Cara Pasang Relay untuk Klakson Keong, Kapal .........
Kamis, September 22, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur

Banyak diantara kita yang kurang puas dengan suara klakson bawaan motor yang kurang keras/lantang, atau juga lampu standar yang kurang terang atau berdaya kecil. Di toko partshop atau asesoris otomotif, banyak dijual klakson aftermarket yang suaranya bagus seperti Fiam, Hella, bosch, PIAA, Wolo, Hadley, fer, dsb. Klakson tersebut membutuhkan daya yang cukup besar, sayangnya kabel yang terpasang pada klakson standar bawaan motor tidak dapat mengakomodasi kebutuhan daya tersebut. Malah bisa jadi saklar klakson tersebut akan cepat rusak karena setiap kali ditekan, akan mengeluarkan percik api pada metal contact didalamnya yang lama kelamaan akan aus, bahkan plastik case nya akan meleleh. Begitu juga dengan pemasangan lampu yang berdaya lebih besar, akan berkasus sama dengan kasus di atas. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kita membutuhkan bantuan komponen tambahan yaitu relay. Relay adalah suatu komponen yang digunakan sebagai saklar penghubung/pemutus untuk arus beban yang cukup besar, dikontrol oleh sinyal listrik dengan arus yang kecil. Dengan menggunakan relay, kabel yang menuju saklar tidak perlu kabel yang tebal, sebab arus yang terhubung ke saklar sangatlah kecil.


Banyak relay yang beredar di partshop, ada berbagai merek seperti Hella, Bosch, Omron, dsb, … dan banyak pula yang dipalsu.
Saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan relay bermerek BOSCH yang asli, begitu juga dengan socket relaynya.
Berikut komponen yang diperlukan untuk project ini..
- Socket Relay merek Bosch + terminal konektornya
- Relay Bosch 4 kaki tipe “0 332 019 453
- Fuse Box (kotak sikring) + terminal konektornya
- Fuse / Sikring yang disesuaikan dengan beban arusnya .. misalnya 10 Ampere.
- Kabel tebal serabut diameter 5mm
- Terminal Ring 10mm.



Cara Pasang..
Ada 2 macam sistem pelistrikan untuk Klakson atau Lampu, yaitu yang dikontrol oleh tegangan positif dan tegangan negatif.
Biasanya sistem yang dikontrol oleh tegangan Negatif menggunakan 2 kabel. Dimana satu kabel untuk ke positif dan satu lagi ke saklar pengontrol.
Sistem yang dikontrol oleh tegangan Positif, biasanya menggunakan 1 kabel saja dari saklar pengontrol. Kabel satunya lagi mengambil negatif dari ground atau body.

NEGATIVE SYSTEM:


Gambar di atas memperlihatkan rangkaian klakson dengan sistem Negative.
Untuk pemasangannya lihat gambar di bawah:



Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu).
Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang).
Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A)
Kaki Relay nomor 86 menuju salah satu Kabel klakson (B)
Pemasangan kabel dari kaki 85 dan 86 boleh terbolak balik polaritasnya.
Dikarenakan adanya perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay yang ada, harap perhatikan NOMOR kakinya, sebelum memasang!
——————————-

POSITIVE SYSTEM:
Gambar di bawah memperlihatkan kabel standar yang menuju klakson dipotong.
Untuk bagian yang atas kita beri kode A, dan bagian yang menuju klakson kita beri kode B.



Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu).
Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang).
Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A)
Kaki Relay nomor 86 dihubungkan ke body mobil/motor (negatif/ground).
Dikarenakan adanya perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay yang ada, harap perhatikan NOMOR kakinya, sebelum memasang!
Nah.. semoga penjelasan di atas bisa mudah dimengerti, dan rekan-rekan bisa pasang sendiri klakson barunya.
Rangkaian di atas sama penerapannya untuk pemasangan lampu tambahan atau merubah lampu ke daya yang lebih besar.
Manfaat yang didapat dengan menggunakan rangkaian relay ini adalah:
- klakson akan bersuara lebih keras/lantang atau lampu akan menyala lebih terang.
- saklar klakson / lampu akan lebih awet.

Semoga membantu.

Sumber : http://www.saft7.com/cara-pasang-relay-untuk-klakson-lampu-tambahan-revised/
|
This entry was posted on Kamis, September 22, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

8 comments:

On 30 September 2011 07.00 , Aira mengatakan...

bagaimana skema pmsangan untuk klakson kapal,
motor gw mio gan?
pas lgsung di test di accu suaranya lantang bgt.
v pas xambungin ke klaksonx suarax loyo.
mohon pnjelasannya.

terima kasih

 
On 28 Desember 2011 22.34 , Anonim mengatakan...

kalo d bengkel biasa, mekaniknya malah bilang "lebih bagus tanpa relay, supaya ga nyedot daya lebih besar, biar aki nya ga cepet habis."
bagaimana pendapat juragan..

 
On 29 Desember 2011 23.08 , Anonim mengatakan...

kalo menurut ilmu kelistrikan sih emang arusnya dobel bro... untuk koil yang narik kontak relay + untuk kumparan klakson itu sendiri, tapi mengingat besarnya arus yang dibutuhkan klakson maka akan ada resiko percikan api di tombol klakson jika langsung disambung tanpa relay, percikan api ini bisa membuat terminal pada tombol klason meleleh. Kalo kita menggunakan relay, percikan api adanya dalam relay, yang tentu saja materialnya sudah diperhitungkan untuk meredam percikan api di tiap kontak. (Di tombol klakson aman karena arusnya sangat kecil sehingga tidak menimbulkan percikan api. Arus tambahan untuk koil relay itu sangat kecil bro.. jadi tidak berpengaruh banyak...

 
On 26 Januari 2012 22.25 , Anonim mengatakan...

wooww... mantab infonya gan,,, terimakasih banyak, sangat membantu...

 
On 29 Mei 2013 16.45 , Madex Azah mengatakan...

tp gan gw dah cba ke accu mlh cpt habis klo bgtu,,,, trus relay yg bawaan nya di sambung kmna gan

 
On 5 Desember 2013 14.04 , galih_adj mengatakan...

gan,,, saya mau tanya.. saya punya mtor vario techno injeksi.. beneran ngga klo vario tipe ini ngga bs klaksonnya ngga bs dganti pke klakson keong??

 
On 6 Desember 2013 00.00 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

Bro galih...
Selama masih menggunakan aki, motor jenis apapun pasti bisa dipasang klakson kapal/keong.. tapi perlu di ingat sistem injeksi sangat butuh aliran listrik dari aki yg stabil untuk mengaktifkan pompa bensin.. jika anda ingin tetap memasangya pastikan aki vario anda selalu pada kondisi prima..

 
On 18 April 2014 11.39 , Anonim mengatakan...

aqu kan da coba pasang pk klakson kapal.suaranya kadang keras kadang kecil...np tu brooooooooo???????????