UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAKNYOSS..... Part 1
Jumat, Juni 01, 2012 | Author: Sabudhi Alviannur
ARTIKEL MASIH DALAM TAHAP PENYELESAIAN, MENUNGGU HARI LIBUR UNTUK MENGAMBIL FOTOnya... sing sabar key pengunjung setia UNIVERSAL BYSON...

Setelah 1 minggu test jalan di ibukota Jakarta yang carut marut dengan kemacetannya akhirnya test ini berhasil dilalui.... tapi judulnya kok kaya tipe rumah sih UB (Tipe MINIMALIS) ???  ya bagaimana tidak wong hanya dengan modal dengkul "+/- Rp.10.000" sudah bisa kita rasakan perbedaan performa si KEBO. jadi seharusnya "MODAL MINIMALIS DENGAN HASIL MAKNYOS" tapi itu semua cuma sekedar judul.

Gambar 1
Gambar 2

Mungkin banyak pengunjung blog ini bertanya kok bisa cuma modal segitu bisa ngedongrak performa si KEBO.. sabar nanti kita bahas secara rinci & mendetail (sebisanya ya).. Banyak faktor yang membuat performa si KEBO loyo.. contohnya Knalpot yang terlalu meliuk2, Ban yang sudah menganut ukuran besar, Komposisi Gear depan + belakang yang membuat berat tarikan si KEBO, dll... Untuk yang mempunyai dana berlebih ya fine2 aja beli knalpot dengan harga yg paling murah Rp.400ribuan terus upgrade performa mesin yang bisa jutaan, nah kalau yang punya dana terbatas piye..???

Gambar 3
Gambar 3a
 Oke saatnya beraksi... eng..ing..eng..
awalnya sih ide ini tercipta karena kesel sering di asepin sama ninin (ya iyalah KEBO lawan ninja mana tahan)..  ga maksudnya UB tuh untuk naik ke 100 Km/jam aja butuh waktu yang lumayan lama.. mau beli knalpot mahal mau upgrade mesin tambah pusing dompet & kepalaku.. akhirnya mencari jalan alternatif yang murah meriah (semua bisa) asal ada kemauan & keberanian, dan tentunya jangan lupa di iringi doa... Xixixi. coba lihat gambar 3 & 3a (INTAKE Rp.36 ribu) nanti yang akan kita bedah.
waktunya tancap gas... Modal 10ribu tuh untuk beli Baut 10 & 12 bisa yang L or yang biasa + tuk beli Ban dalam bekas "kalau bisa sih minta" biar tambah minimalis modalnya Xixixi...Peralatan cuma mempergunakan kunci L, Obeng plus, tang, kunci ring/pas 12 dan gergaji besi,, semua bisa dipinjam dibengkel sebelah hehehe.. mumpung ada yang minjemin pake aja bro... oke langsung ke TKP

Tahap 1.... buka cover samping kiri & kanan menggunakan Obeng + & kunci L.
Tahap 2.... buka kondom tangki kiri, kanan dan cover tutup tangki menggunakan Obeng + & kunci L.
telanjang deh tuh KEBO (bisa lihat digambar 1) dan 2 tanda lingkaran merah adalah projek yang akan kita bedah
Tahap 3....Lepas semua kabel gas, selang bensin, saluran ke filter udara, sehingga karburator biasa lepas secara sempurana.
Tahap 4....Lepas Selang dari intake yang menuju ke AIS (gambar 2)
Tahap 5....Lepas 2 baut L intake yang menempel pada dinding mesin (Gambar 4 INTAKE sudah berhasil dilepas)

Gambar 4, Titik merah dari kiri ke kanan 1, 2, 3
INTAKE berhasil kita lepas lalu coba ukur panjang dari titik ke 1 sampai titik ke 2 ( ayo berapa panjangnya ???)... yup betul sekali INTAKE standar si kebo terlalu panjang, coba kalian semua bandingkan dengan motor yang lain dijamin senyum sendiri deh... berhubung intake terlalu panjang maka akan berdampak aliran bahan bakar tidak bisa secepat jika menggunakan INTAKE yang lebih pendek.. akhirnya saya coba kebengkel2 Variasi untuk memburu INTAKE yang lebih pendek dan setelah banyak toko asesoris dan mencoba mencari produk yang mirip dengan INTAKE siKEBO hasilnya nihil, gigit jari deh... eits ternyata saya punya ide gila dengan memotong INTAKE tersebut, ya walaupun agak extrem sih langkah tersebut tapi patut dicoba....lanjuuuuuuutt...

Tahap 6.... Potong dengan menggunakan gergaji besi pada titik merah 2 (gambar 4) behubung gergaji besi boleh minjam dan tidak tajam yah hasilnya tau sendiri jadi pada gompal2 hasil potongannya (gambar 5).


