Kampas Kopling Yamaha Byson aftermarket
Minggu, Oktober 21, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Brosis salah satu pengguna Yamaha Byson keluaran awal "2010" seperti UB yang merasakan tenaganya kurang ‘menggigit’? Bisa jadi karena kampas kopling (KK) sudah menipis, jadi tenaga mesin enggak tersalur sempurna. Apalagi usia motor sudah setahun lebih dan dipakai setiap hari buat beraktivitas.

Daripada ganti kampas kopling standar, mending sekalian di-upgrade. “Pakai KK racing merek MaxTreme untuk Byson yang satu set berisi 5 lembar,” ucap Ian dari Arya Wom'S.



Masih menurutnya, “Aslinya pakai 4 lembar, tapi rumah kopling Byson muat dijejali 5 KK (gbr.1). Tenaga mesin tersalur sempurna, per kopling tetap pakai standar, jadi handel enggak keras saat ditarik,” promo pria pemegang label MaxTreme.


Harga KK MaxTreme untuk Yamaha Byson dijual Rp 180 ribu. Tapi kalau ogah repot, siapkan dana Rp 200 ribu sudah termasuk KK racing Byson, pelat kopling tambahan dan ongkos pasang. “Itu khusus pengerjaan di bengkel sini, kalau order dan pasang di tempat lain kena harga normal Rp 250 ribu hehehe...,” terang Ian, sapaannya. Wah, bisa saja ente bro!


Berikut proses pasangnya. Pertama lepas semua baut pengikat bak kopling pakai kunci T-8. “Jangan lupa kuras oli yang masih ada di dalam mesin, baiknya sih sekalian ganti oli,” ucap Ian. Dilanjutkan melepas 4 buah baut pengikat mangkok kopling pakai T-10.

Nah, sebelum aplikasi 5 lembar KK racing, Anda harus menambahkan 1 pelat kopling milik Yamaha V-Ixion (gbr.2). Nah, lanjut deh pasang KK ke rumah koplingnya, urutan pasangnya KK-pelat-KK-pelat begitu seterusnya. Baru diakhiri dengan mangkok kopling dan per kopling (gbr.3).


Tapi sebelum mengencangkan baut pengikat rumah kopling dan per koplingnya, baut harus diganjal ring sebanyak 3 buah tiap bautnya. “Ini supaya per kopling enggak terlalu ngepres, jadi saat handel ditarik, mekanisme gerak mangkok kopling tetap lancar,” urai Ivan di Jl. Kalisari II No.178, Lapan, Kalisari, Ps. Rebo, Jakarta Timur

Terakhir tinggal setel deh jarak main stut kopling pakai kunci ring 10 dan obeng plus (gbr.4). Pastikan mangkok kopling terangkat sempurna saat handel kopling ditarik. Beres, tinggal pasang blok kopling dan tuang oli baru. Ehh bener, lebih menggigit!  

This entry was posted on Minggu, Oktober 21, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

3 comments:

On 23 Oktober 2012 00.40 , Anonim mengatakan...

Dimana tuh mas bro alamatY klo blh tny ada ga bengkel yg bgs bwt byson di daerah bekasi.....?
ane biasa servis ke Serang Banten wkt msi di banten dibengkel langganan tp skrg dh ga kuat jarak jauh PP,cri bengkel di bekasi bnyk di bohongin n di curangin....
sblmY tengkiyu......
salam srudug.....

 
On 24 Oktober 2012 06.31 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Untuk Daerah bekasi ane jg kurang paham Mas.. tp menurut info didekat stasiun bekasi ada yang bagus..

 
On 14 September 2015 18.41 , kiki rizki mengatakan...

Bro no telp nya bro berapa?