Transformasi Yamaha Byson, dari mimpi kepingin Punya Buell
Rabu, Oktober 05, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur

Sebenarnya langkah yang dilakukan oleh Ida Bagus Surya ini tergolong berani. Dia berani mencopot lampu standar Yamaha Byson yang sebenarnya sangat bagus itu. Bahkan saat ini banyak motor lain yang dirombak menggunakan lampu Byson. Itu salah satu bukti bahwa desain atau bentuknya sangat menarik. 

Tapi tentu saja ada alasan Surya melakukan ini. "Saya sudah lama mengimpikan punya motor Buell. Untuk tahap sekarang ya Byson ini aja dulu yang meniru motor Amerika itu," kata Surya.

Jadi dengan nekat dia memboyong head lamp Buell untuk dipasang di Byson. Sudah pasti harganya tidaklah murah. Tapi Surya ogah berbagi mengenai harga komponen ini.


Supaya lebih rapi dan menarik, maka dibuatkan semacam dudukan yang manis. "Dudukan itu kita buat dengan fiber, bentuknya mengikuti desain bodi kit motor yang kita rancang," kata Made Ambhara dari rumah modifikasi M1, Denpasar yang melakukannya.

Bentuk dudukan lampu ini juga agak membulat sesuai dengan tampilan lampu Buell sendiri yang berkesan mata belo. 


Berikutnya Surya tidak mau hanya itu saja. Meskipun tidak melakukan rombakan yang banyak di wilayah bodi, tapi sudah terkesan dia ingin motor terlihat lebih gagah daripada aslinya.
Teknik yang dilakukan adalah dengan membuat bodi kit di beberapa bagian. Misalnya saja buritan. Selain memberi penutup jok supaya jadi terkesan jok tunggal, Surya pada bagian samping juga menambahkan fiber.  



"Bentuk lekukannya mengikuti model tangki, tangki sendiri tidak banyak kita ubah, masih mengandalkan bentuk standarnya," terang Made Ambhara lagi.

Supaya lebih sip maka di bagian bawah juga dipasang semacam cover engine. "Semua bagian bodi ini kita buat menggunakan fiber," tambah pemilik bengkel di Jl. Gunung Muliawan Timur, No. 15X, Denpasar, Bali.
Buell
Oh ya, biar sedikit terkesan motor gede maka dibuat juga seperti rangka tambahan di bawah tangki. Dibuat menggunakan pipa tubular dan dicat hitam. Seharusnya jika Surya berani, harusnya rangka ini juga dicat dengan warna terang supaya jels terlihat. Jika seperti ini sepertinya tersamar, tidak jelas. 

Data Modifikasi
Ban Depan : Pirreli 120/60-17
Ban Belakang: Battlax 140/70-17
Knalpot : Suzuki GSX 400
Pelek Belakang : Baros 4,5x17
AE Garage : 0815-9941260


|
This entry was posted on Rabu, Oktober 05, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.