Gambar 5 (INTAKE yang sudah berhasil dipotong)
Tahap 7....Haluskan hasil potongan dengan mengunakan kikir or gerinda & diakhiri amplas (masih minjam bengkel, gratis)
Tahap 8.... Jika permukaan yang kita potong sudah halus dan bersih pasang kembali dengan mengikuti tahapan dari tahap ke5 sampai ke tahap 3.. berhubung INTAKE sudah dipotong maka pantat karburator yang menuju ke filter udara akan menganga, alternatifnya bisa pake filter udara racing atau menambal dengan ban dalam.. dalam kasus ini UB memilih ban dalam dikarenakan lebih murah  dan ga cepat kotor..

Gambar 6 (ban dalam sudah terpasang)
Tahap 9.... Ukur, potong dan pasang ban dalam sesuai dengan kebutuhan (gambar 6)

Akhirnya selesai juga proyek yang menelan anggaran Rp.10.000 ini dan Si kebo siap ditest......
Buru-buru ngambil kunci kontak, masukan, lalu putar kekanan lalu tekan elektrik stater... Brum brum brum suara knalpot berbunyi, berhubung ingin tau perbedaannya maka gas dibetot sampai Rpm tinggi (kira2 8000-9000 Rpm) lalu lepas... Weeeekkkkkk kok aneh...

Dikarenakan laptop mau dipake sama yang punya (minjam juga Laptop + Modemnya) jadi bersambung key... ya sesuai judul lah serba MINIMALIS......................... See You..

Bersambung ke
UPGRADE MINIMALIS PERFORMA BYSON dengan HASIL MAkNYOSS..... Part 2
Itu juga kalau ada yang mau minjemin laptop/kompi + modem... Hehehehe Pisss

This entry was posted on Jumat, Juni 01, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

10 comments:

On 6 Juni 2012 03.42 , Anonim mengatakan...

Buruan keluarnya yaa..
Pengen modif Byson ane

 
On 11 Juni 2012 10.48 , ixan_inside mengatakan...

keren tapi xtreme,,, harga part intake ori nya sih skitar 36.000 di web part yamaha,,patut dicoba,,cm ban dalem tu bikin ga kuattttt...ckckckckckckck

 
On 11 Juni 2012 19.50 , All Via Nurse mengatakan...

Yup betul skalie Extreme punya.. tapi kalau gagal experimentnya ya monggo beli intake ori Rp.36.000+ INDENT 3 hari..
tapi sebelum anda mencoba mending tunggu yg part 2 nya coz di part 1 masih timbul masalah & pemecahannya ada di part 2..

 
On 21 September 2012 05.30 , Anonim mengatakan...

Trus slang yg ke intake sbelum di potong td di kemanain gan stelah di potong intakenya??

 
On 22 September 2012 21.28 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Selang ditutup pake baut 10.. lihat yg part 2 key..
http://universalbyson.blogspot.com/2012/06/upgrade-minimalis-performa-byson-dengan_18.html

 
On 13 Mei 2013 23.38 , Anonim mengatakan...

Ane mau nanya nih gan,,knp kebo ane pas waktu berboncengan suka keluar suara aneh seperti kresek-kresek gt?
Suara itu terdengar hanya pada waktu berboncengan saja dalam rpm 5000 an / gan tanggung az..
Mohon pencerahan nya..

 
On 14 Mei 2013 03.22 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

suara dari daerah mana (Mesin Apa Daerah Gir roda belakang)?? Ente & yg bonceng kira2 brapa beratnya??

 
On 17 September 2015 20.48 , Unknown mengatakan...

sama gan, klo ane ga boncengan bunyi suara kresek" kyk ada yg kendor di sekitar shock nreaker belakang pas rpm 5000, selain itu ilang bunyinya. ane udh ganti ranteb1 set tp tetel muncul.

apa mungkin di arm ato shocknya bermasalah ua?

 
On 17 September 2015 20.49 , Unknown mengatakan...

sama gan, klo ane ga boncengan bunyi suara kresek" kyk ada yg kendor di sekitar shock nreaker belakang pas rpm 5000, selain itu ilang bunyinya. ane udh ganti ranteb1 set tp tetel muncul.

apa mungkin di arm ato shocknya bermasalah ua?

 
On 17 September 2015 20.49 , Unknown mengatakan...

sama gan, klo ane ga boncengan bunyi suara kresek" kyk ada yg kendor di sekitar shock nreaker belakang pas rpm 5000, selain itu ilang bunyinya. ane udh ganti ranteb1 set tp tetel muncul.

apa mungkin di arm ato shocknya bermasalah ua?