Fungsi AIS pada Yamaha BYSON/FZ Series
AIS
merupakan kepanjangan dari Air Induction Sistem. Punya fungsi
mengurangi kepekatan gas buang atau polusi. Tentu lewat cara
menginjeksikan udara ke dalam lubang exhaust. Sehingga polutan lebih
rendah dan dianggap ramah lingkungan.
Gambar 1. Dari kiri ke kanan X1, X2, X3 |
Air Induction System (AIS). berfungsi sebagai penambah udara bersih (O2) di sistem gas buang. Prinsip kerjanya adalah mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air. Jadi Air Induction System (AIS) berfungsi untuk menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar, dengan cara mrenginjeksikan udara segar ke lubang pembuangan untuk mengurangi kerapatan kadar emisi Hidro karbon. Hasil pengujian didapat sebagai berikut: Rata-rata gas NO. hasil pembuangan yang menggunakan Air Induction System lebih tinggi dibandingkan dengan gas NO. hasil pembuangan standar dengan gain rata-rata sebesar 0,0955 ppm volume N0x. Perbedaan tersebut disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam saluran knalpot lebih banyak melalui Air Induction System sehingga mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air, serta menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar.
Gambar 2 |
Teknologi
AIS ada di motor baru mulai dari 2006 sampai sekarang. Gunanya
memenuhi standar Euro 2 atau Euro 3. Secara performa mesin, AIS memang
tidak menambah tenaga. Bahkan katanya malah mengurangi power. Mungkin
karena campuran udara yang diinjeksikan menghambat laju gas buang.Hal ini
membuat banyak mekanik berpikir jika AIS dilepas lebih bagus, tenaga
juga jadi lebih plong.
Biar
nggak salah lepas AIS tentunya harus tahu dulu sistemnya. Perhatikan
bongkahan yang diikat di kepala silinder. Itu merupakan rumah atau
katup AIS. Di tempat itu ada tiga slang yang menuju AIS. Slang dari
filter udara, slang dari intake manifold dan slang yang menuju lubang
buang di head.
Jika BroSis ingin meMODIFIKASInya mudah & irit. Cara yang paling mudah adalah cukup copot/tutup slang
yang menuju lubang buang lewat head (gambar 1, X2). Untuk menonaktifkan AIS tidak perlu menunggu AIS berbuat korupsi
seperti koruptor. Kapan aja, AIS bersedia dilepas dari jabatannya
itu.
“Nutupnya cukup pakai lem besi, Selain dengan lem besi juga bisa ditutup pakai baut seukuran baut 14 untuk lubang X2 (ke cylinder head). Ini sudah cukup, tidak akan pengaruh terhadap kinerja mesin.
Kalau memang benar-benar mau melapas AIS secara total, semua slang harus dilepas. Perlu diingat, bekas slang itu harus ditutup atau harus dimatikan. Seperti yang menuju manifold dan yang mengarah ke filter udara. Selain irit biaya langkah ini juga bikin motor lebih hemat. “Lebih irit dibanding kalau pakai knalpot racing tanpa menutup lubang AIS,”.
“Nutupnya cukup pakai lem besi, Selain dengan lem besi juga bisa ditutup pakai baut seukuran baut 14 untuk lubang X2 (ke cylinder head). Ini sudah cukup, tidak akan pengaruh terhadap kinerja mesin.
Kalau memang benar-benar mau melapas AIS secara total, semua slang harus dilepas. Perlu diingat, bekas slang itu harus ditutup atau harus dimatikan. Seperti yang menuju manifold dan yang mengarah ke filter udara. Selain irit biaya langkah ini juga bikin motor lebih hemat. “Lebih irit dibanding kalau pakai knalpot racing tanpa menutup lubang AIS,”.
Lihat gambar 1
X1 : dari saringan udara/air filter
X2 : ke cylinder head
X3: ke manifold pemasukan
X2 : ke cylinder head
X3: ke manifold pemasukan
INGAT.
1. Modifikasi ini tidak disarankan karena akan menghilangkan garansi motor dan dampak kedepan belum diketahui.
2. Karena fungsi AIS untuk mengurangi efek kepekatan gas buang atau polusi.
Bijaksanalah dan berfikir sebelum bertindak.. salam seruduk
Komentar
Ane dari purworejo juga gan....
Pasar gebang tepatnya..... Hehehe
Salam sruduk......
Fb: jeck.ripper
Artikele jos kang