CUCI FILTER UDARA BYSON/FZ Series
Selasa, Juli 31, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Sembari nunggu buka puasa mendingan kita nyuci filter udara si kebo yuk, tidak susah kok...Cekidot..
Filter udara adalah salah satu komponen yang sangat vital di motor semua jenis motor. Filter udara ini berfungsi mencegah debu atau kotoran masuk ke dalam karburator atau sistem injeksi. Apalagi jika motor dipakai di jalur berdebu. Akan sangat bahaya sekali jika debu atau tanah sampai masuk ke dalam karburator, karena motor akan ‘mbrebet’ atau bahkan mati. Ujung-ujungnya bisa merembet ke kerusakan mesin! Motor yang sering dipakai di jalur berdebu wajib memasang filter udara, jangan sampai dilepas. Filter udara juga wajib dibersihkan secara rutin, sehingga pasokan udara bisa lancar, jangan dibiarkan kotor. Nah, bagaimana cara membersihkan filter udara yang benar ? Baca terus artikel ini BroSis!


Pertama yang perlu dipersiapkan adalah bahannya yaitu bensin, air bersih dan shampoo mobil. Jangan pakai detergen, karena tingkatan keasaman atau kebasaannya itu terlalu tinggi yang menyebabkan cepat rusaknya Filter udara. Shampoo mobil bagus karena PH-nya (tingkat keasaman) itu pada tingkat yang tidak merusak filter udara.


Tahapan membersihkan busa filter udara sebagai berikut:

1. Lepas filter udara dari motor anda

2. Cuci filter udara dengan bensin, kemudian keringkan.

3. Setelah itu segera dimasukan dalam wadah yang berisi air yang telah dicampur dengan shampoo mobil. Dijamin filter akan bersih kembali.

4. Celupkan ke dalam air bersih

5. Bilas di air bersih yang mengalir

6. Jemur filter udara, jika ingin cepat kering bisa menggunakan pengering rambut, kipas angin atau kalau tidak mau ribet semprot menggunakan kompresor udara (itu juga kalau punya) Xixixixi

7. Pasang kembali pada posisi semula..

Jika memang waktunya sangat mendesak langkah 3 sampai 5 bisa di abaikan (skip)..
Selamat mencoba dan setelah itu motor anda siap digeber lagi di medan offroad sekalipun! 

Ganti Oli Sendiri si Kebo "BYSON/FZ-Series
Jumat, Juli 27, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Horeeee tidak terasa sudah mau akhir pekan lagi smangat... tetapi dibalik kesenangan itu UB teringat sesuatu tentang si KEBO kesayang UB yang masih mulus, la iya lah wong baru dicuci..  bahwa tidak terasa umur Oli Shell AX-7 sudah menyentuh 2100Km. kok ribet wong baru 2100 kan belum 2500 Km. "Berdasarkan rekomendasi pabrik untuk penggantian oli mesin adalah sekitar 2000 sampai dengan 2500 km (tergantung variasi motor)". ya walau kebo UB pake oli YAMAHALUBE cuma pas dapat service gratis.. sisanya langsung ganti SHELL.. tapi kilometer si kebo sudah menyentuh 20 ribuan Km ya otomatis kualitas INSIDE ENGINE sudah tidak sebaik dulu, makanya untuk menjaga stamina kebo UB yang sering untuk praktek sendiri ya mau ga mau OLI harus diperhatikan banget & itu harga mati ga bisa ditawar..

