beda (thunder mikuni bs 26 ss dan satria bs 26-187) tapi ternyata ane udah buktiin karet vakumnya bisa saling substitusi. harganya juga lebih adem ga bikin jantung olahraga.

Nah ane sempet bingung juga sih kalo agan bisa pake karbunya scorpio tanpa penyesuaian dan mesin kebo bisa normal, karna yang ane tau scorpio pake mikuni bs 30 dengan ukuran pilot jet lebih besar yaitu 17,5. Karna Kebo ane pake ukuran pilot jet segitu saat knalpot udah ganti after market.

Dan satu hal lagi gan berdasar pengalaman dan masih ada hubungannya dengan karbu, jangan pernah gunakan busi iridium ketika spesifikasi mesin kebo standart. Ane pernah di buat gila nyetting karbu disebabkan busi iridium, karna memang ga akan dapet setting sempurna dari panas dan kompresi mesin standart untuk busi berbahan iridium (silahkan cek tabel panas minimum iridium).
anggiansa mengatakan…
Selamat siang om
sama nih byson ane juga ngalamin masalah serupa, udah berbagai macam bengkel, udah berbagai macam cara, tapi tetep aja hasilnya ga ada yang maksimal, setelah awal service mungkin tu masalah bisa ilang tapi selepas (minimal) satu hari ngemposnya dateng lagi.
buat om dan agan-agan yang punya solusi mohon pencerahannya
Unknown mengatakan…
@justaman: problem karbu byson yg bro alami sy jg pernah mengalami.stlh sy amati trnyta mslhnya pada skep yg kotor shg unt naik turunnya jd tdk lancar. Solusinya skep kita gosok pake kertas amplas yg paling halus smp kilap. Hal ini sdh sy lakukan dan smp skr lancar tdk ada mslh tanpa hrs ada penggantian part apapun. Smg bisa membantu
sep mengatakan…
Gmn kalau tarikan gigi empat sampai full gas dan kecepatan 104 per jam dan tidak memasuin gigi 5,apa ada pengaruh terhadap kerusakan mesin
ojikalso mengatakan…
Bro..per scorpio tahun brpa yg masuk untuk karbu byson 2012..kebo ane nyendat juga bro..kalo gas nya ane dalemin..jadi pas nyalip ane sering was.waas.. mohon bantuannya bro..
Anonim mengatakan…
Tks infonya Bro,kebo saya th 2011 problem nya sama ngempos th 2013 saya ganti karet vakum (diagfragma) sembuh e th 2015 kambuh lagi saya ganti lg tp nggak sembuh padahal di solo harga karet tsb Rp 192rb,skrg mau saya coba sprti artikel diatas, tp hasil experiment diatas tahan brapa lama ya,kok yamaha nggak narik produk carbu byson ya?
Unknown mengatakan…
Cobain ini aja gan.paket murah meriah tp hasil yahud 1000 persen bila kalian mengalami byson mati mendadak saat di tarik gas nya... udah saya aplikasikan ke byson saya serta ke tmn2 yg punya byson di kotaku...hehehe soalnya pasang iklan di OLX n BC di BBM buat nambah2 penghasilan....hahaha...ternyata ga ada masalah pengaplikasiannya malahan byson bisa nyeruduk rival2 nya melaju di jalan yg jaraknya ga begitu panjang...
Langsung aja cekibrot yaw... klo kurang paham bs call me di 082158598088 ato invite aja bbm di 7EC79937 konsultasi gratis brow...insya allah saya bisa bantu kok sekalian bagi pengetahuan trus dapet rezeki...hahaha ngarep...

