BANJIR... Penunggang KEBO harus Waspada
Jumat, Januari 18, 2013 | Author: Sabudhi Alviannur
1 minggu Belakangan Ini curah hujan mengalami peningkatan yang cukup siknifikan dan berakibat Banjir (Khususnya DKI Jakarta). Banjir membuat beberapa pengandara CIUT nyalinya tuk menyebrangi kubangan air tersebut... walau si KEBO termasuk handal dalam menghadapai Banjir tapi bukan berarti KEBO tidak luput dari penyakit MOGOK.. so cekidot deh TIPs2nya yang UB Kopas dari Kompas.

KompasOtomotif mengalami hal yang sama, dan melipir ke bengkel umum Omega Motor di kawasan Jatinegara. Menurut Babe, salah satu mekanik yang saat itu sibuk menangani sepeda motor yang mogok akibat banjir, spesifikasi standar saja kadang tidak menjamin mesin ”kuat” menerobos air. ”Perlakuan untuk sepeda motor bebek dan ’laki’ hampir sama, skutik agak berbeda.” Katanya.

Daerah DKI yang Banjir

Berikut langkah-langkah sederhana agar sepeda motor perkasa melintasi genangan air yang tinggi:

1. Desain sepeda motor sudah dirancang untuk berbagai situasi. Misalnya tameng air yang ada pada sepeda motor bebek berfungsi mengarahkan udara ke mesin untuk pendinginan dan memecah air yang menggenang. Jika bagian ini dilepas, mesin akan langsung menabrak air. ”Pasang kembali tameng air ini, minimal untuk memecah air. Pilih mana, tampilan standar atau sepeda motor gampang masuk angin?” canda Babe.

2. Pastikan ketinggian air tidak sampai ke lubang penyedot udara atau filter udara. Karena komponen ini akan terus menyedot udara ketika mesin menyala. Untuk skutik, biasanya filter udara diletakkan agak tinggi dan pabrik menjamin air tak mudah masuk melalui komponen ini. Tapi jika harus menerjang banjir dan ternyata air masuk. Buang air dengan membuka lubang pembuangan yang terletak di bagian bawah boks filter udara dan boks CVT.

3. Jangan khawatir knalpot kemasukan air, karena komponen ini bakal terus ”meniup” gas buang. Selama gas tidak dinaik-turunkan alias digas secara konstan, air tak akan masuk dari knalpot.

4. Jika sepeda motor masih menggunakan karburator, selang pembuangan bensin yang menjuntai ke bawah diganti selang yang lebih panjang, dan hadapkan ke atas. Karena biasanya komponen ini kerap menghisap udara ke dalam.

5. Lakukan treatment untuk busi. Jika cop busi sudah usang atau getas, segera ganti. Jika tidak, berikan lapisan pelindung berupa griss atau gemuk, bisa juga perekat pada pinggiran keramik kepala busi. Bagian ini biasanya yang membuat banyak sepeda motor harus minggir karena mati ”masuk angin” selain filter udara kemasukan air.

6. Perhatikan kelistrikan, dengan menyemprot gemuk atau cairan WD40 di area kelistrikan yang rawan korslet, khususnya yang berarus positif seperti soket CDI, penutup sekering, hingga soket lampu. Lapisan lilin dan minyak yang terkandung membuat air tak mau menempel.

7. Kalau semua komponen dirasa aman, terjang banjir pelan-pelan, dan jangan menggeber gas. Konstan saja di gigi satu atau dua. Ngebut justru membuat gelombang air gampang menabrak mesin.

8. Jika tak mau ambil risiko, misalnya ketinggian air sudah sepinggang orang dewasa, lebih baik matikan mesin, tapi dengan beberapa catatan. Copot kabel busi dan ikat dengan plastik. Begitu juga dengan knalpot dan saringan udara. Lalu, cek penutup oli, rapatkan.

Dari Nara sumber tersebut ternyata tidak jauh berbeda dengan Solusi UB. Solusi terpenting Versi UB.

1. Sedalam Apapun Banjir tapi jika Filter Udara KEBO masih Bisa bernafas Motor KEBO anda akan aman dari penyakit masuk angin...
2. Sabungan Kabel Coil ke cangklong BUSI di Rapatkan menggunakan LEM (UB pake LEM Aquarium/Kaca, "Boleh Minta Loh").
3. berhubung UB sudah modif karbu.. so untuk saat ini semua PART standar UB pasang kembali..

Semoga bermanfaat.. ada yang mau nambahin Tips... ??? monggo/silhkan


|
This entry was posted on Jumat, Januari 18, 2013 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

8 comments:

On 18 Januari 2013 07.52 , D14L mengatakan...

Jakarta Kebanjiran.. salah siapa ayoo... Piss ahh

 
On 23 Januari 2013 15.43 , Hendrasly Sulaiman mengatakan...

Thanks bro. Masukan yang sangat berguna

 
On 12 Februari 2014 10.36 , mobil baru mengatakan...

nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
keep update!
mobil baru

 
On 17 Februari 2014 12.00 , mobil irit mengatakan...

nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
keep update!
mobil irit

 
On 26 Februari 2014 15.29 , ferry lazzuardo mengatakan...

nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
keep update!mesin mobil

 
On 11 Maret 2014 14.50 , ferry lazzuardo mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Mobil Kuat

 
On 3 April 2014 13.11 , harga suzuki ertiga 2014 mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya,semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Suzuki Ertiga 2014

 
On 8 April 2014 13.50 , harga toyota fortuner bekas mengatakan...


Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Toyota Fortuner Bekas