Fungsi AIS pada Yamaha BYSON/FZ Series
Minggu, Juli 08, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
AIS merupakan kepanjangan dari Air Induction Sistem. Punya fungsi mengurangi kepekatan gas buang atau polusi. Tentu lewat cara menginjeksikan udara ke dalam lubang exhaust. Sehingga polutan lebih rendah dan dianggap ramah lingkungan.
Gambar 1 Dari kiri ke kanan X1, X2, X3

Air Induction System (AIS). berfungsi sebagai penambah udara bersih (O2) di sistem gas buang. Prinsip kerjanya adalah mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air. Jadi Air Induction System (AIS) berfungsi untuk menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar, dengan cara mrenginjeksikan udara segar ke lubang pembuangan untuk mengurangi kerapatan kadar emisi Hidro karbon. Hasil pengujian didapat sebagai berikut: Rata-rata gas NO. hasil pembuangan yang menggunakan Air Induction System lebih tinggi dibandingkan dengan gas NO. hasil pembuangan standar dengan gain rata-rata sebesar 0,0955 ppm volume N0x. Perbedaan tersebut disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam saluran knalpot lebih banyak melalui Air Induction System sehingga mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air, serta menetralisir bahan bakar yang tidak terbakar.
 
Gambar 2
Teknologi AIS ada di motor baru mulai dari 2006 sampai sekarang. Gunanya memenuhi standar Euro 2 atau Euro 3. Secara performa mesin, AIS memang tidak menambah tenaga. Bahkan katanya malah mengurangi power. Mungkin karena campuran udara yang diinjeksikan menghambat laju gas buang.Hal ini membuat banyak mekanik berpikir jika AIS dilepas lebih bagus, tenaga juga jadi lebih plong.
Biar nggak salah lepas AIS tentunya harus tahu dulu sistemnya. Perhatikan bongkahan yang diikat di kepala silinder. Itu merupakan rumah atau katup AIS. Di tempat itu ada tiga slang yang menuju AIS. Slang dari filter udara, slang dari intake manifold dan slang yang menuju lubang buang di head.
Jika BroSis ingin meMODIFIKASInya mudah & irit. Cara yang paling mudah adalah cukup copot/tutup slang yang menuju lubang buang lewat head (gambar 1, X2). Untuk menonaktifkan AIS tidak perlu menunggu AIS berbuat korupsi seperti koruptor. Kapan aja, AIS bersedia dilepas dari jabatannya itu.
“Nutupnya cukup pakai lem besi, Selain dengan lem besi juga bisa ditutup pakai baut seukuran baut 14 untuk lubang X2 (ke cylinder head). Ini sudah cukup, tidak akan pengaruh terhadap kinerja mesin.

Kalau memang benar-benar mau melapas AIS secara total, semua slang harus dilepas. Perlu diingat, bekas slang itu harus ditutup atau harus dimatikan. Seperti yang menuju manifold dan yang mengarah ke filter udara. Selain irit biaya langkah ini juga bikin motor lebih hemat. “Lebih irit dibanding kalau pakai knalpot racing tanpa menutup lubang AIS,”.
 Lihat gambar 1
 
X1 : dari saringan udara/air filter
X2 : ke cylinder head
X3: ke manifold pemasukan

INGAT.
1. Modifikasi ini tidak disarankan karena akan menghilangkan garansi motor dan dampak kedepan belum diketahui.
2. Karena fungsi AIS untuk mengurangi efek kepekatan gas buang atau polusi.
Bijaksanalah dan berfikir sebelum bertindak.. salam seruduk
 
This entry was posted on Minggu, Juli 08, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

12 comments:

On 8 Juli 2012 12.10 , Bon Bon mengatakan...

Mantab juga artikelnya yang spesialis Byson Mas Bro... Numpang baca buat nambah ilmu, nemu di Google nih... Btw Sampeyan wong Pordjo to? Pordjo-ne ngendi Mas Bro? Salam kebo...

 
On 8 Juli 2012 19.55 , All Via Nurse mengatakan...

Pordjo-Kaliboto, mas Bon Bon neng ngendi???

 
On 9 Juli 2012 08.26 , Bon Bon mengatakan...

Maron Mas... Pertelon, Wetan Pasar... Salam kenal Mas... :D

 
On 9 Juli 2012 08.35 , All Via Nurse mengatakan...

cah pordjo wes akeh sing duwe kebo yo Mas Bon Bpn?? duwe FB ra Mas??

 
On 9 Juli 2012 09.37 , Bon Bon mengatakan...

yoi mas... add aku mas bonifaciusd[at]gmail.com

 
On 6 September 2012 16.20 , Ahmad Roin mengatakan...

siip, salam dari wong kebumen sing ning bekasi.. byson putih AA 6316 BW

 
On 7 September 2012 19.00 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Salam kenal dari kebo B 3796 TEE Bro Ahmad.. Salam sruduk.. bekasine neng endi mas..??? btw kebo AA 6316 BW digowo ra neng bekasi..??

 
On 10 Februari 2013 01.04 , Firdhausz cahnom mengatakan...

Ikut nimbrung ah......
Ane dari purworejo juga gan....
Pasar gebang tepatnya..... Hehehe
Salam sruduk......

 
On 19 Februari 2013 02.58 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Salam Sruduk juga Mas Firdausz

 
On 26 Mei 2013 16.23 , noer cahya mengatakan...

lam knal brow aq nag kutoarjo.
Fb: jeck.ripper

 
On 5 Juni 2013 14.34 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Lam kenal jg bro, cah kaliboto "Bener"

 
On 15 Oktober 2013 17.12 , iwanrp mengatakan...

Salam sruduk dari bikers solo di bekasi
Artikele jos kang