experiment kecil-kecilan terhadap rasio gear bison
Kamis, September 29, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur


Banyak para pengguna YAMAHA BYSON kecewa ketika mereka menggunakan si KEBO untuk pertama kalinya, ada yang berkomentar tarikan ngempos, dengan tetangga sebelah kalah, body macho tenaga loyo, sama bebek kalah dan bahkan ada yang compare dengan matik mio kalah akselerasinya n mungkin masih banyak lagi komentar yang lainnya. Yah itu semua sih sah-sah saja mereka berkomentar seperti itu, saya pribadi sudah nyemplak nih motor dari september 2010 dan mulai kesemsem sama nih motor dari tahun 2008 ketika melihat pertama kali penampakan di dunia maya FZ series. saya tidak terlalu kaget pas pertama kalie menunggangi si KEBO karena sudah ada dibayangan bahwa dengan CC 150 dikasih BODY besar, ban besar otomatis akselerasi akan berkurang wong tiger dengan ban standar VS tiger ban besar akselerasinya juga ngedrop.. Upsss kok jadi curhat... BACK to the TOPIK... tidak usah kuatir untuk para SPEED LOVER yang sudah memboyong BYSON ke garasinya dikarenakan spare part pendongkrak performace sudah banyak dijual mau yang untuk harian atau mau yang Exstrem skalian semua terserah anda... kalau untuk harian sih saya menyarankan ganti knalpot, CDI, Busi & gear deh... 


Beberapa bulan yang lalu saya lagi iseng-iseng browsing ke kaskus dan melihat di perkumpulan KEBO di kaskus yang sudah berexperimen tentang GEAR si KEBO,, BRO imamiscool sudah mencoba mengkombinasikan beberapa GEAR ke motor kesangannya so cekidot apa yang telah dia coba pada motornya..

1. 14-40
Ukuran standard gear byson, ato secara rasio 40/14 = 2.85, rasanya? smua pasti tau lah.. tarikannya merata, bawah, tengah ama atasnya lumayan...

Kalo pake box (kyk gw: bodi + box = 80 kg), ternyata kerasa berat, apalagi kalo bawa mahluk halus di bonceng (pacar), kerasa banget ngedennya..
jadi kudu ganti dengan rasio gear yg lebih besar.

2. 14-44
Gear belakang diganti sama punya si scorpio, PnP kok, 6 titik bautan, plek plek plek deh. Rasio gear jadi 44/14 = 3.14, rasanya? akselerasi manteb, kata orang sunda mah "ngajol".. (loncat2).. padahal motor dikasih box (10kg) + mahluk halus + gw = 10 + 70 + 50 = 130 kg, motor kerasa enteng seperti ngga bawa boncengan + box dengan rasio gear standard.

Tapi... napas kerasa pendek banget.. baru ngegas stengah dah pol, kudu oper gigi terus.. jadi malah capek kalo motor pas buat sendirian..

3. 14-42
Gear belakang pake punya vixion, sama jg: plek plek plek..
Rasio gear jadi 42/14=3 pas. Akselerasi ngga segalak 14-44, tapi napas jadi lebih panjang, walaupun masih lebih pendek dibandingkan dengan rasio standard...

Buat boncengan + box lumayan enak, ngga ngeden tapi ngga terlalu cepet habis jg nafasnya.. INI RASIO GEAR YANG PALING PAS BUAT BONCENGAN + BOX, menurut gw lho..

4. 15-42
Sekarang ganti gear depan jadi 15, pake punya mx ato pake merek TK ato yg laen, PnP kok, karena punya bison lubang bautnya cuman ada 1 (spt MX)..
Rasio jadi 42/15=2.8 pas, ini rasionya lebih kecil dari standard, bisa ketebak dengan mudah, ngedennnnn abiss.. bahkan dalam kondisi motor sndiri + box doang dah kerasa ngeden.. NOT RECOMMENDED lah..

5. 15-44
Gear lama scorpio gw pasang lagi, jadi rasionya jadi 44/15=2.933333333,
Buat sendirian + box = TOP MARKOTOB deh.. tenaganya jadi enteng di semua RPM, mulussss.... trus napas ngga cepet habis seperti gear rasio 3.0 (14-42)...

Tapi pas buat boncengan, hmm.. agak ngeden.. not recomended kalo buat boncengan... tapi kalo boncengan ente ngga berat2 amat.. coba deh rasio ini.. manteb...

6. 13-40
kalau ini saya sendiri yang berexperimen..
Gear asli depan BYSON saya copot diganti gear RK-K + pasang spi dikarenakan punya byson pakai baut untuk peganagn gear biar tidak copot dan gaear+spi harganya ga bikin kantong bolong kok kisaran 20rb. kenapa saya menggunakan gear depan 13 ??? ketimbang gear asli 14. teman pernah bilang ke saya bila ingin tarikan awal byson oke ganti aja pakai 13 karena gear depan turun satu mata itu juga = naikin gear belakan 5 mata dan kebanyang dong gimana akselerasi awalnya, mau dikasih beban segede gajah juga ga ngaruh, nah kalau dihitung2 jadi rasionya jadi 40/13 =3.076

Buat sendirian + box = kurang enak napas kerasa pendek .. baru ngegas stengah dah pol ya walaupun masih mau main di RPM 8500.

