UPGRADE PILOT JET DAN MAIN JET YAMAHA BYSON/FZ-Series
Minggu, Juli 22, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Setelah kemarin ub sukses UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON/FZ-Series dengan HASIL MAKNYOS BERMODAL 10 RIBUan yang bermain disekitar INTAKE, Sekarang UB juga mencoba mengUPGRADE daleman karburator BYSON bermodal tidak lebih dari 50 RIBUan dengan hasil MAKYOS.. tapi alangkah baiknya kita mengetahui fungsi Pilot & Main Jet.. Cekidoott.

Kiri Karburator BYSON Baru 2011 ke atas

FUNGSI PILOT JET DAN MAIN JET

Di dalam karburator, selain ada pelampung dan jarumnya, juga terdapat part yang namanya pilot dan main jet.Secara fungsi, baik main jet maupun pilot jet merupakan part jeroan yang dipakai untuk mendukung tugas utama dari karbu,

Ilustrasi. Kiri Pilot Jet Kanan Main Jet
PILOT JET
Saat mesin mulai distarter dan hidup, suplai bahan bakarnya dialirkan melalui pilot jet. “Sampai putaran mesin menengah, pasokan bahan bakar masih mengandalkan part itu. Boleh dibilang juga, bahwa onderdil ini membantu motor untuk berakselerasi pada putaran mesin bawah sampai menengah,”
Makanya, tak jarang untuk mendapatkan besutan yang galak di putaran mesin bawah, ukuran pilot jet diseting ulang. Tapi bagaimana menentukan bahwa ukuran pilot jetnya sudah pas?

“Gampang. Setelah pilot jet bawaan motor diganti ukurannya dan motor digeber, coba lihat sisa pembakaran di ujung busi. Bila berwarna putih, tandanya suplai bahan bakar terlalu miskin,”


Itu kalau ukurannya kekecilan, nah bila terlalu besar maka akan terlihat saat grip gas dipelintir spontan. Di sini mesin motor tak bisa langsung meraung di putaran rendah sesaat setelah grip gas dibuka.

Namun setelah putaran mesinnya mulai sesuai dengan suplai bahan bakar, maka mesin akan normal kembali. “Itu terjadi karena pada rpm rendah, suplai bahan bakar terlalu banyak,” 




MAIN JET
Juga dipakai sebagai part pendukung karbu untuk mensuplai bahan bakar ke ruang bakar. Walau fungsinya sama, namun main jet akan bekerja mengalirkan bahan bakar saat putaran mesin sudah ada di tengah sampai atas.

Saat mengaplikasi knalpot aftermarket untuk mendongkrak stamina, biasanya mekanik menyarankan untuk ganti ukuran main jet. “Tentu itu untuk bisa mendapat suplai bahan bakar yang pas, saat rpm mulai main di putaran mesin tengah sampai atas,...

Nah untuk mendapatkan ukuran yang pas, perlu perhatikan tanda-tandanya. Bila kelar ganti main jet dan saat motor digeber cepat menjerit, maka dipastikan ukuran main jet kekecilan. “Tentu hal itu membuat motor larinya jadi tak bisa maksimal,
Sebaliknya, bila ukuran main jet terlalu besar maka akibatnya mesin akan brebet di putaran atas. Tentu hal tersebut karena suplai bahan bakar yang terlalu berlebih.


bagaimana masih adakah pertanyaan tentang fungsi dari main jet & pilot Jet..??
simplenya seperti ini... Pilot Jet Hubungannya dengan Udara Sedangkan  Main Jet Hubungannya dengan BBM (bahan bakar), PJ & MJ harus seimbang, jika salah satunya miskin pasti didapat hasil yang tidak memuaskan...

Lingkaran sebelah kiri Udara & kanan BBM
Waktunya praktek..
Bahan..
1. Pilot Jet pakai scorpio ukuran 17,5 (+/- Rp.25.000)

2. Main Jet pakai bawaan suzuki satria FU ukuran 115 (+/- Rp.20.000)
PJ & MJ yang banyak beredar dipasaran merk Veezumi
Setelah membeli 2 componen tersebut PJ & MJ ya tinggal pasang...

Pilot Jet pakai scorpio ukuran 17,5 (standar 15) , sedangkan Main Jet pakai bawaan suzuki satria FU ukuran 115 (standar 112,5). untuk menyesuaikan ubahan di spuyer, hasilnya tenaga naik dari standar, tapi bensin agak sedikit boros.. jangan lupa stel ulang karburator nya setelah part di atas di ganti. 

Tips mensetting Karburator..
Pada gambar diatas ada "lingkaran merah sebelah kiri Udara & kanan BBM" karena setting karburator ya hanya main di 2 daerah tersebut...
INDIKATOR suksesnya kita mensetting karburator bisa dilihat pada bibir busi tempat memercikan api untuk menghasilkan pembakaran..