 Come On BroSis BYSON/FZ-Series Riders, luangkan sedikit waktu untuk menganti oli motor kesayangan anda jangan sampai kebo BroSis sakit dulu baru dapat perhatian, ingat ada pepatah bilang "Sedia Payung sebelum Hujan", jangan sebentar2 kebengkel hanya untuk menganti oli, tunjukan bahwa BroSis juga peduli terhadap tunggangannya.. mudah & ga makan waktu lama kok.. BTW Oli Shell Bukan untuk acuan BroSis untuk memakai oli key... ini cuma oli yang UB pakai sejak GL-Pro95, Satria FU, Vixion & BYSON dari VSX sampai sekarang AX7.. Sedikit informasi tentang SHELL ADVANCE AX7. Oli ini mempunyai sistem RCE, RCE singkatan dari Reliability of oil performance, Control, Enjoyable Ride. RCE memberikan perlindungan lebih terhadap komponen mesin, mengoptimalkan kopling sehingga mencegah terjadinya selip kopling & mengurangi getaran mesin. Shell Advance AX7 memiliki viscosity grade SAE 10W-40 dengan spesifikasi dan approval API SL, JASO MA2. Sekali lagi ini bukan Iklan... udah ahh langsung aja deh ganti oli.. nih langkahnya..


Panaskan terlebih dulu mesin motor anda kurang lebih selama 5 menit. Setelah itu keluarkan oli saat keadaan mesin masih panas. Hal ini dilakukan agar oli menjadi lebih encer dan gram dari gesekan antar komponen bisa ikut larut saat oli dikeluarkan.. Tapi jangan lakukan saat mesin masih terlalu panas. Kondisi yang masih terlalu panas dapat membuat metal memuai.

Hindari menyempotkan lubang masuk oli dengan menggunakan angin kompresor (seperti bengkel2 pada umumnya). Mengapa? Udara dari kompresor mengandung air. Sehingga bisa beresiko menimbulkan karat. Sebaiknya didiamkan supaya sisa oli turun. Miringkan motor ke samping kanan & kiri. Jangan sekali sekali menkick stater untuk mempercepat keluarnya oli. Temen UB bilang, bisa memperpendek umur piston "katanya loh". kalau UB sendiri sih mendingan didiamkan semalaman biar oli keluar secara alami ga mengandung formalin & borak.. apa coba... ya pokoke semaleman deh... besoknya baru deh oli dimasukin.. 

Ayo masih adakah BroSis yang bilang susah ganti Oli or ga punya waktu !!???? dasar males...Ups
Silahkan dikomentari.... Salam Seruduk B 3796 TEE

UPGRADE PILOT JET DAN MAIN JET YAMAHA BYSON/FZ-Series
Minggu, Juli 22, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Setelah kemarin ub sukses UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON/FZ-Series dengan HASIL MAKNYOS BERMODAL 10 RIBUan yang bermain disekitar INTAKE, Sekarang UB juga mencoba mengUPGRADE daleman karburator BYSON bermodal tidak lebih dari 50 RIBUan dengan hasil MAKYOS.. tapi alangkah baiknya kita mengetahui fungsi Pilot & Main Jet.. Cekidoott.

Kiri Karburator BYSON Baru 2011 ke atas

FUNGSI PILOT JET DAN MAIN JET

Di dalam karburator, selain ada pelampung dan jarumnya, juga terdapat part yang namanya pilot dan main jet.Secara fungsi, baik main jet maupun pilot jet merupakan part jeroan yang dipakai untuk mendukung tugas utama dari karbu,

Ilustrasi. Kiri Pilot Jet Kanan Main Jet
PILOT JET
Saat mesin mulai distarter dan hidup, suplai bahan bakarnya dialirkan melalui pilot jet. “Sampai putaran mesin menengah, pasokan bahan bakar masih mengandalkan part itu. Boleh dibilang juga, bahwa onderdil ini membantu motor untuk berakselerasi pada putaran mesin bawah sampai menengah,”
Makanya, tak jarang untuk mendapatkan besutan yang galak di putaran mesin bawah, ukuran pilot jet diseting ulang. Tapi bagaimana menentukan bahwa ukuran pilot jetnya sudah pas?