http://iwanbanaran.com/2014/09/24/ingin-membuat-tarikan-yamaha-byson-lebih-responsif-intip-tips-and-triks-berikut-ini/
gembelkere.blogspot.com mengatakan…
saya juga pemakai yamaha byson sejak 2012. saya ada sedikit tips buat pengguna byson. mudah''an bermanfaat. cara bikin byson tidak ngempos dan tarikan bagus tapi tetap irit. langkah pertama adalah mengganti CDI BRT dual band. CDI bawaan byson limiter sangat rendah. ganja mentok 7000 rpm kalau jalan. langkah kedua mengganti karbu standar dengan karbu honda mega pro 2008. lho. ko punya mega pro??? biasanya kan yang lain kalau mau ganti karbu pakai pe28. ya itu tadi. biar tetap irit. mengganti aki dengan aki suzuki fu atau aki 5,3 ampre agar pengapian tetap stabil. ganti bohlam lampu depan dengan philips 100/90 watt. anda adalah penguasa malam dengan lampu itu. jangan terlalu banyak menggunakan lampu variasi yang ga ada pungsi nya. selamat mencoba bro. motor saya masih bisa di pacu hingga 125 km/jam. cukup kan. namanya juga touring. hahaha. oh ya. kalau mau ganti kampas kopling, ganti dengan punya yamaha scorpio ori. lebih murah dari pada punya byson. hanya 200rban. tapi lebih yahud tarikannya. untuk kencang ga harus bort up.
gembelkere.blogspot.com mengatakan…
saya juga pemakai yamaha byson sejak 2012. saya ada sedikit tips buat pengguna byson. mudah''an bermanfaat. cara bikin byson tidak ngempos dan tarikan bagus tapi tetap irit. langkah pertama adalah mengganti CDI BRT dual band. CDI bawaan byson limiter sangat rendah. ganja mentok 7000 rpm kalau jalan. langkah kedua mengganti karbu standar dengan karbu honda mega pro 2008. lho. ko punya mega pro??? biasanya kan yang lain kalau mau ganti karbu pakai pe28. ya itu tadi. biar tetap irit. mengganti aki dengan aki suzuki fu atau aki 5,3 ampre agar pengapian tetap stabil. ganti bohlam lampu depan dengan philips 100/90 watt. anda adalah penguasa malam dengan lampu itu. jangan terlalu banyak menggunakan lampu variasi yang ga ada pungsi nya. selamat mencoba bro. motor saya masih bisa di pacu hingga 125 km/jam. cukup kan. namanya juga touring. hahaha. oh ya. kalau mau ganti kampas kopling, ganti dengan punya yamaha scorpio ori. lebih murah dari pada punya byson. hanya 200rban. tapi lebih yahud tarikannya. untuk kencang ga harus bort up.
gembelkere.blogspot.com mengatakan…
temannya blog nya terlalu gelap bro. agak sulit bacanya!! salam sruduk Byonic BUNGO
Unknown mengatakan…
siang all,, mau tanya nich masalah karbutor byson 2012. awalnya gasnya ndak mau balik,,bensin ndak lancar,,tau tau mesin mati.. terus saya ganti karet vacum hasilnya ndak ada.. trs ganti pj 20 hasilnya sama aja.. trs ganti per skepnya hasilnya agak lumayan lancar. tapi sekarang pada waktu dipakai/tarik gas rasanya gasnya lambat untuk kembali normal.. solusinya gimana ya broo..mohon penjelasannya.. matur nuwun
gembelkere.blogspot.com mengatakan…
belum tentu hanya masalah karbu mas bro. bisa jadi ada masalah juga pada pengapian. coba cek CDI. PINJAM CDI teman dulu. trus tes masih gt ga. kalau masih gt. coba cek lagi tali gas bisa macet juga hanya karena tali gas. cek busi. kemudia filter oli juga bisa mengakibatkan kinerja karbu kurang maksimal.
Anonim mengatakan…
sama agan2 smua,kebo 2012 ane jg gtu,udah ganti pke karbu king msh kyk gt jg,tp saringan udara g ada gan,apa krna gara2 itu jg ya gan,,,????
Anonim mengatakan…
Horeee, ternyata gw ga sendirian menderitanya.. jadi gimana nih? Kapan kita nuntut ke yamaha? Mosok iya didiemin aja?
Andrii Hulinggi mengatakan…
broo..motor gue yang byson kendalanya pincang saat gasnya rendah dan di turunan gitu bisa mati..tapi kalau kebo gue larinya kencang ngga ada tuh pincang begitu..
mohon bantuannya brooo..:)

