Ganti Oli Sendiri si Kebo "BYSON/FZ-Series

Horeeee tidak terasa sudah mau akhir pekan lagi smangat... tetapi dibalik kesenangan itu UB teringat sesuatu tentang si KEBO kesayang UB yang masih mulus, la iya lah wong baru dicuci..  bahwa tidak terasa umur Oli Shell AX-7 sudah menyentuh 2100Km. kok ribet wong baru 2100 kan belum 2500 Km. "Berdasarkan rekomendasi pabrik untuk penggantian oli mesin adalah sekitar 2000 sampai dengan 2500 km (tergantung variasi motor)". ya walau kebo UB pake oli YAMAHALUBE cuma pas dapat service gratis.. sisanya langsung ganti SHELL.. tapi kilometer si kebo sudah menyentuh 20 ribuan Km ya otomatis kualitas INSIDE ENGINE sudah tidak sebaik dulu, makanya untuk menjaga stamina kebo UB yang sering untuk praktek sendiri ya mau ga mau OLI harus diperhatikan banget & itu harga mati ga bisa ditawar..

 Come On BroSis BYSON/FZ-Series Riders, luangkan sedikit waktu untuk menganti oli motor kesayangan anda jangan sampai kebo BroSis sakit dulu baru dapat perhatian, ingat ada pepatah bilang "Sedia Payung sebelum Hujan", jangan sebentar2 kebengkel hanya untuk menganti oli, tunjukan bahwa BroSis juga peduli terhadap tunggangannya.. mudah & ga makan waktu lama kok.. BTW Oli Shell Bukan untuk acuan BroSis untuk memakai oli key... ini cuma oli yang UB pakai sejak GL-Pro95, Satria FU, Vixion & BYSON dari VSX sampai sekarang AX7.. Sedikit informasi tentang SHELL ADVANCE AX7. Oli ini mempunyai sistem RCE, RCE singkatan dari Reliability of oil performance, Control, Enjoyable Ride. RCE memberikan perlindungan lebih terhadap komponen mesin, mengoptimalkan kopling sehingga mencegah terjadinya selip kopling & mengurangi getaran mesin. Shell Advance AX7 memiliki viscosity grade SAE 10W-40 dengan spesifikasi dan approval API SL, JASO MA2. Sekali lagi ini bukan Iklan... udah ahh langsung aja deh ganti oli.. nih langkahnya..


Panaskan terlebih dulu mesin motor anda kurang lebih selama 5 menit. Setelah itu keluarkan oli saat keadaan mesin masih panas. Hal ini dilakukan agar oli menjadi lebih encer dan gram dari gesekan antar komponen bisa ikut larut saat oli dikeluarkan.. Tapi jangan lakukan saat mesin masih terlalu panas. Kondisi yang masih terlalu panas dapat membuat metal memuai.

Hindari menyempotkan lubang masuk oli dengan menggunakan angin kompresor (seperti bengkel2 pada umumnya). Mengapa? Udara dari kompresor mengandung air. Sehingga bisa beresiko menimbulkan karat. Sebaiknya didiamkan supaya sisa oli turun. Miringkan motor ke samping kanan & kiri. Jangan sekali sekali menkick stater untuk mempercepat keluarnya oli. Temen UB bilang, bisa memperpendek umur piston "katanya loh". kalau UB sendiri sih mendingan didiamkan semalaman biar oli keluar secara alami ga mengandung formalin & borak.. apa coba... ya pokoke semaleman deh... besoknya baru deh oli dimasukin.. 

Ayo masih adakah BroSis yang bilang susah ganti Oli or ga punya waktu !!???? dasar males...Ups
Silahkan dikomentari.... Salam Seruduk B 3796 TEE

Komentar

Postingan Populer