Contoh..
Baut angin "kiri" kita putar sampai mentok searah jarum jam lalu kita putar 2 1/2 putaran kearah sebaliknya, untuk baut BBM kita sesuaikan (bisa kekanan atau ke kiri) hingga mendapat putaran mesin langsam (+/- 1500 RPm) lalu diamkan sampai suhu mesin ideal (+/- 5 Menit).. betot handle gas sampai mentok berulang2 (5-10 kali), lalu matikan mesin lepas dan lihatlah bibir busi tersebut, jika pada bibir busi hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin berarti asupan udara perlu ditambah atau asupan bensin perlu dikurangi......

-Jika hitam/basah berarti konsumsi BBM kaya Udara miskin.
-Jika masih terang/kering berarti konsumsi BBM miskin Udara kaya.
-Jika berwarna merah bata merata pada bibir busi berarti BBM dan udara pas (settingan ideal)

INGAT : Kalo top speed seh gak terlalu ngaruh brosis, soalnya kalau top speed banyak faktor juga yg nentuin, tp kl buat akselerasi itu lebih enteng aja,, top speed pernah di coba juga nyampe 110 KPJ, tp buat nyampe 110 kpj itu gak terlalu ngos2an.. motor pake ban & velg lebar.

Pengalam praktek lebih berharga daripada KEBO sering dibawa kebengkel hanya untuk setting karburator.. Jika dalam artikel ini banyak kesalahan or kekeliruan UB sangat welcome kritikan & saran.. Silahkan dikomentari...

Sumber
1. http://yozgie89.blogspot.com/2011/04/sekilas-tentang-pilot-jet-dan-main-jet.html
2. http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=307243775995037&id=262206457165436

This entry was posted on Minggu, Juli 22, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

21 comments:

On 2 Agustus 2012 20.41 , restu muldiansyah mengatakan...

bro, kebo ana kalo d pake nanjak ngeden'a kerasa bgt bro aplg bwa boncengan. Nah. Yg mau ana tanyain kalo pas nanjak trus ngeden blum d oper gi2. D mesin ada suara. "kolotrok kolotrok kolotrok" ky mobil angkot yg g kuat nanjak. Knapa tu bro?

 
On 3 Agustus 2012 20.51 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Bunyi "kolotrok kolotrok kolotrok" dari dareah mana?? Mesin atas/ or bawah ?? apa dari daerah rantai + gir??

 
On 4 Agustus 2012 08.25 , restu muldiansyah mengatakan...

yg pasti mesin bro, ky'a atas dh. It knapa bro. Kalo rantai aman bro.

 
On 12 Agustus 2012 09.16 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Jika bro restu yakin mesin bagian atas.. ada kemungkinan : Rocker Arm (noken As), Rantai keteng kendur, Intake IN/out Valve. tp bisa juga bearingnya. lebih baik di bawa ke BARES aja biar lebih pasti..

 
On 3 September 2012 22.16 , Anonim mengatakan...

Ana selalu baca artikel yg mas bro postingin and ana mw praktekin tp sblm ana praktekin ada yg mw ana tnyi upgrade minimalis kl dh pk knalpot racikan hasilY gmn trus klep hrs di setel lagi gag?
trimakasi mohon di jawab.....
andryzh

 
On 4 September 2012 13.21 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Untuk Upgrade minimalis hasil yg terbaik UB dpt menggunakan knalpot racikan ketimbang knalpot nobi. Nobi menurut UB masih nahan ga plong, tp masih mending knimbang knalpot standar yg super nahan... untuk hasil + part Gir dpn ganti jd mata 13,, 100 Km/jam mudah didapat..
Trima kasih atas kunjungannya..

 
On 8 Oktober 2012 23.46 , Anonim mengatakan...

minta info untuk dptin main jetY di mana?
thxz

 
On 9 Oktober 2012 08.11 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Di jkt tmr ada di otista or jln baru malaka juga ada... bro tinggalnya dmn??

 
On 11 Oktober 2012 00.41 , Anonim mengatakan...

ane tinggal di bekasi bro.....
klo di daerah bekasi ada ga?

 
On 30 Oktober 2012 21.49 , Anonim mengatakan...

Bro, kalo ini gimana, waktu kebo ane turun dari dealer/baru pasti semuanya normal ya, setelah jangka waktu/KM udah waktunya, ane bawa ke BERES buat servic pertama kali, abis keluar dari sana ane lgs jalan, tapi kok aneh ya, kalo ngoper gigi dari 1-3 ngeden dikit ada yg sprti bunyi geter "creeekk creekk", stlh ane balikin ke beresnya mekaniknya bilang gk apa2..mmg gk apa2 sih, cuman wktu sblm servic normal gk ada bunyi2 apa2...ane juga cek bodi,platnopol,gear, gk ada masalah...nah tau bro kok gtu yah?

