Test akurasi Speedometer Yamaha Byson vs GPS
Senin, Maret 28, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur
Rasa ingin tahu akan keakuratan speedometer Byson terhadap alat yang biasa dikenal dengan GPS alias Global Positioning System Sukses dijalani……

Byson adalah kuda besi pertama speedo full digital yang dikeluarkan oleh YMKI. Karena masih baru, motor ini membikin rasa penasaran atas akurasi speedo yang disematkan padanya. Artikel sebelumnya pasti brother sudah pernah baca…yaitu test akurasi speedometer Yamaha Byson disandingkan dengan Pulsar200, Satria FU serta Vario. Dan disitu menghasilkan tingkat differensiasi bervariasi. Oke…kita tidak akan bahas itu lagi. Melainkan langsung ketopik utama yaitu menggunakan GPS yang didengungkan-dengungkan sebagai alat ukur terpercaya akurasinya. Kali ini dengan dibantu Garmin diintegrasikan lewat HP Nokia 5230, maka test dimulai…..

Dari posisi berhenti sign kecepatan GPS Garmin menunjuk speed 0.0 km/jam (sayang saya hanya sendiri jadi tidak bisa ambil gambar waktu melaju). Ketika motor mulai dijalankan pelan tapi pasti  speed GPS juga bergerak naik. Kebetulan jalan yang saya lewati masih ditutupi pohon-pohon cukup besar sehingga ketika kecepatan Byson mencapai angka 25km/jam, Garmin GPS angka speed kurang stabil, fluktuatif antara 22-24km/jam. Karena kurang puas maka saya putuskan cari route lebih terbuka hingga test diteruskan disekitar Gunung Putri Bogor dimana jalanan sangat lebar dan lancar….Nah disinilah saya dibikin tercengang. Ketika speedometer digital Byson dipanteng pada kecepatan 25km/jam, alat GPS dengan meyakinkan menunjukkan angka 23,4km/jam. Wowww……hampir akurat!!!


Differensiasinya bisa dibilang sangat tipis. Angka 23,4….kadang bergerak turun hanya 23 dan kemudian naik lagi 23,3 dan terus seperti itu. Dari sini bisa diambil kesimpulan Speedometer digital Byson hampir mendekati real. Dan saya pikir perbedaan yang hanya 2km/jam sudah lumayan akurat.  Mengingat dulu juga pernah test Megy lawas differensiasi hampir mendekati 10km/jam. Jadi mybro…..saya cuma berpesan kepada para penunggang Byson supaya hati-hati ketika melaju kencang. Karena sudah lazimnya biker tidak puas dengan angka speedo yang tertera ditunggangan. Ketika hanya 90km/jam maka biasanya kita akan berusaha untuk terus membetot gas lebih dalam. Alhasil ketika terjadi kecelakaan impact akibat cedera akan  lebih besar. So, better always keep safety riding.…..slowly but sure….alon-alon sing penting kelakon

SUMBER
http://iwanbanaran.wordpress.com/2010/12/03/test-akurasi-speedometer-yamaha-byson-vs-gps/

|
This entry was posted on Senin, Maret 28, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.