Ganti Kampas Rem Belakang BYSON
Sabtu, November 10, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Akhir-akhir ini kemampuan rem belakang sudah mulai menurun, terasa licin meskipun tuas rem sudah diinjak sekuatnya tetep saja motor ngluyur. ditambah musim hujan untak daerah jakarta sudah mulai datang lengkap deh penderitaan rem depan yang harus kerja ektra keras.. tapi faktor sebenarnya ya memang kampas rem KEBO kepunyaan UB sudah mengabdi selama 2 tahun alias dari baru belum pernah diganti, jadi wajar saja kalau sudah menurun..




3 indikator kampas rem tromol harus diganti
1. Indikator panah pada rumah tromol sudah saling berbenturan ( -> <-).
2. Indikator baut pengait sudah jauh dari tempat aslinya (di ujung)
3. Walau sudah diinjak sekuatnya tetep saja motor ngluyur.

Jika 3 indikator tersebut sudah terpenuhi ya langsung saja ganti kampas remnya jangan nunggu hal yang tidak di inginkan terjadi..

Brake Shoe - 1S7-F530K
Sukurnya untuk Sparepart mudah sekali dicari, baik itu di dealer resmi maupun di warung rokok pinggir jalan ups.. bengkel kecil Xixixi
Just info.... punya BYSON sama persis dengan Jupiter MX, jadi kalau mau beli di bengkel kecil biar tidak keder mekaniknya..untuk harga eceran tertinggi (HET) Yamaha Rp.42 ribu.

Untuk pemasangannya yah ter serah BroSis saja, mau sendiri apa dibengkel, ongkos skitar 5-10 ribu.. tapi kalau UB pilih pasang sendiri lah wong gampang + biar ga dibilang mau pake motor doang giliran rusak kita serahkan orang lain yang mengerjakan... ga banget la yauuuuu... Lebaaay DOT com..

Nih peralatan yang dibutuhkan
1. Kunci Ring/pas 19,17, 12, 10
2. Martil secukupnya hehehe (batu juga boleh kalau kepepet)..
3. Obeng/besi (jika diperlukan)
semua peralatan boleh pinjam


Nih langkah-langkahnya

1. Posisikan motor dengan standar tengah. Buka baut pegangan tutup tromol dengan kunci shock 10 atau yang sesuai
2. Buka baut setelan rem dengan kunci pas 12 atau yang sesuai
3. Buka baut as roda belakang dengan kunci ring 17 kiri dan 19 kanan
4. Lepas rantai dari gear, as roda dan roda belakang
5. Lepas kampas rem.

Susdah terlepas semua
 6. Pasang kampas rem yang baru, Tenang tidak mungkin kebalik kok.

Kampas rem baru sudah terpasang
7. Pasang kembali kebalikan dari urutan saat bongkar, jangan lupa kencangkan baut-bautnya, stel rantai (jangan sampai terlalu kencang). Kalau sudah selesai tinggal dicoba dan rasakan bedanya.

 Sudah 3 hari kampas rem di aplikasikan dan hasilnya okeh, sekarang kampas rem depan tidak perlu keja keras lagi deh wong sudah ada pasangannya... monggo dikomentari bagi yang mau.. salam serduk duk duk.

This entry was posted on Sabtu, November 10, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

5 comments:

On 15 November 2012 00.20 , ixan_inside mengatakan...

ban belakangnya pake merk dan uk brp tu om UB

 
On 15 November 2012 06.48 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Merk PRIMAX 140/70-17 = 420rebu, tp UB menyarankan pake merk yg lain aja Bro,, yg ini kurang bagus.

 
On 18 November 2012 01.11 , ixan_inside mengatakan...

di daerahku cm ada Corsa S123, Primax, Swallow X-Worm, Dunlop, Pengen Coba Zeneos ZN91 tp ssh nyarinya

 
On 18 November 2012 16.06 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Daerah mana tuh Bro..??

 
On 12 Juli 2015 12.24 , luther kevas mengatakan...

bro,kampas rem ane sudah di ganti ame yang baru,tapi kenapa masih bunyi ya? trus ane ganti lg ame yang lama bunyi jg,pdhl sblm ganti ame yang baru,kampas rem yang lama nggak bunyi.trims