Kontroversi Plat Kompling Scorpio pada Yamaha BYSON/FZ-Series
Selasa, Oktober 23, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Part yang satu ini memang buming di pengendara kebo dan sebenarnya UB sudah lama dapat bisikan bahwa PLAT KOPLING Yamaha Scorpio bisa diaplikasikan ke Yamaha BYSON. tetapi berhubung masih berupa bisikan jadi UB urung untuk memfolow-up ke Blog ini. lebih baik cekidot deh Pro & Kontra part ini..





PRO..
Bentuk dan ukuran sama saja, fungsinya juga sama. Tapi, harga jauh berbeda. Coba saja tanya ke bengkel resmi Yamaha harga kampas kopling 

1. Milik Byson 4 buah, "45P-E6321-00. Rp 80 ribu X 2 buah dan  45P-E6331-00. Rp 30 ribu X 2 buah" total = Rp.240. 

2. Milik V-ixion 5 buah, "EC1-E6307-00. Rp 42 ribu, EC1-E6331-00. Rp 30 ribu per buahnya dan  EC1-E6321-00. Rp 79 ribu X 3" total = Rp.309. 

3. Milik Scorpio 6 buah, "5BP-E6321-00. Rp 24 ribu X5 buah, dan  5BP-E6321-00. Rp 30 ribu" total = Rp.150. 

Ketiga motor tersebut pada dasarnya desain kampas kopling podo. Pembedanya kode part. Yakni, Scorpio berkode 5BP-E6321-00, V-Ixion EC1-E6307-00, dan Byson 45P-E6321-00.
Biasanya, perbedaan harga ini terjadi lantaran vendor kampas berlainan perusahaan. Ya, tentu saja perusahaan pembuat kampas yang bekerjasama dengan produsen Yamaha. Toh, kualitas kontrolnya juga sama dari Yamaha. Ya, layak pakai, bro.

Jumari yang menjabat chief mekanik Perwira Motor yang beralamat di Cinere, Depok, menjamin tidak ada modifikasi sama sekali dalam subtitusi ini,  “Sampai ketebalan daging kampasnya sama. Pasang, tinggal  plekuntuk V-ixion menggunakan 4 kampas dan Byson 5 kampas. Itu saja bedanya,” ujar Jumari.
Jumari yakin seyakin-yakinnya tidak aka ada efek samping. Dia sudah berulang kali mengganti kampas Byson dan V-ixion pakai milik Scorpio.  Yang ada efek samping ke dompet sang pemilik, tidak banyak berkurang isinya

 
KONTRA....

Tiga motor sport Yamaha yaitu Scorpio, V-ixion dan Byson punya dimensi kampas kopling sama. Lingkar dalam, luar serta jumlah kaki yang nggak beda jauh. Makanya dianggap bisa saling tukar. Eits…, mesti diluruskan. Meski dimensi sama, belum tentu bisa saling tukar. Semua part memiliki bentuk, desain tapak kampas dan jumlah kampas berbeda.
 
 “Yang bisa subtitusi cuma kampas kopling Scorpio ke V-Ixion. Meski beda part number dan jumlah kampas kopling yang dipakai. Apalagi selisih harganya juga lumayan, bisa lebih dari setengah. Bahkan dilihat detail, diameter kampas kopling Scorpio punya kelebihan pada bahan yang sedikit lebih tebal. Pasti lebih lebih kuat karena kapasitas mesin Scorpio lebih gede,” ucap Zaky dari Cineng Motor di Jl. HOS Cokroaminoto, Batas Kreo, Ciledug, Tangerang.

Lanjut Zaky, misal kode part kampas V-ixion 3C1-E6321. Satu set dijual 5 lapis dengan harga satuan sekitar Rp 80 ribu. Sedang kampas kopling Scorpio dengan kode 5BP-E6321, bisa dibeli kepingan (ketengan), satunya sekitar Rp 30 ribuan. Kalau cuma pakai 5 keping Rp 150 ribu.

Nah, paling beda sekali kampas kopling Yamaha Byson yang berjumlah ada 4 keping. Meski kapasitas silinder sama dengan V-ixion dan memiliki diameter kampas kopling sama, perbedaan mencolok bentuk tapak kampas kopling yang punya part number 21C-E6331 itu.

“Waktu dibongkar, tapak kampas kopling Byson lebih kecil sehingga jumlahnya banyak. Serta memiliki celah antar kampas sedikit renggang daripada punya Scorpio atau V-ixion. Dijual seperti V-ixion yang satu set,” timpal A. Ketut Hargunanto, mekanik Pro Tunner di Jl. Mertasari No. 98, Suwung Kagin, Denpasar.

Nah sekarang tinggal BroSis aja bagamana menyikapinya... silahkan dikomentari

Sumber :

|
This entry was posted on Selasa, Oktober 23, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

8 comments:

On 29 Oktober 2013 09.14 , adiwab mengatakan...

Kalau mengganti dengan plat kopling scorpio/ vixion apakah lebih awet?
Ane pake byson ada masalah dengan plat kopling. Bengkel Yamaha Service sech bilang supply oli ke bagian plat kopling byson emang bermasalah dan sedikit sekali jadi gampang aus platnya
Kira2 ada solusi buat masalah ini? Tolong di share dong solusinya
Thanks

 
On 30 Oktober 2013 20.59 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

UB kurang sependapat dgn bengkel yamaha yg Bro adi kunjungi, bukti apa mekanik bisa bilang seperti itu?? jika memang benar bgitu banyak dong KEBO yg plat koplingnya aus?? punya UB sdh dari sep 2010 plat kopling masih oke blm ada tanda2 aus. menurut UB pribadi sih plat kopling aus dikarenakan pemakaian yg tidak normal (sering geber2) or kualitas oli yang kurang baik. plat kopling scorpio kalau pemakaianya tidak normal jg cepat aus walaupun punya PIO lebih tebal platnya..

 
On 11 Februari 2015 07.55 , Ridho Gooners mengatakan...

Kalo buat nevil bisa ga yagan kamkom scorpio?

 
On 11 Februari 2015 07.56 , Ridho Gooners mengatakan...

Kalo buat nevil bisa ga yagan kamkom scorpio?

 
On 30 Juli 2015 21.19 , Prasta Herinda Kusuma Atmadja mengatakan...

sys udah 2 kli ganti kanvas kebo pke pio.terahir kmaren ganti di bered sasak jarang bekasi.lus mangkok dudukan kanvas.kebo saya malin loncat.oh ya umur kebo udah 3 tahun.

 
On 21 September 2015 17.38 , iman nur mengatakan...

Saya pernah pakai kanvas koplingnya vixion utk byson. Hasilnya motor lebih bisa loncat. Kurang Puas, ane tambahin pake per kopling TDR. Hasilnya lebih menjambak. 3 minggu kemudian motor gk bisa lari coz kanvasnya gosong.. Wkwkwkwk.. Rencana mo nyobain kanvas kopling ninja rr. Soalnya kanvas kopling byson susah nyanyinya mas bro..

 
On 30 September 2015 04.03 , Unknown mengatakan...

Semalam saya ganti kampas kopling vixi pakek punya pio. Tapi kok agak berat masukin gigi nya y. Mohon pencerahannya

 
On 30 September 2015 04.03 , Unknown mengatakan...

Semalam saya ganti kampas kopling vixi pakek punya pio. Tapi kok agak berat masukin gigi nya y. Mohon pencerahannya