Tapi pas buat boncengan + tanjakan, hmm.. Muantap tenan.. recomended dah kalo buat boncengan... t

EDIT:
Kondisi pemakaian ban:
Gear: 14-40,14-44,14-42: ban standard IRC
Gear: 14-42, 15-42, 15-44: ban corsa 150/60 dan 120/70,
Gear: 13-40, : ban corsa 150/60 dan 120/70,
Setelah ganti ban ternyata efeknya ngga kerasa (menurut gw),
yang jelas ada "efek" tambahan yg dihasilkan dengan ban tipe lebar.. nantikan di share gw yg laen ya.. 

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8870863
|
This entry was posted on Kamis, September 29, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

36 comments:

On 30 September 2011 10.54 , adidog mengatakan...

boleh juga infonya Gan, bisa jadi referensi ganti gear juga nih ...

 
On 21 Oktober 2011 00.15 , Anonim mengatakan...

misal 13 >>>> 42 kira kira gimana ya hasilnya ??

 
On 21 Oktober 2011 09.16 , All Via Nurse mengatakan...

wah kalau 13 >>> 42 ga rekomended tp kalau daerah bos penuh dengan tanjakan + bawa barang2 yang cukup banayak sih sah2 aja.

 
On 13 Januari 2012 21.40 , obie mengatakan...

gear 14-44 lmyn jga bwt vixiQ yg pakek velg lbar n banx pakek standartx byson....

 
On 14 Januari 2012 19.11 , All Via Nurse mengatakan...

Bro Obie seberapa lumayan..??

 
On 6 Juli 2012 15.08 , Anonim mengatakan...

Jadi intinya yg recomended yg mn gan? Makasih....

 
On 8 Juli 2012 20.16 , All Via Nurse mengatakan...

Untuk standar harian tuk pake ke kantor or kesekolah & barang bawaan ga banyak sih cukup ganti gear blakang V-Xion aja "mata 42" indopart harganya Rp.40an ribu..

 
On 31 Juli 2012 16.34 , restu muldiansyah mengatakan...

Broo bantuin dong ana anak kuliahan jarang bawa boncengan sekali bawa boncengan paling pacar ana g berat c itu juga kebetulan cewe ana kurus hehehe
tapi daerah ana banyak tanjakan yang lumayan terjal. masukan dong broo ana harus pake gear belakang apa gear depan apa biar g ngeden broo
reff yah thanx sebelumnya

 
On 1 Agustus 2012 08.51 , All Via Nurse mengatakan...

Seberaba terjal bro??
daerah pegunungan or berbukit2 cucok pakai gir besar.. coba yg nomer 2 or kombinasi depan 13 blakang 44.

 
On 1 Agustus 2012 20.08 , restu muldiansyah mengatakan...

yah daerah ana lumayan terjal bro, trus skarang ana lg kuliah d bandung. Tau g track cianjur - padalarang? Nah it kan tanjakan malulu bro. Tapi dpan 13 blakang 44 ngajol2 g? Gmana dgn nafas?

 
On 1 Agustus 2012 22.11 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Bro restu skrang pakai gir ukuran standar ya??
emang untuk daerah penuh tanjakan n bawa mahluk halus yg cukup berat enaknya pakai 13-42.. tapi ga rekoment untuk jalur pantura yg super panjang n datar coz nafas cepat habisnya??
gir 13 skitar Rp.20-25 sedangkan gir pikson aspira ukran 42 skitar Rp.45-50. selamat mencoba.
salam seruduk B3796TEE...

 
On 2 Agustus 2012 20.31 , restu muldiansyah mengatakan...

oke thanx bro,
Tapi pengen'a d tanjakan mantap. Nafas pun maknyos. Gmana tu bro? Pake apa?

 
On 3 Agustus 2012 21.03 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Waduh lurus ok & tanjakan oke !!!
salah satu gir nya aja diganti (boleh depan or blakang) + ganti knalpot sama yg AHRS punya.. semoga dpt membantu..

 
On 4 Agustus 2012 08.19 , restu muldiansyah mengatakan...

ok bro kalo gt ana mu pake gear dpan ori gear blakang scorpio gmana?

Hahaha. Knalpot racing daerah ana tanpa kompromi, tilang or gergaji brad. Thanx and serudug bro.

 
On 18 Desember 2012 22.58 , ian cell's blog mengatakan...

kalau untuk top speed yang 15/42 kira2 gimana tuh masbro?
Terus Untuk bantu akselerasi ganti PJ & MJ nya 1 step bisa ga????

 
On 21 Desember 2012 11.27 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

@ Bro Restu... lihat nomer 2
@ Ian... lihat nomer 4
Intinya dari permainan GIR, Semakin cepat Akselerasi awal Semakin Turun Top Speed, dan sebaliknya. jadi klw kasus 15-42 memang ngos2an diawal akselerasi tapi Top Speed lebih tinggi dgn catatan butuh trek yg lebih panjang..