By: Andri hulinggi di gorontalo
Unknown mengatakan…
tadinya pengen ganti karbu pio.atas daran kawtim GSI .daya servis sama dia.vacum masih bagus.tapi per ory dipotong 5 ulir lalu ditarik sedikit.dkr karbu udah ocke gas jadi spontan brebet ngempos udah hilang.udah betjalan 6 bulanan samai skrang blm servis karbu lagi.yetakhir seting angin aza karena knalpot udah dibobok
Unknown mengatakan…
Salam bro..karbu byson ane sdah ditukar dengan karbu king. Masalahnya, kalau diparkir dengan menggunakan kaki standar 1 jadi susah hidup. Tapi kalau kaki standar 2 langsung hidup satu kali starter. Mohon pencerahan bro tks.
Unknown mengatakan…
Salam bro..karbu byson ane sdah ditukar dengan karbu king. Masalahnya, kalau diparkir dengan menggunakan kaki standar 1 jadi susah hidup. Tapi kalau kaki standar 2 langsung hidup satu kali starter. Mohon pencerahan bro tks.
Unknown mengatakan…
Salam bro..karbu byson ane sdah ditukar dengan karbu king. Masalahnya, kalau diparkir dengan menggunakan kaki standar 1 jadi susah hidup. Tapi kalau kaki standar 2 langsung hidup satu kali starter. Mohon pencerahan bro tks.
Unknown mengatakan…
Salam bro...
Karbu saya sering banjir trus...
Bosen service karbu mulu.
Ngucur dari selang pembuangan nya.
Ada yg pernah ngalamin ga?
Bagi info & solusi nya bro...
Unknown mengatakan…
Punten masbro smuanya.Byson ane kluaran 2013 bulan maret.skrang kondisi lagi mati,kmaren dibwa kya mw abis bensin,mati trus.tapi di kickstater hidup lagi,trus ajaggitu sharian.!! Pas besoknya eeee mati ga bisa hidup".kira" apa masalahnya yh mas!!! Busi udh gnti ttepga mw hidup.mhon infonya
Unknown mengatakan…
keluhanya sama.tapi klo saya pernya dipotong 5 ulir lalu tatik kira2 1 cm.dah jl 3 tahun pling dibetsihkan aza
Unknown mengatakan…
klo punya saya per nya dipotong 5 mata lalu fitarik datu centi an.alhamfulillah ksrbu sembuh total dah berjalan 2 tahunan
ada rencana mu setel uland j.mj nya
ganti pake pj scorpio.dan mj pake satria fu
Robert Fulton Livingston mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
Om kalo mau ganti per carbu vakum byson..terus yang cocok pake per mtor apa..trimakasih...
Unknown mengatakan…
Mantep ilmu.y gan,,, di tunggu kisah selanjut.y gan...
Unknown mengatakan…
gak selalu karbu yg jd masalahnya gan, klo posisi lg jalan trus tiba2 mati kaya abis bensin coba agan buka tutup tangki,trus idupin lagi. klo idup bearti tutup tangkinya yg kesumbat. jd terjadi kevakuman di dlm tangki. bensin tdk mau ngalir ke karbu. (di tutup tangki ada lubang kecil untuk masuk udara),ane pernah ngalamin,mudah2an jd pelajaran dan brmanfaat buat semuanya.
Unknown mengatakan…
gak selalu karbu yg jd masalahnya gan, klo posisi lg jalan trus tiba2 mati kaya abis bensin coba agan buka tutup tangki,trus idupin lagi. klo idup bearti tutup tangkinya yg kesumbat. jd terjadi kevakuman di dlm tangki. bensin tdk mau ngalir ke karbu. (di tutup tangki ada lubang kecil untuk masuk udara),ane pernah ngalamin,mudah2an jd pelajaran dan brmanfaat buat semuanya.
Unknown mengatakan…
Byson q tiba2 mati distater g bz nyala solusinya dong gan...sering brebet pula...
Unknown mengatakan…
hadehhh...byson sya juga sma sakitnya mgkin lbih prah pnyakitnya.
awal pndritaan sya sma si kebo, lmpu2 sya mti smua kmdian indikator pdalm total, ngidupnya pun pake acara diengkol bru mau nyala. sya antr k bgkel (bukan resmi), kata abg bgkel akinya brmslah, llu sya gnti aki alhmdlilah nyala juga si kebo tpi indikator gk nyala2.
bkn hnya itu, karburator sya juga sma yg d rsakan tmn2, udah dua x sya gnti vakum (bukan ori) spa tau bsa nologin, tau2nya sma aja. blm smpt jlan, ngetesnya d jalan tiba2 mati tu mesin. stlah dicek ke pngapian businya cma sdikit apinya itupun wrna merah pke busi barupn sama juga. ksmpulnnya adalah apabila mesin panas susah hidup, klo msin mlai dingin idupnya gampang. dari 3 prmsalahan mtor sya di atas itu ada hbungannya apa tidak broo ?