 
On 31 Oktober 2012 19.24 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

kebo UB sih smp skarang ga ada bunyi sperti itu Bro. sblm service tdk bunyi & stelah service ada "creeekk creekk" ya ga normal lah.. gini aja tunggu sampai service berikutnya "kalau bisa cari bares lain" trus tandai mekanik yg pegang kebo ente jadi kalau terjadi apa bisa langsung komplain untuk dinormalin lg..

 
On 29 November 2012 18.15 , Anonim mengatakan...

punyaku juga habis service pertama bunyi crek crek... rantai keteng kendur bro

 
On 2 Desember 2012 00.54 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Ikut komplain ahhh.. sebelum service pertama kebo UB inreyent dibawa keserang banten Rpm mentok 5000 udh oper gigi dan konsumsi BBM premium bisa tembus 55Km/liter, tp setelah service ga pernah bisa tembus 40Km/liter, nah klw begini komplainnya kemana ya???

 
On 5 Februari 2013 16.40 , pandhu mengatakan...

byson ane tembus 128kpj

 
On 9 Februari 2013 05.24 , Firdhausz cahnom mengatakan...

Ganti pilot jet scorpio dan main jet satria f itu plug and play ngg gan??

 
On 15 Maret 2013 21.48 , Anonim mengatakan...

PENTING!

RALAT:: pada gambar lingkaran kiri namanya 'MIXTURE SCREW' yang kanan 'IDLE SREW'.
jadi yang kiri untuk mengatur campuran bbm dengan udara (bukan hanya salah satunya) pada carburator type vacum!! dan yang kanan untuk mengatur idle, dengan cara mengatur celah pembukaan dari katup kupu2 (buterfly valve).
lha... ada lagi 'PILOT AIR JET' (tempat masuk udara yang nantinya akan bercampur dengan bbm yg lewat melalui pilot jet) pada carburator byson (tipe vacum) 'dia' terdapat di moncong depan pada bagian bawah dan ukuranya FIX (tidak basa di ubah).

jadi.. sebenarnya.. pada motor yang sudah dilakukan penggantian knalpot tipe racing (freeflow type) tidak perlu dilakukan penggantian spuyer (jetting)!! KECUALI.. sudah dilakukan ubahan pada bagian mesin! karena kebutuhan canpuran gas di dalam cylinder tidak terlalu jauh berbeda.

perlu diketahui.. penggantian knalpot pada mesin 4langkah tidak memiliki pengaruh sebanyak enggantian pada mesin 2langkah!

 
On 16 April 2013 17.40 , Chesar N Chessy mengatakan...

bro , sory mau nanya , ane pake KNALPOT RACING , busi iridium , tapi Pilot jet & Main Jet nya blom di ganti masih standart bawaan motor (byson) , menurut ente gimana...harus gimana..? mohon pencera

 
On 16 April 2013 20.31 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Bro Dausz... plug n play.
Maret 2013 21.48 , Anonim thanks masukan tuk kita semua. untuk kasus knalpot kebo pengaruhnya lumayan tp tetap tidak se efektif pergantian knalpot pada motor 2tak
Bro Chesar... buat harian Cukup setting ulang aja karbunya, tdk usah ganti MJ n PJnya.

 
On 21 April 2013 12.35 , Teddy Nofriyanto mengatakan...

Kebo Ane tembus 130kpj
mesin masih standar belum ane apa"in bro

 
On 25 Mei 2013 14.21 , Anonim mengatakan...

Bro. Ane mau nanya, Ane bru ganti karbu PE 28. Tp Ane jd ad beberapa kendala.
1. Kabel gas. Kabel gas ori sepertinya kurang panjang. Kira2 ad caranya buat setting kabelnya? Ato kira2 ad kabel yg bs d rekomendasi? & gmn cara settingnya?
2. Apabila bru d nyalain setelah agak lama d matikan, mesin spt terbatuk2 apbl d gas, spt ad angin berlebih, trus khilangan tenaga. Lalu mati. Slanjutnya susah d start lg Tp klo dah lari rada mending, cuma kadang2 suka mati sndiri jg. Ap ad yg salah ato kurang seting nya? Ad pengaruh k PJ & MJ nya? Ato ad yg kurang & perlu d tambahin ato d ganti lg?
Maaf y Brow klo bnyak pertanyaan & thanks a lot.
Sekedar tambahan, sy dah ganti CDI BRT Dual Band & Koil Kawahara.

 
On 5 Juni 2013 14.27 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Untuk pergantian karbu fakum ke karbu konvesional memang gampang2 susah2, tiap sambungan harus diperhatikan atas adanya kebocoran atau tidak lalu setingan MJ + PJ harus pas jika tidak ingin ada gejala batuk2.