Sama-sama speedometer digital koq Speednya beda..??
Senin, Maret 28, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur
Tema tentang alat kecepatan ini tidak ada habisnya jika dibahas. Hanya saja sebagai biker rasa penasaran tentang akurasi speedometer tunggangan kadang memaksa kita mengeksplorasinya lebih jauh. Begitu juga dengan Byson….motor anyar keluaran Yamaha ini merupakan speedo digital pertama pabrikan berlambang garputala yang harus diintip akurasinya…..





Sekali lagi ini hanya iseng belaka brother. Namun setidaknya hal bisa dijadikan bahan acuan berapa besar diferensiasi antara sikebo dibanding produk lain. Dan benar adanya…..saya dibuat garuk-garuk kepala ketika coba dijejerkan dengan Suzuki Satria FU keluaran tahun 2008. Saat kecepatan Byson dipanteng pada  kisaran 41km/jam…bebek underbone FU menunjukkan kecepatan sekitar 45km/jam. Lho….koq bisa beda?? padahal sama-sama digital. Bisa jadi kalau mengingat kedua produk beda pabrikan. 



Walau speedometer motor teman tersebut belum bisa dijamin akurasinya tapi menurut doi motor kabel speed sensor belum pernah diganti sejak baru jadi dijamin masih kinyis-kinyis standart pabrikan. Ternyata perbedaan ini makin besar ketika dijejerin dengan Honda Vario. Waktu sigambot melaju pada kecepatan 41km/jam motor matik keluaran Honda tersebut speedometer menunjukkan 48km/jam. Tentunya angka yang tertera “lebih kurang”…dikarenakan susahnya mengontrol motor pada kecepatan konstan khususnya versi digital yang dengan mudah  berganti antara 40-41km/jam. Apakah ini berarti Speedometer Yamaha Byson mendekati real??…nggak juga. Hanya saja upgrading speed mungkin tidak terlalu siknifikan seperti motor produksi masal lainnya. Sayang percobaan hanya bisa terhadap ke-3 motor tersebut dikarenakan Ninja-L dan Pulsar200 sedang tidak ada dilokasi. Kedepan sepertinya bakal menjadi percobaan berikutnya 

SUMBER
http://iwanbanaran.wordpress.com/2010/10/30/lho-sam-sama-speedometer-digital-koq-beda/
|
This entry was posted on Senin, Maret 28, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.