“Gampang. Setelah pilot jet bawaan motor diganti ukurannya dan motor digeber, coba lihat sisa pembakaran di ujung busi. Bila berwarna putih, tandanya suplai bahan bakar terlalu miskin,”


Itu kalau ukurannya kekecilan, nah bila terlalu besar maka akan terlihat saat grip gas dipelintir spontan. Di sini mesin motor tak bisa langsung meraung di putaran rendah sesaat setelah grip gas dibuka.

Namun setelah putaran mesinnya mulai sesuai dengan suplai bahan bakar, maka mesin akan normal kembali. “Itu terjadi karena pada rpm rendah, suplai bahan bakar terlalu banyak,” 




MAIN JET
Juga dipakai sebagai part pendukung karbu untuk mensuplai bahan bakar ke ruang bakar. Walau fungsinya sama, namun main jet akan bekerja mengalirkan bahan bakar saat putaran mesin sudah ada di tengah sampai atas.

Saat mengaplikasi knalpot aftermarket untuk mendongkrak stamina, biasanya mekanik menyarankan untuk ganti ukuran main jet. “Tentu itu untuk bisa mendapat suplai bahan bakar yang pas, saat rpm mulai main di putaran mesin tengah sampai atas,...

Nah untuk mendapatkan ukuran yang pas, perlu perhatikan tanda-tandanya. Bila kelar ganti main jet dan saat motor digeber cepat menjerit, maka dipastikan ukuran main jet kekecilan. “Tentu hal itu membuat motor larinya jadi tak bisa maksimal,
Sebaliknya, bila ukuran main jet terlalu besar maka akibatnya mesin akan brebet di putaran atas. Tentu hal tersebut karena suplai bahan bakar yang terlalu berlebih.


bagaimana masih adakah pertanyaan tentang fungsi dari main jet & pilot Jet..??
simplenya seperti ini... Pilot Jet Hubungannya dengan Udara Sedangkan  Main Jet Hubungannya dengan BBM (bahan bakar), PJ & MJ harus seimbang, jika salah satunya miskin pasti didapat hasil yang tidak memuaskan...

Lingkaran sebelah kiri Udara & kanan BBM
Waktunya praktek..
Bahan..
1. Pilot Jet pakai scorpio ukuran 17,5 (+/- Rp.25.000)

2. Main Jet pakai bawaan suzuki satria FU ukuran 115 (+/- Rp.20.000)
PJ & MJ yang banyak beredar dipasaran merk Veezumi
Setelah membeli 2 componen tersebut PJ & MJ ya tinggal pasang...

Pilot Jet pakai scorpio ukuran 17,5 (standar 15) , sedangkan Main Jet pakai bawaan suzuki satria FU ukuran 115 (standar 112,5). untuk menyesuaikan ubahan di spuyer, hasilnya tenaga naik dari standar, tapi bensin agak sedikit boros.. jangan lupa stel ulang karburator nya setelah part di atas di ganti. 

Tips mensetting Karburator..
Pada gambar diatas ada "lingkaran merah sebelah kiri Udara & kanan BBM" karena setting karburator ya hanya main di 2 daerah tersebut...
INDIKATOR suksesnya kita mensetting karburator bisa dilihat pada bibir busi tempat memercikan api untuk menghasilkan pembakaran..

Contoh..
Baut angin "kiri" kita putar sampai mentok searah jarum jam lalu kita putar 2 1/2 putaran kearah sebaliknya, untuk baut BBM kita sesuaikan (bisa kekanan atau ke kiri) hingga mendapat putaran mesin langsam (+/- 1500 RPm) lalu diamkan sampai suhu mesin ideal (+/- 5 Menit).. betot handle gas sampai mentok berulang2 (5-10 kali), lalu matikan mesin lepas dan lihatlah bibir busi tersebut, jika pada bibir busi hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin berarti asupan udara perlu ditambah atau asupan bensin perlu dikurangi......

