MENGENAL STANDAR HELM
Rabu, Agustus 01, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Berbicara mengenai standart dalam helm, setahu UB ada beberapa jenis diantaranya adalah SNI, DOT dan SNELL.. HELM itu sangat penting untuk pengguna motor, jadi tanpa helm mendingan tidak usah naik motor deh... mau jauh-dekat ga ngaruh... emang brosis tau kapan mau jatuh !!!.. Pembalap motor GP aja bisa jatuh apa lagi kita amatiran...

1. SNI
Helm SNI adalah helm yang dibuat dengan standarisasi yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi nasional. Dan menurut perundang undangan lalu lintas dinegara kita bahwa helm yang kita gunakan minimal haruslah memenuhi standart yang ini.

2. DOT
DOT itu adalah kepanjangan dari "Departemen Of Tranportation" atau Departemen transportasi nya US. DOT telah menetapkan standar helm yang (sedemikian rupa sehingga) boleh beredar di US, dan standar itu mengharuskan para produsen-produsen helm melakukan uji kelayakan atas produknya masing-masing, apabila mau memenuhi pasar di US. Setelah mereka merasa sudah memenuhi standar, maka stiker DOT ini mereka tempel sendiri. Jadi bisa di simpulkan bahwa DOT itu merupakan "self claim" dari pabrik helm tersebut.

Sehingga jika merk-merk terkenal seperti AGV, Shoei, Arai, Airoh, Nolan, dll yang telah tertempel stiker DOT ini, bisa dipastikan kalau stiker itu benar adanya, alias asli gak bohong-bohongan atau Cuma aspal (asli tapi palsu). Hal ini dikarenakan apabila helm-helm yang telah tertempel stiker DOT itu masuk ke US, secara random helm itu akan di uji oleh laboraturium DOT yang dilaksanakan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Association) apakah sudah benar memenuhi standar mereka, dan jika tidak lulus (meskipun sudah tertempel stiker DOT) ancamannya merk tersebut di Blacklist. *namun mungkin pada kenyataannya, tetap saja terjadi banyak penyimpangan banyak produsen2 yg tidak bertanggung-jawab, menempelkan stiker2 DOT itu ke helmnya (padahal tidak pernah di test atau dibuat sesuai dengan standar DOT). Hal ini mreka lakukan agar produknya laku.

3. SNELL
SNELL adalah standart mutu yang dikeluarkan oleh, SNELL MEMORIAL FOUNDATION dimana itu merupakan lembaga institusi standar independen yang tidak terikat pada regulasi Negara. Lembaga ini diakui memiliki standar tinggi dan didukung oleh banyak pabrikan helm kelas dunia. Bahkan SNELL melakukan pengujian lebih ketat dari standar pemerintah US. SNELL bahkan memiliki spesifikasi yang sangat spesifik meliputi tipe dan ukuran.
Bagi mereka yang telalh lulus uji standarisasi SNELL harus meregistrasi/melaporkan ke pihak SNELL. Mereka punya website dengan list tipe2 helm yg lulus SNELL. Dan mereka juga punya stiker hologram khusus yg ditempel di bagian dalam helm.

Ada beberapa produsen helm yang menempelkan stiker "SNELL homologated"... yg artinya "sudah sesuai atau disamakan dengan test SNELL". Produsen yang menempel stiker ini biasanya yang malas untuk register di Snell Foundation, karena pada saat registrasi mereka dikenakan biaya yang lumayan malah, sehingga mereka memilih untuk melakukan tes sendiri di pabrik mereka yang telah disesuaikan dengan standar yang ditetapkan SNELL.

Sebetulnya helm dengan sertifikasi SNELL dan DOT merupakan sertifikasi yang diakui oleh International dan diadopsi oleh 50 negara besar di dunia diantaranya negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang.
Lantas apakah helm dengan standar SNI jauh lebih aman daripada standar SNELL atau DOT?

YAMAHA INDONESIA bukan cuma jual motor & sparepart saja tapi untuk urusan keamanan berkendara sperti HELM mereka juga ready

3C1 RED Rp 220.000,-
R8 Graphic BLUE Rp 285.000,-
R8 Solid BLACK Rp 250.000,-
YJN3-2 Solid Rp.220
YBA5 Graphic Rp.240
YBA6 Graphic Rp.225
YJN2 Graphic Rp.270
YJN3-1 Graphic Rp.195
YJN5 FINO Graphic Rp.290
YJN5 MIO J TEEN Graphic Rp.290

|
This entry was posted on Rabu, Agustus 01, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: