CUCI FILTER UDARA BYSON/FZ Series
Selasa, Juli 31, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
Sembari nunggu buka puasa mendingan kita nyuci filter udara si kebo yuk, tidak susah kok...Cekidot..
Filter udara adalah salah satu komponen yang sangat vital di motor semua jenis motor. Filter udara ini berfungsi mencegah debu atau kotoran masuk ke dalam karburator atau sistem injeksi. Apalagi jika motor dipakai di jalur berdebu. Akan sangat bahaya sekali jika debu atau tanah sampai masuk ke dalam karburator, karena motor akan ‘mbrebet’ atau bahkan mati. Ujung-ujungnya bisa merembet ke kerusakan mesin! Motor yang sering dipakai di jalur berdebu wajib memasang filter udara, jangan sampai dilepas. Filter udara juga wajib dibersihkan secara rutin, sehingga pasokan udara bisa lancar, jangan dibiarkan kotor. Nah, bagaimana cara membersihkan filter udara yang benar ? Baca terus artikel ini BroSis!


Pertama yang perlu dipersiapkan adalah bahannya yaitu bensin, air bersih dan shampoo mobil. Jangan pakai detergen, karena tingkatan keasaman atau kebasaannya itu terlalu tinggi yang menyebabkan cepat rusaknya Filter udara. Shampoo mobil bagus karena PH-nya (tingkat keasaman) itu pada tingkat yang tidak merusak filter udara.


Tahapan membersihkan busa filter udara sebagai berikut:

1. Lepas filter udara dari motor anda

2. Cuci filter udara dengan bensin, kemudian keringkan.

3. Setelah itu segera dimasukan dalam wadah yang berisi air yang telah dicampur dengan shampoo mobil. Dijamin filter akan bersih kembali.

4. Celupkan ke dalam air bersih

5. Bilas di air bersih yang mengalir

6. Jemur filter udara, jika ingin cepat kering bisa menggunakan pengering rambut, kipas angin atau kalau tidak mau ribet semprot menggunakan kompresor udara (itu juga kalau punya) Xixixixi

7. Pasang kembali pada posisi semula..

Jika memang waktunya sangat mendesak langkah 3 sampai 5 bisa di abaikan (skip)..
Selamat mencoba dan setelah itu motor anda siap digeber lagi di medan offroad sekalipun! 

This entry was posted on Selasa, Juli 31, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 comments:

On 21 November 2012 14.35 , Anonim mengatakan...

ni artikel yang aneh bgt

kan filter kertas

kalo dicuci ya jd ng bisa dipake donk, pori@nya ketutup

capek dehhh

 
On 22 November 2012 19.09 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

terima kasih sebelumnya mau berkunjung ke blog ecek2 ini.. di BLOG ini artikel berdasarkan pengalaman dan praktek pribadi. memang benar filter udara kebo itu kertas (FILTER OLI kebo juga kertas) dan 22nya pernah sy bersihkan sendiri dan hasilnya cukup memuaskan "tapi kalau punya banyak duit tinggal beli & minta pasangin selesai) sedang bagi yg berduit cekak gmn??? SELAMA MASIH BISA KITA RAWAT & PERBAIKI KNAPA HARUS KE BENGKEL & BELI..