MY BYSON PART 1
Rabu, Februari 23, 2011 | Author: Sabudhi Alviannur
My BYSON Brojol digarasiku pada 12-Oktober-2010 dengan merogoh tabungan Rp.20.500.000, Harga cashnya sih cuma 19,9 Jt berhubung ingin cepat ya harus pakai pelicin (oli kalie he3x) makanya saya dumping Rp.600 rb, waktu itu stock sangat terbatas makanya harga tidak bisa nego dan warna cuma dikasih 2 pilihan saja abu-abu dan putih. Setelah 2 minggu test ride baru turun plat nomer ya walaupun terlambat 3 hari tepatnya 29 Oktober 2010. setelah test ride selama 2 minggu saya merasakan bahwa motor bysonku tidak bertenaga pada putaran bawah maupun  pada nafas akhir, kenapa saya bilang seperti itu karena setelah 2 minggu test ride dan indikator menunjukan 400 km saya ajak motor bysonku touring jakarta-serang menempuh jarak +/- 130 km dengan waktu 2,5 jam. kalau dibandingkan langsung dengan motorku yang lain GL-PRO Tahun1995 korek harian (Karbu PE28, Seher dan kruk AS punya Tiger, Dll) dan SATRIA FU-150 tahun 2010 Standar abis ternyata YAMAHA BYSON milik aku hanya bisa menangis.hiks hiks hiks...

                               HONDA GL-PRO 1995

Motor kesayangan ku ini sudah 4 X menemani saya pulang kampung Jakarta-Purworejo, Subang, Bandung, tasik, pelabuhan ratu, sukabumi, anyer, cianjur dan banyak lagi deh kalau disebutin satu persatu.
Tapi sayang GL-PRO kesayanganku yang sudah menemaniku sejak tahun 2002 (hibah dari ayahku yg sudah menggunakan dari 1995) harus lengser digantikan Yamaha Byson pada November 2010


                                           Suzuki SATRIA FU150 2010

Nah kalau yang ini bebek tercepat di indonesia pada saat ini, 0-110 km/j mudah banget diraih dan bahkan pernah saya test ditrek panjang di PANTURA speed yang saya dapat 130 Km/j itu handle gas belum mentok, berhubung boncengin ISTRI ya jadi ga brani lebih dari itu...
BTW SATRI FU150 saya sudah cukup berpetualang ke serang 5x dan saya ajak pulang kampung 1X.
Nih foto SATRIA ku lagi istirahat...


                                          
                                         YAMAHA BYSON 2010

Nah yang ini baru motor yang sekarang saya pakai untuk beraktifitas sehari-hari. saya pertama naksir sama nih motor pada awal 2009 pada web yamaha india dengan nama FZ-Series, asli pertama saya melihatnya langsung naksir dikarenakan bodynya yang macho abis, baru Oktober 2010 baru bisa saya dapatkan....
nih BYSON standar pabri yang aku punya...







TOUR @ SERANG
Sudah 4X BYSON ku ke serang dan 2X ke pantai Anyer & pantai matahari







Setelah 3 Bulan pemakaian baru saya sedikit merubah segi penampilan dan performa.
Nih fotonya...



Nih rubahan pakai knalpot NOB1 3 BOLD,, murah meriah euuy.. dengan harga kisaran Rp.375
paling murah untuk knalpot byson


Knalpot NOB1  yang sudah terpasang


Knalpot NOB1 DB Power Tidak terpasang... suaranya ngabass bulat, berisik banget kalau lewat gang.
 

DB Killer Knalpot NOB1, Fungsinya meredam suara Knalpot yang berisik


Pasang DB Killer tidak susah, tinggal masukin DB Killer ke lubang knalpot lalu pasang besi pengaitnya...


Sedangkan yang satu ini busi sudah diganti dengan DENSO IRIDIUM + 9 POWER..


Kalu yang satu ini sudah di tambah VISOR kepunyaan Honda Tiger dan plat nomor pindah kebawah


Setelah melakukan upgrade 3 komponen performance yaitu Knalpot NOB1 3BOLD, Busi DENSO IRIDIUM dan 9POWER MY BYSON limiter-nya terkoreksi sedikit lebih tinggi, mencapai 10.000 rpm dan tarikan menjadi lebih ringan, standarnya 9.500 rpm sudah brebet dan tarik terasa berat .  Nah jika dilihat dari segi 3 komponen tadi kentara nafas mesin lebih panjang, Speed sedikit meningkat  0-100 Km/j juga didapat lebih cepat. Berhubung saya masih menggunakan Premium dan digunakan untuk kerja sehari-hari di Jakarta yang traficnya heavy MY BYSON mengkonsumsi bahan bakar sekitar 1 liter untuk 35 Km, saya merasa untuk saat ini cukup puas, mungkin lain cerita jika saya menggunakan pertamax atau shell yang oktannya lebih tinggi ketimbang premium.

Untuk kedepannya mungkin saya akan menambah part lainnya seperti mengganti gear belakang menjadi 42 lebih besar dari standarnya 40 or ganti gear depan menjadi 13 lebih kecil dari standarnya 14, Karburator PE 28 minimal keluaran thailand dan terakhir CDI RACING, untuk CDI RACING baru 2 merek yang tersedia dipasaran yaitu BRT dan CHEETAH POWER... sedangkan untuk mesin untuk saat ini tidak akan dikutak-katik dengan alasan kenyamanan...
Untuk Body Part saya sih tidak mau neko2 cukup beberapa sektor saja yang ingin saya rubah dan kebetulan pas browsing2 eh ktemu deh... nih gambar tamapak dari samping




Nah kalau ini dari samping kanan depan. Itupun kalau dana untuk urusan dapur sudah terpenuhi.




Ternyata punya yamaha Byson mengasikan, aslinya performanya kurang responsif tapi sekarang sudah banyak part pendongkrang performance, sedangkan body walau sudah macho tapi masih bisa kita tingkatkan lagi aura kejantanannya. untung saja saya ga beli saingannya... pasti nyesel deh wong susah dimodifnya BODY or Performanya, btw teman2 ku yang ada didaerah pada pusing tentang persoalan klasik motor yamaha yang baru di lounching yaitu INDENT yang terlalu lama.... plase dong yamaha..........

Untuk tahap berikutnya saya cuma bisa bilang wait & seeee......

|
This entry was posted on Rabu, Februari 23, 2011 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 comments:

On 9 Juni 2011 22.19 , CeZta mengatakan...

Salam Bysontium...
Bro sy tertarik dgan headlampx... bisa pesan gak? n dimana pesanx? thanx

 
On 27 Agustus 2011 00.29 , Firman mengatakan...

jadi ingat pengalaman waktu itu..niat awal pngen ngambil vixi,,eh disebelah ada kebooo.baru sampai kandang (kata CS ny)..satu2 nya lagi..daripada dikandangin orang lain saya bawa pulang aja...siapa cepet dia dapet..heee senangya ada blog ini.. terus update y mas bro... happy blogging...