Yamaha Byson 2011 Bergaya KTM Duke


Pengin bikin tampilan Yamaha Byson 150 yang udah macho makin unik? Bisa… coba deh, tiru besutan milik Anton ini. Digarap oleh Rudi Gunawan dari Berkat Motor (BM). Triknya simpel banget, cukup memermak bentuk lampu depannya. Woww..

Terlihat unik, karena Rudi mengadopsi penerang utama model halogen. “Modelnya susun (atas bawah), dijamin makin menarik karena lampu bagian atasnya dilengkapi angel eyes. Cahayanya juga lebih terang dibanding aslinya,” beber Anton yang meminang Byson edisi 2011 itu.

Okeh, biar lebih jelas, mari kita tanya Rudi. “Lampu utama ini model KTM Duke 690 versi aftermarket yang saya order dari toko aksesori langganan,” ujar Rudi Gunawan, empunya BM tanpa mendetailkan toko tempat dia belanja.
Namun agar peranti bulat yang bisa memendarkan cahaya itu bisa terpasang, sebelumnya dibikinkan batok lampu/rumahnya dari fiberglass. “Bentuknya tentu meniru desain KTM Duke 690, karena unik dan lebih macho. Tentunya dengan sedikit ubahan, menyesuaikan bentuk bodi Byson,” tambahnya.

Pemasangannya juga tinggal plek, karena dudukan bautnya sudah disesuaikan dengan dudukan baut batok lampu orisinalnya. “Masalah penyambungan kabel, tinggal menyesuaikan dengan kabel orisinal bawaan motor,” yakin pria yang ngepos di di Jl. Ciledug Raya No.1A, Kreo, Tangerang, Banten.
Nah agar tampilan muka yang sudah futuristik matching dengan bagian lain, Rudi pun perlu memberi sentuhan di beberapa bagian. Misal agar bernuansa sporti, diaplikasi single seater, deltabox, tutup aki (kiri-kanan) cover engine, bodi belakang model udertail dan cover sepatbor depan yang diracik dari fiberglass. “Pemasangannya juga tinggal PNP, kok. Kan semua ready stock. Warna sesuai dengan motor standar bawaan pabrik,” tawar bapak 2 anak ini.

Penyesuaian lain, yakni pada sektor kaki-kaki. Meski bawaan lahir sudah lebar, biar terlihat makin gagah, Rudi mengganti ban belakang dengan Bridgestone Battlax BT 45 150/70-17, sedang ban depan IRC Road Winner berdimensi 100/80-17 inci.

Terakhir, biar tunggangan makin gahar, knalpot aslinya dipensiunkan dini, lalu diganti penerus gas buang berbahan stainless model freeflow. “Sepintas mirip standar pabrik, soalnya cover knalpotnya juga masih terpasang. Tapi kalau diperhatikan, peranti ini sudah berbeda,” tutup Rudi.

Data Modifikasi :

Ban depan: IRC 100/80-17
Ban belakang: Battlax BT 45 150/70-17
Knalpot: Stainless (freeflow)
Delta box: Custom
Tutup aki: Custom (stoplamp LED)
Undertail: Custom (stoplamp LED)
Single seater: Custom
Cover saptbor depan: Custom
Cover engine: Custom
Berkat Motor : 021-93517093


Komentar

Postingan Populer