-Jika hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin.
-Jika masih terang/kering berarti konsumsi BBM miskin Udara kaya.
-Jika berwarna merah bata merata pada bibir busi berarti BBM dan udara pas (settingan ideal)

INGAT : Kalo top speed seh gak terlalu ngaruh brosis, soalnya kalau top speed banyak faktor juga yg nentuin, tp kl buat akselerasi itu lebih enteng aja,, top speed pernah di coba juga nyampe 110 KPJ, tp buat nyampe 110 kpj itu gak terlalu ngos2an.. motor pake ban & velg lebar.

Pengalam praktek lebih berharga daripada KEBO sering dibawa kebengkel hanya untuk setting karburator.. Jika dalam artikel ini banyak kesalahan or kekeliruan UB sangat welcome kritikan & saran.. Silahkan dikomentari...

Sumber
1. http://yozgie89.blogspot.com/2011/04/sekilas-tentang-pilot-jet-dan-main-jet.html
2. http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=307243775995037&id=262206457165436

Marhaban Ya Ramadhan
Jumat, Juli 20, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Semoga tak akan dosa hati ini membawa namamu duhai Bulan yang mempesona, dalam rangkaian kalimat sederhana tak banyak makna yang dibentangkan oleh si Pendosa.
Semua semata-mata hanya untuk meredakan kerinduan dan betapa sayangnya ia padamu, semoga Ilahi kan mempertemukan kita kelak di bawah indahnya lailatul qodar.

Adakah saat-saat lain yang bisa menyingkirkanmu?
Sedangkan kitab yang menceritakan Kalimat Tuhan kita mengagungkan tanpa ada ragu menodainya.

Adakah hari-hari lain yang lebih menenangkan dan menyejukan hati mereka yang percaya pada Robb'nya selain hari dimana kau adalah penghulunya?
Sungguh sekalipun detik terindah mereka dikumpulkan, tetap saja detik dalam namamu takkan mampu tergantikan.


Bagaimanakah cara pendosa ini merangkulmu?
Apakah dengan tangan hina ini?

Bagaimanakah cara pendosa ini menghadapmu?
Haruskah dengan wajah nista ini?

Bagaimana pula ia akan hidup dalam KeagunganNya yang murah saat kau tiba?
Mestikah dengan hati yang tersakiti ini?
Dan takkan menepi pertanyaan dalam benak ini untukmu, untuk mengharap Keluhuran Ilahi dalam nama Penuh Keindahan.

Terangkan kami Duhai Ramadhan, kelembutan Ilahi dalam balutan dahaga yang tertahan.
Yang semoga Ia me-ridhoi kami atasnya.

Perlihatkan kami Duhai Al-Mubarak, tanda kecintaan Ilahi dalam lapar yang tak tentu arah. Yang semoga Ia semakin menguatkan kami karenanya.

Entah bagaimana Para Penggubah Syair Rabbani memuja-mujimu, yang ku yakin kerinduan mereka jauh melampaui pikiran dan lebih dalam dari relung hati yang terselubung sekalipun.

Dan sirami kami dengan MahabbahMu dalam tiap detik yang merambat namun cepat di Ramadhan tahun ini, Duhai Ilahi.
Agar takkan ada tangis saat kelak ia meninggalkan para Pendosa ini di waktu Fitri.

Belenggu Qalbu-qalbu kami dengan RamadhanMu yang kian menghampiri bersama semangat Nabawi, ya Robbi.
Semoga ia dengan izinMu, kan menuntun kami menjadi pemenang sejati di akhirnya nanti.


