Pake Busi Iridium,… memaaang bedaaa …!!!
Rabu, Agustus 03, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur


Well,…. setelah mengganti busi standard dengan busi Iridium… makiiin manteeep aza… !!! Tarikannya makin smooth aza… akselerasi lebih cepeeet naiknya… !!! So,… mari kita bahas sedikit tentang busi iridium …!!! Busi Iridium itu dibuat dengan dengan bantuan laser… coz bahan iridium itu sangat keras… !!! Daya tahan terhadap panas memang paling tinggi dibandingkan bahan lain… !!! Titik leleh iridium sekitar 2454 derajat celcius,… bandingkan dengan platinum1769 derajat Celcius, … Nickel 1453 derajat celcius, emas 1063 derajat celcius. So,… busi iridium bisa tahan sampai 45 rebu km… baru mengalami penggantian …!!!

Apalagi jika partz bikez kita telah mengalami penggantian seperti penggunaan CDI racing, koil racing, air filter racing… maka busi iridium seolah menjadi menu wajib… buat yang hobby modifikasi performance …!!! Dari berbagai penelitian,.. terlihat power akan 


meningkat sekitar 0.5HP jika menggunakan busi iridium …!!! Memang terlihat banget akselerasi begitu smooth… ketika gw  dibejek pada RPM tinggi… dimana jika menggunakan busi standard seolah ada sedikit jeda… sedangkan pada busi iridium… tidak mengalami hal itu …!!!

Mengingat pembakaran semakin sempurna dengan menggunakan busi iridium,… maka konsumsi bahan bakar pun relatif lebih irit… coz nggak ada yang terbuang akibat pembakaran ndak sempurna …!!! Dalam posisi idle,.. juga performance busi iridium juga lebih smooth… coz busi iridium hanya butuh voltage lebih rendah dibandingkan busi biasa… !!! Lha teruz,… dengan segala kelebihannya kira-kira berapa busi iridium ini dibanderol …???

Yaaagh,… setahu gw… busi ini dibanderol sekitar Rp. 90 rebuan… Mungkin relatif lebih mahal… !!! But anyway,… yaagh ada harga ada rupaaa… yaagh mungkin wajar aza dibanderol segitu… iya ndaaak…. ??? :D


Appendix :
- Perbedaan busi standard vs busi iridium


- Type Busi Iridium Denso
Merk Motor  Denso Standard
Iridium Power
Bajaj Pulsar DTSi 150/180/200 U27ESR-N IU27
Honda CS1 U24ESR-N IU24
HondaCBR 150 U24ESR-N IU24
Honda NSR 150 W24ES-U IW24
Honda Tiger X24EP-U9 IX24B
Honda Megapro X24EP-U9 IX24B
Honda Supra X125 / PGMFi U20EPR-9 IU20
Honda Beat U24EPR9 IU24
Honda Vario U22FER-9 IUH24
Kawasaki Ninja 150RR W27ES-U IW27
Kawasaki Ninja 250R U24ESR-N IU24
Kawasaki ZX 130 / Athlete U20FS-U IUF22
Suzuki FU-150 U24ESR-N IU24
Suzuki Skywave U20FSR-U IUF22
Suzuki Shogun / Arashi U20FS-U IUF22
Suzuki Thunder 250 X24ES-U IX24
TVS Apache U22ESR-N IU22
Yamaha Vixion U24ESR-N IU24
Yamaha Vega / Jup Z U22FS-U IUF22
Yamaha Jup MX U24EPR9 IU24
Yamaha Mio U22FSR-U IUF22
Yamaha Scorpio X24ES-U IX24


|
This entry was posted on Rabu, Agustus 03, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

7 comments:

On 9 September 2011 22.28 , Anonim mengatakan...

mas alvian,blognya mak nyus banget deh.. buat si kebo busi iridiumnya kalo DENSO kodenya apa NGK juga??

 
On 14 September 2011 10.35 , All Via Nurse mengatakan...

Ga usah pusing sama kode, cari aja NGK Iridium untuk motor Honda Karisma, sama persis dengan punya BYSON....

 
On 23 Desember 2011 22.02 , congek33 mengatakan...

yang kayak gmn tuh? kodenya yang gmn?

 
On 27 Desember 2011 09.50 , All Via Nurse mengatakan...

Motor (karisma, Kirana, supra X125)tuh sama businya.. tp klw mau kodenya ya monggo di intip..
DENSO IRIDIUM U20EPR9
NGK IRIDIUM CPR6EA9
link : http://img243.imageshack.us/img243/5872/kodebusi2.jpg

 
On 11 Juni 2012 13.06 , Anonim mengatakan...

Gan Busi NGK CPR6EA9 yg buat Kharisma bsa Ga ya ke Vixion?
Dipkai ke vixi,ga ada perubahan apa2,sma sperti pkai busi yg standar jga..

 
On 15 November 2012 13.48 , Anonim mengatakan...

gan bagusan NGK IRIDIUM apa DENSO IRIDIUM

 
On 16 November 2012 14.53 , Sabudhi Alviannur mengatakan...

bagusan NGK IRIDIUM apa DENSO IRIDIUM.. menurut UB sama aja.. wong sama2 pabrikan terkenal.. tp ada yg bilang NGK lbih bagus, klw UB sendiri pake Denso.. jadi semua sesuai selera aja..