Loh koq pelk BYSON or motor lain panas yah..??
Selasa, Mei 10, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur
Tanpa sengaja mendapatkan info keluhan tentang Yamaha BYSON kesayangannya suka panas pelk belakang ataupun depan setelah dipakai perjalanan jarak jauh. Yang depan sih menurut doi lumayan masih bisa ditoleransi. Tapi pelk belakang yang bikin penasaran dan bingung, koq lebih dari sekedar hangat…..terus dari mana sumber panas serta bikin pelk rusak nggak yak??. Fenomena diatas pasti juga menimpa anda sekalian. Ada beberapa yang cuek tapi banyak juga yang kepikiran..jangan-jangan ada yang tidak beres dengan tunggangan kesayangan. Dalam artikel ini saya ingin tegaskan bahwa apa yang menimpa rekan diatas adalah normal adanya. Tidak usah kuatir atau berburuk sangka. Yuk kita analisa sama-sama berdasarkan berbagai sumber serta pengalaman….

Pelk Depan BYSON

Pelk panas karena ada gesekan yang terjadi diarea tersebut. Kenapa pelk belakang suhu lebih gila dari pada depan??..untuk kasus motor BYSON hal ini lazim dan cukup dimaklumi mengingat kuda besi masih bersistem teromol. Lho terus apa hubungannya??….nih dia alasannya. Sistem pengereman teromol kampas menggesek langsung bidang tengah pelk. Terjadi kontak  secara terus menerus yang mengakibatkan suhu menjadi panas. Ketika rem diinjak..kampas mekar menekan dinding dalam teromol sehingga suhu  poros tengah akan meningkat. Titik “heat” bakal disalurkan hingga kepalang luar. Makanya jangan heran kalau kita raba pelk tunggangan naik diluar normal.  Kondisi ini bukannya tidak disadari oleh pabrikan. Karena itu kalau anda intip desain pelk racing mayoritas diberi coakan atau lubang-lubang pada dinding poros tengah guna membantu melepas panas. Cooling system ini ternyata juga bisa melindungi pelk dari umur pendek karena pemuaian serta mengurangi bobot dari pelk itu sendiri. Kita nggak pernah ngehkan??..cara simpel dan cerdas. Lha terus kenapa pelk depan tidak suhu tidak seeksktrim belakang??..

Pelk Belakang BYSON

Sudah pasti. Sebab pelk depan mengadopsi sistem pengereman menggunakan disk brake. Maksudnya??…yup, dengan sistem ini otomatis kampas hanya menekan piringan. Tidak terjadi kontak secara langsung dengan pelk…beda sistem teromol seperti yang saya telah jelaskan diatas. Otomatis “heat” mendera piringan cakram BYSON, sedang pelk ibarat hanya menerima cipratannya saja. Ora percoyo??…monggo pegang aja disk plate setelah bepergian jauh, kalau nggak jari-jari jumpalitan kepanasan. Itu hanya salah satu contoh. Kesimpulan akhir apa yang terjadi pada BYSON kemungkinan berbeda dengan motor bersistem double disk brake seperti Ninja. Pasti pelk belakang Ninja lebih dingin dibanding BYSON. Dan patut diingat semakin besar pelk maka suhu cenderung lebih adem dibanding pelk kecil. Dengan kata lain suhu pelk belakang Vixion bisa jadi lebih panas dibanding Byson ketika menerima gesekan sebab semakin luas penampang suatu bidang maka proses pelepasan panas makin bagus. Pelk panas setelah bepergian jauh..??

SUMBER
|
This entry was posted on Selasa, Mei 10, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.