mhon solusinya broo...
udah kpgen bnr ne mau jln2 sma si kebo...
Unknown mengatakan…
Kebo ane udah ganti vakum satu set kw�� . Pas mau jalan masih brebet brebet gituuu. Pas ane lepas filter udara nya lumayan kurang brebet2. Solusi nya gimanaa om om ganteng��
Unknown mengatakan…
Kebo ane udah ganti vakum satu set kw�� . Pas mau jalan masih brebet brebet gituuu. Pas ane lepas filter udara nya lumayan kurang brebet2. Solusi nya gimanaa om om ganteng��
Anonim mengatakan…
Hari ini saya service kebo dgn masalah yg sama dgn tmn2 smw katanya harus ganti karbu, tapi saya tanya brrti klo setiap bermasalah harus ganti karbu gitu??
Katanya karbu byson ori yg baru katanya udah disempurnakan jadi gak bakal kejadian lagi...
Menurut penunggang gmna nih??
Soalx dari ganti karet vakum juga cma bertahan 3 bulan
Thanks perhatiannya
Unknown mengatakan…
Mungkin skepnya bang bukan karetnya
Unknown mengatakan…
Mungkin skepnya bang bukan karetnya
Yoschris mengatakan…
kebo saya keluaran th 2012, dan sekitar 3 bln ini sering mati2 sendiri tnpa alasan yg jelas, mati tiba2 , saat di starter bisa nyala stasioner tapi saat digas langsung mati lagi dan gk bisa jalan, itu knpa ya kira2? sudah saya coba ganti skep, karet vakum namun gejala mati msh muncul, apa harus ganti jetting dgn repairkit karbu byson? di sisi lain saya masih ingin mempertahankan karburator vakum ori byson, mohon pencerahan dan solusi nya dari kawan dan saudara2 sekalian, terimakasih
Unknown mengatakan…
Permisi agan , maaf sebelumnya sy mau tanya2 nih ..
sy anak bayi nih yg baru pegang kebo besi alias motor byson ..
sy beli second , tp kok buat jalan mbrebet2 yaak gan .
buat jalan nggak enak sama sekali , sy rasa karburator sama gear set nya bermasalah ..
bagaimana solusinya ya gan ?
maaf kalo ada tutur kata sy ada yg kurang sopan , terima kasih atas semuanya ..
Unknown mengatakan…
Mbrebet,, mogok akn terus terjadi... Yamaha ohh yamaha.. Mengapa kau buat kecewa pengguna byson... Yamaha... Ohh yamaha...mekanikmu tak ada yg becus menangani penyakit mogok ngempos...yamaha oh yamaha....
Anonim mengatakan…
Hahaha penyakit sejak tahun 2013 s/d 2017 si kebo byson masih sama
Heran ane dimana standart quality control yamaha ???????
Kagak pernah di test drive apa itu motor, asal jual aja, kalo ketemu petinggi yamaha saya pgn beliin dia motor byson biar tau rasanya gimana produk ente yg 1 ini
Unknown mengatakan…
Se7 bro. Gara2 terakhir servis di beres yamaha karbu pny si meri ( byson merah ane ) setelan mixture screw di karburator si meri macet cet ga bisa di buka ga bisa di tutup akhirnya ane bor tuh screwnya. Tp klo masalah brebet dari awal ga pernah. cm y itu gara2 screwnya macet jadi g bisa lari di atas 95 km/j. Klo ganti karbu pake punya satria bisa g ya???
Unknown mengatakan…
Karbu vakum harus di presisikan lagi sob.supaya hasilnya sempurna.
Press karburator siap buat memperbaiki kendala karbu vakum..atau konvensional..atau segala jenis karbu lainya..
Juan Dadung mengatakan…
Kebo gw jg brmsalh ni bro, klau pssi laju dgn jrk trtntu saat gas d trunkn ska brebt kyk lg hbis bnsin yg brakhr mati dn prl d star ulg.. lbh prah.x lg kl mau gas full d tnjakn it gk mw kyk lg hbis bnsin gtu. Sdh kluar msk bngkel ma gk slesai jg. Mslh.x ap tuh mhon solusi
Unknown mengatakan…
Kantak 087888028668..siap untuk byson yg punya kendala.pasti ada perubahan setelah di presisikan..irit 1 liter 55km
Unknown mengatakan…
Para master mau nanya dong ane udah abis gede buat ni si KEBO ane udah ganti karbu ori masih brebet juga alasan bengkel pengapian kurang bagus ane ganti sepul masih tetap tidak ada perubahan��.
Solusi nya dong��
Abdullah Adnan mengatakan…
Saya mau nanya, motor saya sonic 125 mesin sudah swap CBR. Saat ini masih menggunakan karbu standarnya namun dengan penyesuaian di pj/mj pakai cbr.