Bracket Box & Side Yamaha Byson/FZ Series
Kamis, Juli 12, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Lebaran 2012 sebentar lagi & BroSis bingung mengatasi barang bawaan yang banyak berlimpah.. naik bus & kereta api mahal + bejubel penumpangnya, mobil ga punya... punya cuma BYSON,, tapi BYSON naruh barang bawaan dimana, ditangki ngaplikasikan sistem kondom ga kuat untuk naruh barang, dibelakang tambah kayu yang menjulang panjang kebelakang nyiksa boncengger + pengendara lain... tenang setiap permasalahan ada jalan keluarnya... untuk permasalahan ini Braket & Side Box adalah jawabannya... tapi mencari braket yang kuat dan terjangkau untuk YAMAHA BYSON tidak semudah mencari bracket untuk motor yang lain.. setelah browsing di mbah google akhirnya UB dapat juga... cekidot...

Tidak merubah apapun..
Tampak atas
Tampak samping kanan
Tampak samping kiri
Tampak belakang + sudah dipasang box...
Bagaimana menurut BroSis?? bagus tidak??
Bracket box & side, 10 keunggulan :
1. Bahan besi as ; Kokoh (partikel kecil tidak bisa di pilox) dengan cat warna hitam aidicurt (proses oven).

2. Bagian atas bisa di slide/geser.

3. Tanpa melepas hendel jadi mudah dipasang & dirakit.

4. Tambahan plat untuk stiker club.

5. Plat untuk antena.

6. Plat untuk lampu acessories.

7. Brecket side bisa langsung pasang Box, tanpa tambahan dudukan.

8. Garansi 1 tahun.

9. Bagi member YBCI disc 10%.

10. Harga murah Rp. 500rb. 

Binggung belinya dimana....???
Nih no HPnya (Cal/sms 087870125433) 
Apa mau langsung kelokasi... (CIBINONG BOGOR JAWA BARAT)...


BYSON/FZ Series BODY KIT FULL SET LENT AUTOMODIFIED
Senin, Juli 09, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Bingung mau modifikasi KEBO BroSis, mau keseluruhan apa satu persatu karena dana terbatas.. ga usah bingung nih UB bantuin cariin.. cekidot foto-foto dibawah ini key..

RED-WHITE
Yellow
Black striping Blue
BroSis sudah dipilih-pilih belum warnanya, ada yamg kuning, Putih, atau Hitam

BYSON BODY KIT FULL SET
LENT AUTOMODIFIED
Rp. 2.600.000,-
Keuntungan Beli 1 set
- Warna bisa pilih
- Harga Lebih murah dibanding beli satuan

FULL set terdiri dari:
   1. Alis Lampu
   2. Spakbor Depan
   3. Kondom Tangki Kanan+Kiri
   4. Shroud Kanan + Kiri
   5. Cover Engine
   6. Rear Hugger
   7. Undertail Set ( Selancar, Fender Eliminator,Lampu Rem )

BroSis merasa keberatan untuk beli Full Set.. tenang aja bisa diketeng/satuan kok tapi tetap harus cash bayarnya (ga bisa kredit)...

Alis Lampu Rp.150.000

Spakbor Depan Rp. 350.000
Kondom Tangki Kanan+Kiri Rp. 550.000

Shroud Kanan + Kiri Rp.350.000

Cover Engine Rp.375.000

Rear Hugger Rp.350

Undertail Set ( Selancar, Fender Eliminator,Lampu Rem ) Rp.575.000
Untuk UNDERTAIL BYSON LENT
Terdiri dari 6 bagian
1. Spakbor Kolong / Selacancar
2. Fender Eliminator Almunium
3. Fender Eliminator
4. Rumah Lampu Rem
5. Lampu Rem
6. Besi Pegangan Fender Eliminator
NOTE
PAKET TIDAK TERMASUK BODY SAMPING!
TIDAK TERMASUK LAMPU SIGN

BroSis tertarik ya monggo disatroni ke markas baikerboi

http://www.baikerboi.net/products/145/0/AKSESORIS-BYSON-by-LENT/

Fungsi AIS pada Yamaha BYSON/FZ Series
Minggu, Juli 08, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
AIS merupakan kepanjangan dari Air Induction Sistem. Punya fungsi mengurangi kepekatan gas buang atau polusi. Tentu lewat cara menginjeksikan udara ke dalam lubang exhaust. Sehingga polutan lebih rendah dan dianggap ramah lingkungan.
Gambar 1 Dari kiri ke kanan X1, X2, X3