 
On 22 Januari 2013 12.31 , Anonim mengatakan...

Itu agan uda oprek mesin ap msh standart hnya gnti gear aja?
Saya gnti ban gede belakang aja ukrn 160/60 gan tp jarang buat boncengan lbh cocok yg mana?
Thanks :)

 
On 24 Januari 2013 04.58 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Standar Tinting.. bro...

 
On 26 Februari 2013 11.25 , bejo thukul mengatakan...

Cocok ne bro....
bisa juga wat masukan gw yang pake vixie napas pendek.....
lagi nyari info soal slot sproket antara vixie ma kebo pas apa gak...
matur tengkyu....

 
On 10 Maret 2013 09.14 , agus subandi mengatakan...

Bro...kebo ane msh standart,tpi ane punya rencana ganti ban blkang 160/60 biar lbh maco gtu.
Tpi ane takut tenaga dan nafasnya sikebo ngos2an,tlg ksh pencerahan bro.........

 
On 11 Maret 2013 02.55 , manusia iseng mengatakan...

bro. pake gear 15/44 butuh rantai brp mata?

untuk pengganti rantai ori yg cukup mahal, mendingan pake merk indopart atau npr?

ane sih doyan rasio kecil. ga papa ngeden tp nafas panjang, drpd nafas abis. terlalu cpt ganti gigi jdnya.

 
On 12 Maret 2013 08.54 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Bro Agus.. tuk ukuran yg UB pake 140/70-17 tenaga tambah berat apalagi pake 160/60-17 pasti tambah berat lg.. solosi 1. Gear blakang naikin pake punya vixion ukuran 42. 2. MJ & PJ karbu naikin 1 tingkat, 3. CDI ganti pake yg racing. 3. Aplikasikan ke 33nya biar ok..

Bro Iseng... mata rantai byson tuh yg paling panjang diantara motor yg pernah keluar di indonesia. UB belum tahu kalau Indopart or NPR sdh ngeluarin versi KEBO.. saran ane mending pake yg ori aja... awet asal perawatannya teratur... KEBO UB dari beli 2010 smp skarang msh oke.. klw UB suruh milih yg merek Indopart aja, lebih mudah nyarinya.. semoga membantu..

 
On 31 Maret 2013 11.35 , Anonim mengatakan...

jadi bgusan mna 15/44 tw 14/42 bro??

 
On 3 April 2013 17.32 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

masih bagusan 14/42 (tdk mrubah apapun) 15/44 + Gambot 160/70-17 takut rantainya gak smp..

 
On 30 Juni 2013 12.03 , Fauzy Zacky mengatakan...

16-40 sma 13-38 bagus gak bro? Kyk yg di youtube... Perlu ganti rantai kah?

 
On 13 Juli 2013 22.20 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

untuk akselerasi awal apa top speed bro.. selama ban masih ukuran standart tidak perlu ganti rantai.

 
On 20 Juli 2015 13.07 , Dianisius Agung mengatakan...

Kalo cuma ganti gear belakangnya jd 41 gmn gan? Utk melibas medan tanjakan dan rata +box+ban belakang 150-60..

 
On 4 November 2015 17.20 , jimas arieyono mengatakan...

Up

 
On 4 November 2015 17.21 , jimas arieyono mengatakan...

Up

 
On 4 April 2016 15.24 , Afid Maulana mengatakan...

Bro, gear ane msh standar, 14/40. Ban ane Michelin pilot street, depan 110/70, belakang 130/70. Klo pake gear 14/42 recomended gak? Belum ane coba seh.

 
On 10 Mei 2016 12.46 , Asoko Arun mengatakan...

Sekedar info aja... di vixi advance gear belakang nya udah 43 sama spt satria...

 
On 10 Mei 2016 13.00 , Asoko Arun mengatakan...

Sekedar info aja... di vixi advance gear belakang nya udah 43 sama spt satria...

 
On 11 Agustus 2016 02.15 , edy jayusman mengatakan...

Bro ban ane 160/60 17 swallow tp gear masih bawaan 14-40 kl pengen tarikan enteng dikasih gear brp ?trus apa rantai juga gati??

 
On 11 Agustus 2016 02.18 , edy jayusman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 
On 20 November 2016 13.31 , Dede Ser mengatakan...

Bro info nya berguna buat kebo ane...!!!!! Tp gan ane mo tanya kali si kebo ane pakein gear belakang nya Vixion yg terbaru ukuran 43 pake Rante standar nya Byson bisa ga ya gan.trs seberapa mantap kah tarikan nya....? Mohon info nya gan salam bionic seruduk

 
On 20 November 2016 13.32 , Dede Ser mengatakan...

Bro info nya berguna buat kebo ane...!!!!! Tp gan ane mo tanya kali si kebo ane pakein gear belakang nya Vixion yg terbaru ukuran 43 pake Rante standar nya Byson bisa ga ya gan.trs seberapa mantap kah tarikan nya....? Mohon info nya gan salam bionic seruduk