Apakah Byson selemot itu..???
Minggu, Maret 13, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur
ihatin dan hanya bisa nyengir ketika melihat berbagai komentar  dan polemik tentang sikebo. Sampai ada yang bilang bakal dikepretin sama Suprax…lawong top speed cuma 100 lebih dikit?!….apakah Byson selemot itu..??

Saya sebagai penunggang motor anyar Yamaha ini tentunya ngerti karakter Byson. Ibarat personality tahu betul wataknya…..5 bulan tepatnya dari Oktober 2010 berpasangan sudah cukup untuk membedah dalemannya…hiahalah.  Motor ini memang agak nyleneh jika dibanding segala kuda besi yang pernah saya coba. Dari Tiger, Scorpio, RXZ, RX-King, Ninja 2Tak, GLpro/100, CB, Vixion dan motor Laki 4 tak lainnya Emang apa bedanya?? yang pasti adalah cara memperlakukan dalam tanda kutip buat geber-geberan. Kalau hanya mengandalkan gas langsung puntir dalam…jangan harap respon menggembirakan. Lha gimana…nggak ada ceritanya engine bisa langsung teriak dan rpm nendang hingga 9000rpm. Karakter ngayun akan lebih mendominasi. Tenaga tersembur sempurna hanya dari 0 – 7500rpm. Selebihnya bakal lama naiknya. Tapi jangan salah. Kalau brother bisa main selip kopling menggunakan feeling…larinya tidak kalah sama motor sekelas. Lho tapikan mentok cuma 100km/jam lebih dikit??. Sekali lagi jangan berpatokan dengan speedometer. Pengalaman pribadi membuktikan. Byson hanya butuh kecepatan 115km/jam pada panel speedo untuk  bersanding dengan Vixion. Buktikan saja sendiri kalau tidak percaya. Kalau accelerasi..?? jangan menuntut terlalu banyak mzbro. Ban dan pelk gede tapi kubikasi seiprit. Ukuran 120/70-17″…….hayo coba cari secara standart apakah ada pabrikan yang berani menyematkan karet bundar dengan ukuran segitu buat motor 150cc. Tercatat hanya Pulsar 180UG4, Pulsar200 serta Ninja 250r saja ditanah air. Itupun kubikasi mesin diatasnya. Apakah sebegitu signifikan pengaruhnya..?? coba aja motor anda sendiri dikasih ban dan pelek si kebo yang segede gaban... pasti deh akselerasinya menurun.... coz teman saya sudah mencoba pada VIXIONnya dipasang pelek dan ban gede.. langsung komplain dia n solusinya dia ganti gir belakan dengan yang lebih besar yaa tentunya top speed berkurang.


Terus gimana tentang informasi bahwa power Byson hanya 10hp??….dimedia online terkenal dibahas dan ada buktinya. Yah…itu sih sah-sah saja. Namun brother harus tahu bahwa pengukuran power dengan menggunakan alat dyno bisa dilakukan dengan berbagai cara. Lewat crankcase atau roda..?? kalau dari roda bisa jadi….lawong ban sama pelknya guede segaban.  Plus data yang tertera tidak disebutkan penggunaan dyno apakah dengan tipe dan merk yang sama.  Kalau memang  benar….herannya kesan power pick up yang saya dapat dari sikebo bukan seperti motor bertenaga 10dk. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi dimana Byson mampu  jabanin motor kubikasi diatasnya yang bertenaga 16,4dk (motor keluaran 2008  akhir).  Tercatat dari jalan Juanda-Margonda Depok  geber-geberan hingga fly over UI. Jadi apakah benar Byson selemot yang dibilang hingga gampang ditekuk oleh bebek?? saya cuma bisa nyengir aja mzbro. Tidak usah dijawab mending dibuktikan saja. Toh buat apa naik  motor kencang-kencang?? Saran saya ketika kita beli tunggangan memang harus dilihat fungsinya. Mau cari speed apa cari kenyamanan?? kalau speed secara standart…jangan pilih Byson.  Langsung aja beli Ninin 250 or CeBeRin 250…dijamin sesuai keinginan. Yo ra bro. gitu aja koq repot…

SUMBER
|
This entry was posted on Minggu, Maret 13, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

6 comments:

On 28 Januari 2012 23.03 , david royadi mengatakan...

setuju mas bro

 
On 29 Januari 2012 13.08 , Sauerbraten mengatakan...

Saya demen Byson karena model/disainnya yg keren, modern dan gagah. Velgnya serta ban tubeless ukuran gede, dan yg gak nahan itu lho... shock depannya yg gede banget, nyaman utk meredam jalanan yg keriting. Power Byson saya rasa cukup lah utk dipakai dalam kota.

 
On 24 Juli 2012 15.41 , yuant defused mengatakan...

hahahahahahaha wkwwkwkwkwk ane se7 dgn artikel anda mas brow .... betul itu!!!!! kita nyari motor yg keren , nyaman kita pakai kata orang tentang gini gitu biarin aja yg penting kereeeen abeeeeeeessss

 
On 6 September 2012 15.22 , Ahmad Roin mengatakan...

dari awal liat di dealer, udah ngebet banget pengen segera menunggangi si kebo ini. tapi sayangnya udah kebeli mio duluan.. penantian selama 2 tahun dengan kesabaran dan segala isu miring tentang si kebo, tapi sudah terlanjur jatuh hati. akhirnya, akhir bulan juli 2012 lalu berhasil meminangnya.. mantap deh, buat yg koment miring tentang sikebo ini kayanya sentimen n nyesel udah terlanjur beli sapi sebelah..

 
On 15 April 2015 02.21 , teguh kurnacio mengatakan...

MANTAP... KEBO GAGAH... BUKTINYA GW DPT 4 CEWE GARA2 SI BYSON HAHAHA...

 
On 16 Oktober 2015 16.24 , Jonatan Geraldo Jojo mengatakan...

Motor bison akselerasinya sangat cepat apalagi bannya lebar dan bodynya gagah,cocok untuk touring heheeee 😁😎