Air Induction System (AIS). berfungsi sebagai penambah udara bersih (O2) di sistem gas buang. Prinsip kerjanya adalah mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air. Jadi Air Induction System (AIS) berfungsi untuk menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar, dengan cara mrenginjeksikan udara segar ke lubang pembuangan untuk mengurangi kerapatan kadar emisi Hidro karbon. Hasil pengujian didapat sebagai berikut: Rata-rata gas NO. hasil pembuangan yang menggunakan Air Induction System lebih tinggi dibandingkan dengan gas NO. hasil pembuangan standar dengan gain rata-rata sebesar 0,0955 ppm volume N0x. Perbedaan tersebut disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam saluran knalpot lebih banyak melalui Air Induction System sehingga mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air, serta menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar.
 
Gambar 2
Teknologi AIS ada di motor baru mulai dari 2006 sampai sekarang. Gunanya memenuhi standar Euro 2 atau Euro 3. Secara performa mesin, AIS memang tidak menambah tenaga. Bahkan katanya malah mengurangi power. Mungkin karena campuran udara yang diinjeksikan menghambat laju gas buang.Hal ini membuat banyak mekanik berpikir jika AIS dilepas lebih bagus, tenaga juga jadi lebih plong.
Biar nggak salah lepas AIS tentunya harus tahu dulu sistemnya. Perhatikan bongkahan yang diikat di kepala silinder. Itu merupakan rumah atau katup AIS. Di tempat itu ada tiga slang yang menuju AIS. Slang dari filter udara, slang dari intake manifold dan slang yang menuju lubang buang di head.
Jika BroSis ingin meMODIFIKASInya mudah & irit. Cara yang paling mudah adalah cukup copot/tutup slang yang menuju lubang buang lewat head (gambar 1, X2). Untuk menonaktifkan AIS tidak perlu menunggu AIS berbuat korupsi seperti koruptor. Kapan aja, AIS bersedia dilepas dari jabatannya itu.
“Nutupnya cukup pakai lem besi, Selain dengan lem besi juga bisa ditutup pakai baut seukuran baut 14 untuk lubang X2 (ke cylinder head). Ini sudah cukup, tidak akan pengaruh terhadap kinerja mesin.

Kalau memang benar-benar mau melapas AIS secara total, semua slang harus dilepas. Perlu diingat, bekas slang itu harus ditutup atau harus dimatikan. Seperti yang menuju manifold dan yang mengarah ke filter udara. Selain irit biaya langkah ini juga bikin motor lebih hemat. “Lebih irit dibanding kalau pakai knalpot racing tanpa menutup lubang AIS,”.
 Lihat gambar 1
 
X1 : dari saringan udara/air filter
X2 : ke cylinder head
X3: ke manifold pemasukan

INGAT.
1. Modifikasi ini tidak disarankan karena akan menghilangkan garansi motor dan dampak kedepan belum diketahui.
2. Karena fungsi AIS untuk mengurangi efek kepekatan gas buang atau polusi.
Bijaksanalah dan berfikir sebelum bertindak.. salam seruduk
 
Modifikasi BYSON or FZ Series....Inspirasimu
Sabtu, Juli 07, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Yamaha Byson dari sananya sudah gagah dan berpenampakan Sport Touring sejati.. tapi bagi yang belum puas dengan penampilan standart ya monggo dilihat saja foto-foto modifikasi dibawah ini, dari yang cuma modifikasi ringan sampai modifikasi Extreme... cekidot foto-foto hasil Browsing UB di mbah google..
Simple tapi menarik
Mau seperti FZ8
Bagi yang suka Touring
Bagi yang suka Gahar
Cutting Stiker Byson

Ga puas sama foto-foto yang UB tampilkan... mau lebih banyak lagi... silahkan berkunjung ke Facebook UNIVERSAL BYSON ...
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.119132501563106.21849.100003990692989&type=1
selalu up to date foto-fotonya...

