BAN TUBELESS .. ??
Kamis, Maret 03, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur
Banyak orang akan bertanya-tanya bagus mana sih ban tubeless (Tubeless Tyre) apa ban yang biasa (Tube Tyre), trus kenapa semakin banyak orang pada pake ban tubeless, bukankah harganya lebih mahal, terus kalo bocor susah nyari tukang tambalnya...

Jawaban sederhana dari keuntungan ban tubeless adalah karena jika tertusuk paku tidak langsung bocor atau habis anginnya. Jadi kita masih punya banyak waktu untuk menambal ban tersebut walaupun tukang tambalnya jarang.

Nah kalau ini jawaban ilmiahnya.. cek it dut

Karet bundar tipe ban tubeless memiliki bagian yang tidak di miliki ban tipe tube “lapisan ini di sebut sebagai inner linner. Fungsinya seperti ban dalam” ujar Joko Suseno, Quality Control Outdoor Test PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen FDR.


Nah, lapisan ini mempunyai sifat kedap udara. Sehingga udara yang ada di dalam ban tidak mudah menembus pori-pori karet. Apalagi, jika ban tertusuk paku dan paku itu tidak di cabut. Meski tidak sepenuhnya melindungi tapi inner linner ini bertugas buat menjaga udara agar tidak dengan mudah keluar.

“Terlebih jika inner linner ini punya mutu yang bagus,maka udara yang keluar semakin minim” tambah Joko yang juga sibuk urusi keperluan FDR di road race. Mantap!

Bukan hanya inner linner aja yang bertugas menjaga kehebatan ban tubeless masih ada lagi! misalnya seperti karet bundar merk FDR. Ban yang sempat pegang ban balap resmi road race ini mengadopsi breaker atau semacam lapisan khusus di tipe tubeless.

Lapisan ini berfungsi untuk menjaga agar benda tajam tidak mudah menembus ke sisi dalam ban. Misalnya, paku. Nah letak lapisan ini ada di bagian permukaan dasar ban. Malah, banyaknya breker bisa lebih dari satu lho.Tergantung dari pabrikan ban itu sendiri.


Dengan adanya breaker di ban tubeless ini, pelek juga tidak gampang rusak :“Sebab breaker ini bisa sedikit meredam hantaman dari benda asing, Sehingga, pelek tidak mudah penyok atau pecah” aku pria ramah ini.

Kelebihan lain yang di bawa ban tubeless pasti soal waktu, iya waktu buat tambal ban. Selain pelek tidak mudah lecet akibat musti buka ban dalam seperti ban tube. Menambal cukup dalam hitungan 5 menit. Yap, seperti yang di lakukan tukang tambal ban. Cukup tambal dengan alat khusus melalui permukaan luar ban.

SUMBER
|
This entry was posted on Kamis, Maret 03, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 comments:

On 11 Agustus 2011 10.41 , Anonim mengatakan...

terima kasih artikelnya ! trus ciri ban tube akan diganti atau kapan harus ganti ? sejauh mana keausannya ? apa sama dengan ban biasa ? makasih !