Masalahnya, ketika pakai gigi berat rpm tengah (Contoh: gigi 4 kecepatan 50kmh aka santai). Lalu saat mau menambah kecepatan, buka gas pelan2 itu gejalanya seperti tertahan kehabisan bensin. Tapi kalau dari awal jalan sudah geber, aman-aman saja. kenapa ya?
Unknown mengatakan…
Sry mas bro mau tanya nich, karbu byson punya saya susah rangsam, kecilin malah mati, di naikin putarannya malah makin kencang. (Gak bisa stabil) pokoknya stelan angin (PW) sudah di di stel
ZaRa Still Rock'N Roll mengatakan…
Salam hangat teman2 byson semua.

Semua masalah kalian saya alami 2 tahun silam. Bolak balik bengkel baikin karbu kemuan kambuh lagi penyakitnya. Akhirnya saya pelajari sendiri karbu byson. Sekarang penyakitnya tidak pernah muncul lagi. Berikut saya akan kasih tips nya. Semoga membantu permasalah teman2 byaon semua.

1. Bongkar karbu bersihkan. Rendam dengan bensin. Kecuali bagian Skep dan karet vakum jangan sampai terkena bensin. Rendam 1 malam. Besoknya bersihkan lubang2 yang ada didalam karbu. Keringkan.
2. Beli repair kit karbu baru untuk byson merek yang lain (rp.40rb), beli juga karet vakum SGP untuk thunder 125 (lebih kuat n awet rp.95rb)
3. Cuci tabung skep sama sunlight. Awas jangan dikasih oli atau pelumas.
4. Ganti 2 spuyer (pilot n main jet) yang nempel di karbu dengan spuyer baru yang tadi ada dalam repair kit. Pasang hnya hati2 jangan sampai ada baret/penyok. Harus mulus. Ganti juga jarum skep dengan yg baru (ada di repair kit karbu byson, biasanya warnanya emas bukan silver) jarum bawaan byson itu lembek kadang bisa nempel di lubang jadi susah naik saat vakum. gas motor saat awal ngempos.
5.pasang karet vakum baru. SGP Suzuki thunder. Hati2 pasangnya perhatikan clam plastik karet vacum jangan sampai terbalik.
6. Pasang kembali semuanya. Perhatikan baik2 gelang penahan pada pangkal jarung skep posisi standar aja jangan dipindah2 ntr boros bbm. Perhatikan juga jarum pelampung jangan sampai salah pasang. Kalau salah pasang bensin bocor. Keluar alias banjir.
7. Pasang kembali seperti semula Dimotor. Setelan angin standarnya dikarbunya 2,5 putaran, atau 2 1/2 putaran. Caranya putar tutup habis kearah kanan. Terus buka hitung 2 stengah putaran. (Saya pakai buka 2 putaran saja)
8. Putar baut throtle gas sampai mencapai RPM standar di speedometer. Jangan sampai kurang. Lebih 1 garis di RPM speedometer lebih bagus.
9. Ganti saringan udara, kalau saya kawat jaring saringan udara yang ada dibawah kertas saringan itu saya potong biar plong udaranya masuk. Sisakan sedikit untuk menahan kertas saringan. Ingat saringan udara itu kalau lembab (saat hujan) bisa menyebabkan byson ngempos.
10. Ini saran oli mesin yg bagus buat byson itu castrol activ. Atau castrol go. Tapi saya suka castrol activ. Lebih halus suara mesin.
11. Ganti busi kalau udah jelek.

Sekian semoga pengalaman saya membantu teman2 byson semua. Salam byson.
Tips cepat kilat. Kalau motor kalian ngempos pada start awal n belum sempat baikin coba saja naikin baut bukaan gas di karbu sampai RPM ny naik agak tinggi. Coba aja masukan gigi satu n gas pasti gak ngempos... hehehe tapi jangan keenankan kyak gitu ntr di kira orang lagi marah naik motor. Oiya kalau manasin byson saat pagi langsung engkol aja bro, langsung nyalakan n pertahankan rpm di 3000. pertahankan setengah menit. Biar oli mesin naik n motor lebih awet.
Unknown mengatakan…
Asalamualaikum masbro UB..salam kebo...
Byson ane punya kan yg 2013..udah pake knalpot nobi,tapi ga seting apa2 cuman ganti CDI BRT yg dualband aja,ane rasain selama 3 tahun alhamdulilah ga ada kendala apapun selama ini,cuman dari segi tarikan sama aja kaya dahulu pas beli masih knalpot standaran dan suarapun kalau di gas suka ada ngempos2 gitu kenapa ya??..nah sekarang ada rencana mau pake knalpot leovince nih..pertanyaanya,apakah ane harus setting karbu apa tidak??
tedi mengatakan…
yang pling bkin malu adalah suara nembak setalah lepas gas....suaranya kya sniper...hahahahaha
...
udh brp x experiment potong manipolt,lubang AIS d tutp hasil ttp sma...smp skrg blm nemu solusi yg pas...udh kya ilmuan berexperiment trus...hehehe
mw bli karet vakum harga'x lmyan kuras dompet....
skrg mw cb solusi dr kang UB...hehehe contek dkit bleh kang...heueheueehh

Postingan Populer