Atau Brosis ada yang mau KEBOnya di posting di BLOG ini.. ya monggo kirimkan foto-foto hasil modifikasi Brosis semua lengkap dengan data modifikasi dan biaya yg dikeluarkan KE universalbyson@yahoo.com atau alviannur@gmail.com .... GRATIS

UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAKNYOSS..... Part 3
Minggu, Juli 01, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur


Pada artikel sebelumnya ..UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAKNYOSS. Part 2 UB Sudah berhasil dengan experimen mengupgrade dengan hasil MAKNYOS dengan biaya Rp.10.000 Tapi emang tidak ada pembuktian secara fisik (DYNOTEST).. setiap modifikasi pasti ada kelebihan dan kekurangan.. kelebihannya memang akselerasi bertambah namun dari segi konsumsi bahan bakar juga mengalami peningkatan tingkat keborosan.
Pertanyanya adalah ..... berapa banyak banyak sih si KEBO minum bensin dengan keadan standart & dengan perangkat racing setelah (INTAKE sudah dipotong) & metode yang digunakan FUELTANK to FUELTANK.... memang metode ini kurang akurat dibandingkan menggunakan tabung/gelas ukur tapi berhubung ribet akhirnya dipilih metode ini.. sebagai informasi sebelum intake dipotong konsumsi bahan bakar si kebo UB sekitar 35-37 Km/Liter premium dengan total bobot pengendara & pembonceng sekitar 150-160 Kg, tiap hari menempuh jarak 30 Km PP kecepatan rata2 60Km/jam, maklum jakarta kdang bisa 80 kadang cuma sanggup 30 pokoke riding versi anak kantoranlah.... 

TRIP METER on SPEDO METER
Nah sekarang setelah INTAKE dipotong dengan keterangan seperti riding versi anak kantoran didapat konsumsi bahan bakar premium 30 Km/Liter (lebih boros 5-7 Km/liter) dalam keadan full STANDAR PABRIK kecuali INTAKE. dengan perhitungan.. isi full tangki dengan bahan bakar lalu reset trip Meter menjadi 0, setelah mendapat jarak yg kita mau 227,4 Km (gambar diatas) masuk lagi ke POM bensin lalu isi kembali tangki sampai penuh dan didapat Rp.34.000 atau = 7,55 LITER.. sekarng 228 Km (dibagi) 7.55 Liter = 30,19 Km/LITER. hehe jadi boros ya... itu semua spart part racing belum dipasang alias Full original... kalau sparepart racing sudah dipasang konsumsi bahan bakar dan akselerasinya gimana...?? tunggu minggu depan key karena sparepart baru selesai dipasang...

Busi, Cangklong & 9 Power

CDI BRT
Komponen racing yang dipasang semuanya plug & play layak untuk dipakai harian.. CDI BRT PowerMax (Rp.400-450), Cangklong Kitako (Rp.20-30), 9Power (Rp.40-50). Busi Denso Iridium (Rp.90-100), Knalpot Nob1 (Rp.375-400), Knalpot Racikan (Rp.400-425), & terakhir isi angin ban depan-belakang dengan Nitrogen (Rp.10) total keseluruhan Rp.935-1040 ribu...
Dari hasil pemakaian sehari-hari selama +/- 1 minggu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan sparepart racing tarikan ngisi trus mulai dari Rpm 2500 -> 9000, diatas 9000 tanaga mulai ngedrop or naiknya lama mungkin dikarenakan masih menggunakan Pilot & MainJet standart. Untuk konsumsi bahan bakar belum diketahui coz belum ngisi bensin.. soo menurut Anda semua gimana??? monggo dikomentari..