Bikin Saklar Engine Off KEBO
Senin, Januari 14, 2013 | Author: Sabudhi Alviannur
Di beberapa Media online or Blog banyak yang memberitakan larisnya KEBO untuk dicuri maling "Cuape Dueh", membuat UB kadang-kadang was-was jika parkir KEBO... nyoba ngubek-ngubek Mbah google kebanyakan peralatanya mahal-mahal Euy.... UB coba berfikir bisa ga yah jika bikin anti maling bermodal 10 rebu... kalau bisa malah di bawahnya He3x., maklum penunggang KEBO yang berkantong cekak.

ILUSTRASI KABEL YANG DIPOTONG


Cekidot deh Info yang UB Copas dari media Motor Plus....
Pasang engine stop kalau di motor balap digunakan ketika darurat. Begitu motor jatuh, supaya singkat dan mesin langsung mati, segera tekan engine stop.

Kalau di motor harian (semua jenis Motor), engine stop bisa dipakai sebagai kunci rahasia. Disimpan di bawah jok supaya motor aman dari incaran maling. Cara pemasanganya mudah dan bisa dilakukan di rumah. Cukup memotong kabel CDI yang nyambung ke massa bodi.

DIAGRAM LAYOUT

“Ingat, warna kabel massa tiap motor itu beda. Di Yamaha "KEBO" hitam, di Honda warna kabel massanya hijau, dan Suzuki hitam bergaris putih. Jadi, jangan sampai salah potong,” jelas KR Suwirtoyo, mekanik Berkah Motor Service (BMS) teh Poci.

Setelah potong kabel massa CDI, ujungnya disambungkan ke dua kabel. Satu kabel disambung yang dari CDI dan satu kabel lagi disambung dengan kabel massa bodi yang dipotong itu. Supaya aman langsung diisolasi.

Nah, dari ujung dua kabel itu kemudian dipasang sakelar. Supaya rapi, gunakan solder dan timah untuk merekatkannya.

“Kelar disambungkan, simpan sakelar di tempat yang paling aman,” tegas Yoyo panggilan Suwirtoyo yang bengkelnya berada di Jl.Panjang Kampung baru, No. 44, Sukabumi Selatan, Jakarta Barat.

Sumber :  http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/11/12/336096/208/27/Bikin-Engine-Off-Jadi-Jurus-Anti-Maling
This entry was posted on Senin, Januari 14, 2013 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

12 comments:

On 15 Januari 2013 17.32 , day walker mengatakan...

MasBro yg satu ini inovasi tiada henti, skalian tanya nehh.. untuk buat saklar dengan potong jalur massa CDI aman mana dengan ambil yg dari Koil..
karena saya aplikasi engine stop ambil dari koil kabel warna orange kalo ga salah..
saya gunakan saklar yg kakinya 6,
skemanya :

1 2 3
4 5 6

1 dan 2 saya ambil dari kabel Koil tersebut dan yang
5 dan 6 saya ambil kabel klakson

fungsinya pada saat switch kita matikan otomatis pada saat kontak kita ON klakson langsung bunyi dan kondisi motor tetap tidak bisa nyala (electric starter maupun engkol)

mohon pencerahannya Bro UB

 
On 15 Januari 2013 19.40 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Pertanyaan Bro Day Walker mengingatkan Tunggangan UB yg dulu "MEGA PRO NEW TECH 1995", walapun motor TUE tp sytem keamanan extra ketat (2 keamanan terpasang).. 1. sama persis dgn Bro DW.. Klakson akan berbunyi terus.. 2. jika berhasil melumpuhkan yg pertama, keamanan ke2 Motor akan mati jika kita oper Gigi 1 or 2..
Bro DW minta pencerahan tentang apanya??? Maklum UB kan masih lugu.. Qiqiqi

 
On 17 Januari 2013 12.06 , day walker mengatakan...

Buat engine off nya lebih bagus putus Massa CDI atau Koil, karna saya coba aplikasi dengan putus kabel orange Koil..
sama2 nubie kalo gitu, sama2 belajar yah :)

 
On 18 Januari 2013 07.50 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Pengalaman = Guru yang sekaligus pembelajaran terbaik.
Bertukar Ilmu/Pengalaman = membuat kita menjadi lebih baik.
karena sepintar apapun kita pasti ada yg lebih pintar...
tuk semuanya... Kritiklah UB semaumu dgn kritik yg baik... jgn cuma bisa BC..

 
On 21 Januari 2013 03.38 , ixan_inside mengatakan...

Ane malah ga smpat buat saklar on/off,,,paling klo parkir tu socket cdi ane cabut,,so engine ttp ga mo hdp tanpa cdi,,lbih murah kan..hahahahaha,,cm pnglaman bkn saran,,so jaga bae2 kebo nya,,,

 
On 21 Januari 2013 12.04 , day walker mengatakan...

Blom di jawab neh MasBro UB pertanyaan saya...??
Sharing dong, lebih bagus Engine OFF nya ambil CDI or KOIL

Nuhun Infonya..

NB: Kalo ada kata2 yg salah Japri Ke sutan.mulia@hotmail.com yah UB..

 
On 21 Januari 2013 19.54 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

@ bro Ixan.. wah klw tiap hari dicopat-copot bisa ancur tuh socket.. tp memang biaya lebih murah.
@ Bro DW... Dari segi keamanan lebih baik yg bro DW punya coz suara klakson akan mengundang perhatian org dan pada akhirnya KEBO ga jd dicolong.. tp dari segi kepraktisan & dana yg dikeluarkan lebih baik yg dari CDI.. but nice info...

 
On 1 Februari 2013 00.22 , deltha mengatakan...

untuk Bro Alvian dan bro DW : Bahas juga dong cara bikin engine stop lewat koil, perlihatkan juga gambar+skema nya..
biar pas ada maling klakson jadi bunyi gmn tuh???
Trims..

 
On 1 Februari 2013 22.18 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

@ Deltha... sy inget2 dulu ya... coz udh lama pasang cara itu di GL-PRO.. Mungkin Bro DW punya skemanya & mau di posting disini..??? cukup email UB aja key..

 
On 13 Februari 2013 11.24 , Anonim mengatakan...

waddohh bollehh jjuga tuhh ide nya om UB sii pemilik KEBO silver berpariasi .. wkwkwkwk
tapi saya masih bingung dengan cara nya takut salah .. makllumm .. wkwkwkkwk

 
On 13 Februari 2013 11.26 , Anonim mengatakan...

BUNI ..waddohh bollehh jjuga tuhh ide nya om UB sii pemilik KEBO silver berpariasi .. wkwkwkwk
tapi saya masih bingung dengan cara nya takut salah .. makllumm .. wkwkwkkwk

 
On 15 November 2013 14.14 , adam natila mengatakan...

bro sabudhi untuk bikin engine stop lewat kabel massa cdi bisa bikin bahaya si cdi nya ga tuh, kalo yg lewat positif coil kan jelas bikin bahaya cdi gan..